Lima Kuliner Khas Bali Ini Dijamin Bikin Nagih

Bali merupakan salah satu pulau eksotis yang terkenal mampu menarik turis mancanegara untuk berbondong-bondong menyaksikan keindahan alamnya yang luar biasa. Bali tidak hanya terkenal akan objek wisatanya, kulinernya yang khas pun menjadi daya pikat tersendiri bagi siapapun untuk mencicipinya.

Kuliner-kuliner Bali terkenal enak dengan padu padan bumbu yang pas, tentunya membuat siapa saja yang mencicipi bakal ketagihan. 

5 Kuliner Bali berikut patut kamu coba, karena selain rasanya yang enak, juga menyimpan nilai sejarah yang luhur.

1. Bebek Betutu
Menu berbahan dasar unggas yang satu ini memang selalu nikmat untuk dinikmati. Dagingnya yang gurih dan berserat kasar membuat olahan bebek mempunyai cita rasa yang melekat kuat bagi penggemarnya. Di Bali, bebek diolah menjadi menu yang mewah yakni bebek betutu. Memakannya akan membuatmu serasa jadi keluarga ningrat. Hal ini tentu tidak lepas karena dalam sejarahnya bebek betutu merupakan makanan kesukaan para raja-raja serta orang penting di Bali.
Proses pemasakan makanan ini sendiri bisa dibilang unik, daging bebek yang sudah dilumuri bumbu harus dipijat-pijat terlebih dulu. Proses pemijatan ini dimaksudkan agar daging bebek menjadi setingkat lebih empuk serta bumbu-bimbunya meresap sempurna hingga ke tulang. Selanjutnya, bebek yang sudah melewati proses pemijatan tadi dibungkus menggunakan daun pisang atau bisa juga dengan daun pinang, kemudian dipanggang dalam api. Proses inilah yang membutuhkan waktu lama hingga berjam-jam.

2. Bubur Mengguh
Bagi kamu penikmat kuliner berupa bubur, maka ada baiknya mencicipi bubur khas Bali yang dijamin enak ini. Namanya bubur mungguh yang berasal dari daerah Buleleng. Bubur ini sendiri biasa disajikan sewaktu upacara adat berlangsung. Hampir mirip bubur ayam, yakni buburnya terbuat dari beras serta santan, yang kemudian disajikan bersama suwiran ayam berbumbu. 
Tidak cuma sampai di situ, bubur  lalu disiram kuah kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Makanan ini dikatakan sangat lezat karena perpaduan isi di dalamnya yang membuat rasanya bercampur antara gurih, asin, dan juga nendang.

3. Serombotan
Makanan khas Bali selanjutnya dengan nama unik adalah srombotan. Srombotan adalah makanan tradisional Bali yang berisi sayuran Klungkung. Isinya sendiri biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, serta kubis yang kemudian diberi bumbu dengan nama kalas.
Bumbu inilah yang membuat srombotan unik serta khas. Kalas sendiri tersebuat dari santan yang dimasukkan kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan sedikit kencur, yang dimasak sampai kental dan menguarkan aroma harum.

4. Nasi Jinggo
Pernah makan nasi kepal? Di Bali nasi yang dibentuk kepalan tersebut dinamai Nasi Jinggo. Nasi jinggo biasanya disajikan dalam bungkus daun pisang dengan lauk pauk serta sambal. 
Dinamakan demikian karena dalam sejarahnya disebutkan apabila jinggo berarti 1.500. Hal ini karena dahulu, sebelum adanya krisis yang menyerang bangsa Indonesia di tahun 1997, nasi jinggo dijual dengan harga 1.500 satu porsinya. Murah banget ya, tapi sekarang harganya tentu sudah berkali lipat dari harga tersebut. 

5. Sate Plecing
Sate ini sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya, yakni menggunakan daging ayam, sapi, babi, ataupun ikan. Yang membuat sate ini khas adalah bumbu yang disiram di atasnya yang dinamai bumbu plecing. 
Mendengar kata plecing pasti sudah terbayang akan rasa pedasnya. Ya, bumbu plecing terbuat dari campuran sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat, dan terkadang ditambahkan tetesan jeruk limau. Selain sate plecing di Bali juga ada sate khas lain, yakni sate lilit, yang pastinya sama-sama nikmat jika dicicipi. (Koko Ferdie) 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top