Magelang, Kota Kecil yang Asik Dan Seru Untuk Plesiran

Setelah menjelajahi wisata air panas yang ada di Indonesia, kini kita akan menelusuri wisata Magelang. Setiap ada orang yang menyebut nama Borobudur pasti yang langsung muncul di ingatan kamu adalah Magelang. Ya, kota kecil di wilayah Jawa Tengah ini merupakan tempat berdirinya bangunan agung yang menjadi warisan UNESCO tersebut. Selain itu kota yang dikelilingi sejumlah gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro ini mempunyai potensi wisata yang luar biasa, yang tentunya tidak kalah dengan pesona Borobudur.

Tempat-tempat wisata yang direkomendasikan Kebudayaan Indonesia kali ini sangat cocok buat kamu yang sedang galau atau baper, pasalnya keindahan yang disuguhkan bakal bikin kamu lupa dan justru keasikan dengan liburmu kali ini. 

Berikut tempat-tempat seru di Magelang yang pastinya sangat sayang banget kalau sampai kamu lewatkan.

1. Punthuk Setumbu
Bukit yang berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut ini belakangan semakin hits setelah dijadikan salah satu lokasi film karya Mira Lesmana. Bagaimana tidak, lhawong pemandangan yang disuguhkan sewaktu matahari terbit indah banget.
Dijamin tidak akan menyesal kalau datang ke tempat ini. Bukit Setumbu sendiri berlokasikan tak jauh dari Borobudur, lebih tepatnya di Dusun Kurahan, Karangrejo. Pemandangan berupa sunrise dengan latar Gunung Merbabu akan membiusmu untuk tidak berkedip sedikit pun.

2. Ketep Pass
Nama tempat wisata ini memang terdengar unik. Ketep Pass adalah objek wisata alam dengan pemandangan 5 gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, dan Gunung Sumbing. 
Di lokasi ini kamu bisa mampir di Museum Vulkanologi serta Bioskop Mini di mana biasa diputar film dokumenter tentang meletusnya merapi. Untuk kamu yang penasaran dengan tempat unik satu ini, Ketep Pass mudah dijangkau kok dengan kendaraan apapun karena medan jalannya mulus dan tidak terlalu susah.

3. Pemandian Candi Umbul
Kamu suka berwisata air terlebih berendam? Pemandian yang berlokasikan di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, ini bisa jadi pilihan yang pas. Pemandian Candi Umbul sendiri masuk situs purbakala karena konon sudah adalo sejak zaman Dinasti Syailendra.
Mandi di tempat ini bakal bikin kamu serasa jadi putri sehari, ini tidak lain karena konon dulunya kolam ini dijadikan tempat mandinya putri-putri bangsawan.

4. Air Terjun Sekar Langit
Bagi kamu yang pernah mendengar cerita rakyat tentang Jaka Tarub yang mengambil salah satu selendang milik bidadari, air terjun satu ini pasti sudah sangat akrab. Karena saking indahnya, dulunya tempat ini dipercayai sebagai tempat mandinya para dewi khayangan. Berlokasikan di kaki Gunung Andong, Kecamatan Grabag, air terjun fenomenal ini patut untuk didatangi karena panorama yang disuguhkan tidak akan membuatmu kecewa. 
Selain Air Terjun Sekar Langit, di Magelang juga ada Air Terjun Grojogan Kedung Kayang yang terletak di Desa Wonolelo, Sawangan. Akses untuk menuju Grojogan Kayang terbilang cukup sulit, namun kamu pasti terpuaskan begitu sampai di lokasi.

5. Sungai Elo
Bagi pecinta rafting atau yang sedang ingin mencoba wisata menantang adrenalin satu ini, Sungai Ilo sangat pas untuk didatangi. Berlokasikan tidak jauh dari Borobudur, kamu bisa langsung mencoba olahraga rafting yang memiliki tingkat kesulitan dua dan tiga ini sehingga tidak perlu merasa takut karena masih baru. 
Jarak tempuh rafting ini adalah 12 kilometer dengan rute rafting yang dimulai dari Pare–Blondo–Mungkid–Magelang, yang selanjutnya akan berakhir di sekitar Candi Mendut–Magelang. Berwisata di tempat ini dijamin seru dan menyenangkan. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top