Objek Wisata Mengagumkan Ini Cuma Bisa Kamu Dapat Jika Berkunjung ke Flores

Flores merupakan salah satu pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Uniknya nama flores sendiri merupakan pemberian dari bangsa Portugis yakni Gubernur Jendral Hindia Belanda Hendrik Brouwer sekitar empat abad yang lalu dan memiliki arti bunga. Selain itu dalam satu pulau Flores sendiri memiliki bahasa yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. 

Contoh saja orang Manggarai dengan orang Ende sudah berbeda dalam mengucapan kata. Begitu pula di daerah lain seperti Riung, Ngada, Nage-Keo, Lio, Sikka, dan Larantuka.

Di balik beragamnya tradisi serta suku yang ada di Flores, daerah satu ini memiliki potensi alam yang sangat mengagumkan. Tentu bagi kamu yang pernah belajar pelajaran IPS pulau Komodo bukan lagi sesuatu yang asing di telinga. 

Namun, ternyata selain terkenal dengan tempat hidupnya reptil purba tersebut, keindahan-keindahan alam Flores berikut ini sangat patut kamu jadikan tujuan wisata.

1. Labuan Bajo
Seperti yang sudah disinggung di atas, Labuhan Bajo sendiri merupakan pelabuhan atau dalam istilahnya gerbang menuju Taman Nasional Komodo. Di pelabuhan ini kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi tempat keren seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. 

Pun, di Labuan Bajo kamu bisa sejenak mampir di Goa yang cukup terkenal berlokasikan di Kabupaten Manggarai yakni Gua Batu Cermin. 

2. Danau Kalimutu
Danau-danau indah yang merupakan kawah dari Puncak Gunung Kalimutu ini berlokasikan di Desa Pemo, Kabupaten Ende. Danau ini sendiri mempunyai keunikan tersendiri yakni airnya yang memiliki tiga warna berbeda. 
Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna yang muncul dari danau tersebut mempunyai makna serta kekuatan tersendiri. Seperti danau berwarna biru mengandung makna filosofis tentang berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah moksa. Berbeda halnya dengan danau berwarna merah serta putih.

3. Air Terjun Cunca Rami
Jika kamu sedang berada di Manggarai tidak ada salahnya melihat air terjun indah yang satu ini. Cuncan rami sendiri dalam bahasa masyarakat setempat memiliki arti yaitu air terjun dengan tumbuhan-tumbuhan kecil. 
Posisi air terjun ini di kelilingi oleh hutan, jadi ketika ingin menujunya kamu harus menjelajah hutan Mbeling sekitar kurang lebih 45 menit perjalanan. Meski sedikit melelahkan, namun keindahan air terjun satu ini pasti akan mengobatinya begitu sampai.  

4. Pantai Koka
Pantai yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan karena keindahan pasir putih yang terhampar luas beserta airnya yang masih jernih. Pantai ini sendiri berlokasikan di Kabupaten Sika. 
Dijamin, kamu akan bersyukur serta kagum begitu sampai di tempat ini, terlebih ketika matahari terbenam. Pemandangannya akan terasa romantis jika berkunjung bersama pasagan.

5. Pink Beach
Pasir di pantai pada umumnya berwarna putih atau cokelat, namun apakah kamu pernah menemukan pantai dengan pasir berwarna merah jambu? Inilah salah satu destinasi unik yang ada di Flores. Pink Beach memiliki warna pasir berwarna merah muda, satu-satunya pantai yang ada di Indonesia dengan keunikan tersebut.
Pemandangan bukit serta terumbu karang dan ikan laut beraneka jenis di tempat ini akan membuat betah untuk menyelam dan menikmati keindahannya.

6. Danau Sano Nggoang
Danau ini sendiri merupakan danau paling besar yang ada NTT. Danau ini sendiri diapit dua hutan yaitu Hutan Mbeliling dan Hutan Sesok. 
Jika kamu suka aktivitas berkuda di danau ini disediakan fasilitas tersebut, selain mandi air panas, menonton burung, trekking, serta fotografi. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top