Lima Makanan Khas Tegal Ini Dijamin Bikin Kamu Nggak Jadi Diet!

Kota yang satu ini memang terkenal baik logat, warteg, sampai makanan-makanan lezat nan pecah di mulut bakal membuat siapa saja tergiur. Khususnya buat yang memang suka banget dengan yang namanya berwisata kuliner. Nah, tidak salah kalau selain jalan-jalan di kota Tegal, kamu juga bisa menjelajah setiap makanan khasnya.
Untuk kamu yang mengaku pecinta kuliner khususnya masakan khas Indonesia, makanan-makanan dari Tegal berikut ini patut buat dicoba. 5 makanan khas kota Tegal ini bakal bikin yang sedang diet jadi mikir-mikir makan atau tidak? Karena kelezatannya, makanan khas Tegal ini dijamin tidak akan kecewa!

1. Iga Bakar Valentine
Ya ampun! Siapa coba yang bakal menolak makanan yang satu ini, apalagi diolah dengan bumbu bakar yang pastinya bikin ngeces. Kamu bisa banget mencicipi makanan yang satu ini ketika berada di Tegal, tepatnya nih di Jl. Kartini No. 5 dan buka mulai dari pukul 17.00-23.00. 
Selain itu harganya juga terjangkau banget. Jadi tidak perlu bingung kalau sedang mendekati akhir bulan, tapi pengin membahagiakan perut dengan makanan lezat.

2. Sate Kambing Kumis
Jangan salah tafsir ya membaca nama makanannya. Bukan sate kambing yang ditaburi kumis abang yang jual ya, bisa tidak jadi makan nanti. Hehe. Sate kambing kumis ini sendiri punya rasa yang enak, manis sampai merasuk ke dagingnya yang super empuk. Ditambah siraman bumbu kacang yang dijamin bikin tidak nahan hanya mencicipi satu tusuk! Diberi nama demikian karena sang bapak penjual berkumis. 
Unik ya, selain itu sate Tegal memang terkenal paling enak, jadi tidak perlu ragu buat mencicipinya. Kamu bisa menemukan Sate Kambing Kumis di Jl. Cipto Mangunkusumo. Harganya pun lengket sama kantong kita yang tipis karena seporsi cuma 20 ribu saja.

3. Ketupat Glabed
Menikmati ketupat tidak cuma di hari lebaran saja lo, karena di Tegal tepatnya di daerah stasiun besar kamu juga bisa mencicipinya di hari biasa. Ketupat glabed sendiri memang sudah tersohor ke mana-mana karena rasanya yang enak. 
Ketupat glabed sendiri sebenarnya menu yang sederhana. Karena berisi potongan ketupat yang kemudian disiram sayur tempe dengan bumbu kuning, bertabur bawang goreng dan remukan kerupuk. Tapi walau sederhana, tapi soal rasa memang tidak ada duanya. Untuk menikmati menu lezat ini kamu cukup menyediakan uang 15 ribu rupiah doang dan dijamin kenyang.

4. Lengko
Makanan khas dari Tegal yang satu ini memang terkenal akan cara penghidangannya yang unik. Nasi dicampur dengan dengan sejumlah bahan lain yang kemudian disiram dengan sambal. Wah, pastinya enak banget dong ya. 
Biasanya masakan satu ini disajikan bersama tahu dan tempe goreng, juga mentimun, taoge, yang ditaburi irisan kucai serta bawang goreng. Kamu bisa menikmati seporsi lengko dengan harga yang terjagkau. Jika ingin menikmati lengko yang sudah terkenal enak ini kamu bisa mendapatkannya di perlintasan Kereta Api slawi, Tegal.

5. Es Sagwan
Setelah puas menikmati makanan berat, meminum es pasti bikin adem tenggorokan apalagi jika diminum ketika musim kemarau. Pilihan yang tepat ketika mampir ke Tegal adalah es sagwan. Es Sagwan adalah es yang terbuat dari adonan aci berbentuk panjang serta berwarna putih. 
Biasanya ditambah es serut serta sirup gula yang terbuat dari gula merah dengan dua pilihan warna yakni merah dan cokelat. Minuman yang memang sudah ada sejak puluhan tahun ini memang menjadi teman yang pas sehabis lelah jalan-jalan. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top