Sehat di Bulan Ramadhan dengan Air Nabeez

Mengonsumi air dan serat pada saat bulan ramadhan adalah cara yang paling tepat untuk mempertahankan tubuh kita dari dehidrasi. Tahukah kamu bahwa air nabeez adalah cairan yang tepat untuk kita. Apalagi kita sedang membutuhkan energi saat berpuasa. Nah, anda pasti penasaran tentang apa dan bagaimana khasiat air nabeez. Yuk, kita simak bersama-sama tentang kebaikan yang terkandung dalam air nabeez.

1. Apakah Air Nabeez itu?
Anda pasti pernah mendengar istilah infused water atau air rendaman buah. Istilah air nabeez sendiri merupakan air rendaman kurma atau kismis. Biasanya air rendaman kurma atau buah kismis ini didiamkan semalaman. Lalu, air rendaman tersebut dapat kita minum pada keesokan paginya.
Air Nabezz
2. Bagaimana cara membuat Air Nabeez?

Membuat Air Nabeez dengan Kurma
Cara membuat Air Nabeez sangatlah mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah pilihlah kurma jenis Ajwa. Selain jenis ini juga tidak apa-apa tetapi direkomendasikan kurma jenis Ajwa karena khasiatnya yang bagus. Disarankan memakai jumlah kurma secara ganjil. Selanjutnya, rendam kurma dalam satu gelas air yang sudah dimatangkan. 
Proses perendaman didiamkan selama 8 sampai 12  jam. Kita bisa menutup gelas dengan penutup atau plastik biasa. Jika kita membuat air nabeez, disarankan pada waktu sore menjelang malam sehingga dapat diminum pada waktu keesokan paginya. Khusus di bulan ramadhan, kita bisa meminumnya menjelang sahur. Kita juga bisa memakan kurma yang sudah direndam karena tekstur kurma berubah menjadi lebih lembut setelah direndam. 

Cara membuat air nabeez dengan Kismis
Langkah pertama adalah memilih kismis dari jenis kismis Manaqqa. Selanjutnya ambil segenggam kismis dan rendam di dalam gelas yang berisi air matang. Sama halnya dengan air nabeez jenis kurma, kita membutuhkan waktu selama 8 -12 jam untuk mendiamkan rendaman kismis. Kita bisa membuatnya setelah maghrib dan meminumnya menjelang sahur.

Manfaat Air Nabeez
Berdasarkan hadis HR Muslim, Air Nabeez ini ternyata sudah diterapkan oleh Rasulullah SAW. Adapun beberapa manfaat Air Nabeez yang sudah dibuktikan sebagai berikut:
  1. Air Nabeez memiliki fungsi pengganti stamina tubuh saat berpuasa karena kandungan kurma dapat memulihkan tenaga.
  2. Kandungan fiber yang terdapat pada buah mampu membunuh kolestrol jahat penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh sehingga cocok sebagai obat sembelit atau susah BAB
  3. Memberikan kekuatan daya tahan tubuh saat beraktivitas karena kandungan buah memiliki zat besi yang bagus bagi tubuh.
  4. Pottasium yang terkandung dalam buah membuat jantung tetap sehat sehingga tekanan darah selalu stabil dan normal.

Teliti membedakan kurma asli dan kurma palsu
Buah kurma yang palsu biasanya tidak memiliki biji sehingga kita tidak boleh tergiur dengan promosi kurma tanpa biji. Rasa manis yang kuat dan sedikit pahit pada kurma perlu diwaspadai karena bisa saja pemanis yang dipakai adalah pemanis buatan. 

Kurma yang asli memiliki rasa manis yang tidak terlalu kuat. Buah Kurma yang asli cenderung berbiji dan berserat ketika dimakan, sedangkan kurma yang palsu tidak berserat. Oknum nakal biasanya menggunakan tomat kering yang diberi gula sebagai pengganti kurma. 

Larangan saat membuat Air Nabeez
Kita tidak boleh mencampur kurma dan kismis dalam satu gelas air rendaman. Jika hendak membuat Air Nabeez dari kurma dan kismis, seharusnya membuatnya dalam masing-masing gelas atau wadah secara sendiri-sendiri. Contohnya kurma di rendam dalam gelas biru sedangkan kismis direndam di dalam gelas bewarna coklat. Jangan sampai merendam Air Nabeez dengan tutup terbuka walaupun hanya terbuka celahnya. 

Air Nabeez hendaknya dibuat dalam keadaan rapat. Air Nabeez dapat disimpan dalam lemari es selama dua hari. Tidak diperbolehkan meminum Air Nabeez yang sudah didiamkan selama 3 hari atau lebih. Alasannya, Air Nabeez yang sudah didiamkan selama tiga hari atau lebih akan mengalami fermentasi alami sehingga menghasilkan alkohol. Minuman yang sudah mengandung alkohol diharamkan untuk diminum. 

Itulah sedikit informasi tentang Air Nabeez. Semoga kita selalu kuat lahir dan batin saat berpuasa ya! (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top