Kuliner Unik Khas Jember Ini Bakal Bikin Kamu Laper

Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan kulinernya masing-masing. Sejumlah makanan yang menjadi ciri khas selalu menarik untuk dinikmati, tak terkecuali kuliner yang ada di Jember. Jember sendiri merupakan daerah yang berada di wilayah Jawa Timur dengan kekayaan alam serta pesona wisatanya yang indah. 
Ketika selesai berlibur memang sangat menyenangkan dalam melepas lelah selain beristirahat juga dengan cara mengisi perut. Kuliner khas kota yang terkenal dengan peyemnya ini patut untuk kamu coba atau dijadikan oleh-oleh. 

Berikut 5 makanan khas yang ada di Jember dan tidak akan kamu temukan di daerah lain. 

1. Prol Tape
Kue unik banget lo karena terbuat dari bahan dasar tape. Tahu dong ya tape, singkong yang sudah melewati proses fermentasi dengan rasa yang manis. Prol Tape sendiri bahkan sudah menjadi ‘ikon’-nya Jember. 
Tidak salah memang karena rasa yang dihadirkan kue ini sendiri memang enak. Selain itu nih prol tape juga dikreasikan dengan rasa lain seperti cokelat, kismis, keju, dan masih banyak lagi. 

2. Nasi Gudeg Pecel
Pasti nama gudeg sudah bukan suatu hal yang asing. Makanan khas Jogja ini memang terkenal banget. Tapi Jember juga punya gudeg lo yang disajikan sama pecel. Duh, tidak terbayang pasti rasanya bagaimana. 
Rasanya tentu khas, yaitu perpaduan antara rasa manis gurih gudeg cecek, yang kemudian disiram pecel. Pecel gudeg memang tidak boleh dilewatkan saat ke Jember. Selain itu hargaya pun sangat terjangkau. 

3. Martabak Malabar
Makanan satu memang paling bisa bikin ngiler. Martabak memang enak banget. Makanan yang berbahan dasar telur ini punya tektur yang lembut, ditambah rasanya yang gurih membuat siapa saja suka. Apalagi jika martabak tersebut adalah martabak khas Jember. 
Ya, martabak malabar merupakan kuliner yang wajib kamu cicipi karena memiliki isian berupa potongan daging kambing berpadu rempah-rempah. Dagingnya juga tidak alot. Malabar sendiri diambil dari nama pembuatnya yang berasal dari India. Wah martabak rasa luar negeri kalau yang ini!

4. Jenang Waluh
Pernah makan dodol? Nah, jenang ini saudaranya. Tapi jenang di Jember ini beda lo karena terbuat dari labu kuning atau dalam bahasa jawa disebut waluh. Jenang ini sendiri biasa disajikan bersama olahan ketan dan uli yang terbuat dari kelapa. 
Jajanan tradisional ini sangat banget kalau sampai dilewatkan. Selain jenang, di Jember juga ada olahan dodol tape lo. Yang pasti rasanya tidak kalah enak dan lengket di hati.

5. Pecel Pincuk Garahan
Kalau sebelumnya sudah ada gudeg pecel, nah ini baru pecel beneran. Pecel ini sendiri punya nama yang unik karena wadahnya yang terbuat dari daun yang kemudian dibentuk kuncup atau dalam bahasa dipincuk. 
Rasa makanan ini sudah pasti enak karena bumbu kacangnya ditambah sayur serta rempeyek. Pecel ini beda dengan yang ada di daerah lain karena rasanya yang pedas menggoyangkan lidah.

6. Pia Tape
Jember memang gudangnya tape. Maka, tak salah jika banyak sekali olahan yang terbuat dari singkong fermentasi tersebut. Salah satunya Pia. Kue yang satu ini biasanya berisi kacang hijau, cokelat, atau keju. 
Lalu bagaimana jika berisi tape? Kamu pernah mencobanya? Pastinya lebih unik dong ya. Rasa yang dihasilkan pun tidak kala dengan isian pia yang biasanya kita makan. Kulit pia yang renyah tentu semakin menambah nikmat kue  yang satu ini. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top