Jajanan Batam Yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Tidak dipungkiri jika setiap dari kita pasti menyukai dengan yang namanya makanan. Terlebih jajanan ringan yang asik untuk teman bersantai. Adakalanya kita pun jenuh dengan jajanan modern yang itu-itu saja dan ingin mencicipi kembali kuliner lama yang tak kalah nikmat karena mempunyai cita rasa yang khas. Dan tentunya ada rasa kangen yang terselip di setiap gigitannya.

Setelah sebelumnya membahas tentang wisata pantai di Batam, kali ini Kebudayaan Indonesia akan menyajikan jajanan khas kota tersebut. Empat jajanan ini sangat pas dinikmati sembari merasakan desau angin pantai yang menyejukkan, juga tentunya bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga ketika pulang nanti. Berikut jajanan khas Batam yang dijamin akan membuat ketagihan.

1. Luti Gendang
Jajanan pertama adalah Luti Gendang. Jika kamu pernah memakan kroket, luti gendag memiliki bentuk yang sama. Adapun yang menjadi pembedanya adalah apabila kroket mempunyai isian berupa ragout, luti gendang justru diisi dengan ikan yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu khas yang membuatn rasaya spesial. 
Roti ini sendiri menyajikan cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Tentu luti gendang sangat pas dinikmati sebagai teman bersantap minum teh atau kopi. Tidak susah menemukan luti gendang, karena sejumlah pedagan di sekitar lokasi wisata banyak menjual makanan satu ini. Keuntungannya kamu bisa memakan kue satu ini ketika masih dalam keadaan hangat.

2. Bingka Bakar
Kue Bingka merupakan makanan yang sudah seperti ikonnya Batam. Ke Batam tanpa mencicipi kue satu ini pasti akan terasa ada yang kurang. Sejarahnya kue Bingka Bakar sendiri merupakan kue yang berasal dari Kerjaan Melayu, namun dalam perkembangannya justru banyak dijual di kota Batam, sehingga menjadikan kue ini jadi kue khas-nya Batam. 
Kue Bingka Bakar sendiri memberikan sejumlah pilihan rasa, mulai dari rasa pandan, wijen, cokelat, stoberi, bahkan keju. Tidak sulit kok menemukan kue yang satu ini,kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di toko oleh-oleh yang banyak berjajar di sekitar pusat lokasi wisata. 

3. Kek Pisang Vila
Setelah membeli Bingka Bakar, sebaiknya kamu juga mencicipi jajanan yang tidak kalah enak seperti Kek Pisang Vila. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Bagi pecinta buah pisang, kue satu ini wajib jadi kudapan yang dicicipi karena terbuat dari bahan dasar pisang. 
Tidak hanya itu saja kamu bisa memilih topping kek pisang vila dengan beragam pilihan, seperti keju, kacang, atau cokelat yang pastinya akan menambah rasa lezat kue satu ini. Sama seperti jajanan lain, kek pisang sendiri banyak dijual di Kota Batam, jadi untuk kamu yang takut kehabisan jangan khawatir menemukan kue khas Batam ini.

4. Bilis Molen
Jika sebelumnya kamu molen merupakan kue ringan dengan isian manis seperti kacang, pisang, atau cokelat, maka molen khas Batam ini punya cita rasa yang berbeda. Bilis molen justru mempunyai rasa gurih yang lezat. Hal ini bukan tanpa sebab, karena molen ini sendiri berisikan bilis. 
Bilis dalam bahasa setempat merupakan nama dari ikan teri yang kemudian dibungkus dengan adonan tepung terigu. Bilis molen ini sendiri memiliki ukuran sebesar jempol orang dewasa, molen mini. Camilan satu ini memang sangat cocok dijadikan teman bersantai bahkan bisa juga lo dibuat lauk. Bilis momen tentunya juga sangat pas dijadikan oleh-oleh selagi kamu berada di Batam. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top