Lima Olahan Unik Dari Pisang Ini Benar-benar Menggiurkan

Buah yang satu ini selain enak juga mengandung nutrisi yang sangat baik buat tubuh manusia. Rasanya yang manis dan khas menjadi makanan ini spesial. Maka tidak salah jika akan banyak ditemui olahan makanan dengan bahan dasar pisang. Sebut saja yang sudah sangat umum, kolak, pisang goreng, dan juga kripik.

Rasanya pasti sedikit bosan dong ya dengan olahan yang itu-itu saja.  Buat kamu pecinta kuliner, terlebih jajanan, olahan dari bahan pisang ini patut buat dicicipi. Rasanya yang manis serta diolah dengan unik tentu membuat siapa saja tergiur untuk menikmatinya. Berikut 5 olahan pisang yang dijamin antimainstream.

1. Keripik Kulit Pisang
Sudah pernah makan keripik pisang? Duh, itu sudah biasa banget. Bagaimana kalau kulitnya yang dijadikan kripik? Pastinya unik dan sedikit aneh begitu mendengar kulit pisang diolah menjadi keripik. Di benak yang belum pernah mencoba pasti berpikiran jika rasanya akan sepat atau sedikit pahit. Tapi tidak seperti itu kok, rasa keripik ini juga manis kok hanya mungkin sedikit berbeda dengan rasa kripik pisang pada umumnya. 
Keripik kulit pisang sendiri mengandung banyak gizi, seperti vitamin, mineral, kalsium, dan masih banyak lagi, yang tentunya bagus buat kesehatan. Proses pengolahannya sendiri terbilang lama, kulit pisang direndam terlebih dahulu dengan menggunakan bahan khusus, kemudian digoreng, lalu ditirkan seperti pada pembuatan keripikik yang sudah banyak kita ketahui.

2. Sale Pisang
Sale pisang hampir serupa dengan keripik pisang pada umumnya. Letak perbedaannya adalah jika keripik pisang yang dipilih adalah yang masih mentah, sale pisang justru yang sudah matang. Sama-sama diiris hanya berbeda volume ketipisannya. Setelah diiris pisang dijemur dengan maksud menghilangkan kadar airnya yang masih tinggi. 
Begitu kering, pisang lalu digoreng bersama tepung. Rasa dari sale pisang sendiri jauh lebih manis dari keripik, selain itu rasa manisnya juga manis alami dari pisangnya itu sendiri. Camilan ini sagat cocok buat yang tidak suka pemanis buatan.

3. Bolen pisang
Bolen pisang merupakan makanan yang terkenal di Bandung lo. Bolen pisang sendiri adalah pisang yang dijadikan isian adonan roti, yang biasanya ditambah cokelat atau keju. 
Rasanya sendiri tidak perlu ditanya, enak banget karena perpaduan rasa dari pisang dan cokelat di dalamnya. Terlebih jika dimakan dalam keadaan hangat yang baru keluar dari oven, lumer cokelat dan pisangnya pasti begitu menggoda.

4. Es Pisang Ijo
Minuman yang mirip kolak ini sempat hits banget beberapa tahun lalu. Es pisang ijo, pasti tidak terbanyang rasa segarnya seperti apa.  Es pisang ijo sendiri awalnya populer di daerah Makassar. 
Es pisang ijo terbuat dari pisang yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari adonan khusus yang memang khasnya kota Losari tersebut. Minuman yang satu ini semakin enak karena biasanya ditambah dengan serutan es dengan siraman sirup merah di atasnya.

5. Ledre Pisang
Kalau sedang jalan-jalan di Banyuwangi, ledre bisa jadi oleh-oleh buat orang rumah yang pas banget. Ledre memiliki bentuk yang unik, yakni serupa roll ege, tapi terbuat dari pisang yang super krispi. Karena resep membuatnya yang masih rahasia, jadi mending beli saja langsung. Begitu mencoba satu gigitan, pasti bakal nagih kedua, ketiga, dan seterusnya.
Itulah 5 makanan unik yang terbuat dari bahan dasar pisang. Begitu melihat gambar serta membaca ulasanya, kamu pasti ingin segera mencicipinya bukan? (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top