Meskipun Tak Berpenghuni Empat Pulau ini Begitu Eksotis dan Mempesona

Tempat Wisata - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada bulan Mei 2013 pada harian Tribunews menyatakan bahwa sebanyak 87,62 % pulau di negara Indonesia tidak berpenghuni. Dari sejumlah 17.504 pulau yang ada di Indonesia, hanya 2.342 pulau yang berpenghuni sehingga masih tersisa 15.337 pulau yang tidak berpenghuni. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa pulau tak berpenghuni adalah tempat yang angker.

Hal ini dikarenakan pulau tak berpenghuni jarang terdapat aktivitas manusia atau tidak tersentuh tangan-tangan manusia sekalipun. Namun di sisi lain, Indonesia menyimpan surga dunia dibalik pulau-pulau tak berpenghuni. Inilah empat pulau tak berpenghuni paling eksotis di Indonesia yang perlu kita ketahui. 

1. Pulau Intata
Travelkompas.com memaparkan Pulau Intata merupakan pulau tak berpenghuni paling eksotis di Indonesia. Salah satu pulau kecil diantara sebelas pulau terluar yang terdapat di provinsi Sulawesi Utara ini memiliki air laut yang jernih berpadu dalam indahnya gradasi warna hijau tosca sehingga menambah kesan lukisan alami terindah dari karya Sang Mahakuasa. Banyak pohon kelapa yang tumbuh mengelilingi pulau seluas 0, 15 km2 ini.
Di sebelah barat dan selatan pulau yang berbatasan dengan Negara Filipina ini juga terdapat pasir putih dan permukaan berbatu yang ada di sebelah timur sehingga kita harus menggunakan alas kaki untuk berjalan di sana. Pada bagian seberang Pulau Intata, kita akan menemukan pulau besar bernama Kakorotan. Di pulau Kakorotan inilah, penduduk setempat menyiapkan penginapan bagi wisatawan yang hendak pergi ke Pulau Intata. 

Tak ada dermaga kayu di pulau ini sehingga kapal dan perahu biasanya mengaitkan tali pada batu karang. Warga Kakorotan melarang mengambil ikan di Pulau Intata dengan cara apa pun demi menjaga kelestarian pulau. Untuk sampai ke Pulau Intata dari Pelabuhan Bitung butuh waktu sekitar tiga hari. Supaya lebih cepat, kita disarankan untuk menyewa speedboat.

2. Pulau Cemara Besar
Jika kita berkunjung ke Kepulauan Karimun Jawa tepatnya dari seberang Jepara, kita akan sampai di sebuah Pulau Cemara Besar. Lokasi pulau yang letaknya di Provinsi Jawa Tengah ini sudah dimiliki oleh SUPM yaitu Sekolah Usaha Perikanan Menengah. Pulau yang tampak berkilauan dengan pasir putihnya ini memiliki banyak pohon cemara sehingga tak salah lagi jika pulau ini disebut Pulau Cemara Besar. 
Lebih uniknya lagi, kita akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih yang terhampar secara memanjang dan meluas. Dataran tersebut menjorok dari arah pulau menuju ke lautan setelah ombak surut. Hal itulah yang biasa menjadi daya tarik para wisatawan. Namun, kita harus berhati-hati karena terdapat banyak ikan pari yang menyengat di belakang pantai sehingga disarankan menggunakan alas kaki. (referensi : karimunjawa tour and travel)

3. Pulau Pombo 
Menurut Dwi Santosa (2013) dalam detik.com, Pulau Pombo seluas empat kilometer persegi ini terletak 5 km dari Pulau Ambon, Maluku Tengah. Pulau ini dinamakan Pulau Pombo karena kita sering menjumpai burung Pombo di seberang pulau tersebut. Jika air laut surut, jalur yang menghubungkan tempat burung-burung tadi terlihat lebih jelas setelah tertutup air. Tidak hanya itu saja, jalur tersebut juga tersambung dengan dua area kecil yang unik. 
Tapi, banyak kita temukan bulu Burung Pombo yang rontok di pulau tersebut. Disarankan menggunakan alas kaki kayu atau bakiak karena banyak karang tajam di sekeliling pulau. Jika ingin lebih cepat, kita disarankan menyewa speedboat seharga Rp 500.000,00 agar lebih cepat sampai. Itulah keunikan dari salah satu pulau tak berpenghuni paling eksotis di Indonesia ini.

4. Pulau Selayar
Rusabawean.com (2012) tersebut menjelaskan bahwa ada berbagai macam sebutan nama Pulau Selayar seperti Pulau Boyan dalam bahasa Melayu, Pulau Majeti yang memiliki arti Putri. Fenomena menakjubkan yang sering ditemui di pulau seberang Bawean ini adalah saat air laut pasang. Pulau Selayar terlihat seperti pulau jika air laut pasang dan terlihat seperti gunung setinggi 60 hingga 70 meter dan memiliki panjang kira-kira 1 x 2 km  jika air laut surut.
Itulah nama-nama pulau tak berpenghuni paling eksotis di Indonesia. Sebagai warga Indonesia, hendaknya kita gali dan lestarikan terus pariwisata di negeri kita sendiri terutama untuk pulau-pulau indah tak berpenghuni lainnya yang masih tersembunyi. (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top