Istana-Istana Kerajaan di Indonesia ini Membuatmu Terhipnotis

Objek Wisata - Istana merupakan bangunan megah yang biasa ditinggali oleh kaum bangsawan. Tapi, kamu perlu tahu bahwa istana-istana ini tidak hanya di dunia dongeng saja. Di Indonesia pun kita akan menemukan istana-istana yang luar biasa menakjubkan daripada hanya di sekedar buku dongeng. Yuk, kita simak istana-istana apa sajakah yang Indonesia.

1. Istana Maimun
Jika kamu berkunjung ke Kota Medan, cobalah untuk mampir sejenak ke Istana Maimun. Istana yang berlokasi di Kelurahan Sukaraja tepatnya di kecamatan Medan Maimun ini benar-benar menjadi bangunan ikon Kota Medan. Istana ini begitu megah dan artistik karena di desain oleh arsitek asal Italia. 
Istana yang memiliki ruang sebanyak tiga puluh kamar di lahan 2772 meter persegi ini dibangun oleh Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah tepatnya pada tahun 1888. Melihat Istana Maimun ini terlihat sekali corak perbaduan budaya antara gaya Spanyol, India, Italia yang berpadu dengan gaya india namun tetap islami. Sayangnya, keadaan Istana Maimun sekarang kurang terawat. Kamu bisa melihat anak-anak bermain bola di halaman istana.

2. Istana Siak Sri Inderapura
Istana ini sudah berdiri sejak 1889 yang juga merupakan kediaman resmi kesultanan Siak. Istana ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Pada tahun 1893, peninggalan Kesultanan Sri Inderapura ini baru selesai di bangun. 
Desain istana ini benar-benar menakjubkan. Siapa yang menyangka bahwa istana ini berada di Indonesia. Istana ini dijuluki dengan istana matahari timur dan termasuk dalam wilayah administrasi daerah Kabupaten Siak. Istana yang bewarna putih ini memang seperti istana dalam dunia dongeng ya!

3. Istana Tampak Siring
Istana yang terletak di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar- Bali ini dibangun setelah Indonesia merdeka. Asal mula istana ini dinamakan Tampaksiring yakni berasal dari dua kata yaitu tampak dan siring yang bermakna telapak dan miring. Menurut legenda yang tertulis di dalam daun lontar Usana Bali, nama ini diambil dari bekas kaki Raja Mayadenawa. 
Raja ini memiliki kekuatan sakti tetapi sifat raja ini sangat angkuh dan murka. Hal ini menyebabkan Batara Indra marah dan mengirimkan bala pasukan untuk mengejar Raja Mayadenawa. Untuk menghilangkan jejaknya, raja tersebut memiringkan telapak kakinya. Itulah legenda Istana Tampaksiring yang pernah tertulis.

4. Istano Basa
Istana yang berada di propinsi Sumatra Barat, kabupaten Tanah Datar kecamatan Tanjung Emas kota Batusangkar ini lebih dkenal dengan nama Istana Pagaruyung. Sebenarnya, Istano Basa yang sekarang berdiri ialah replika dari istana aslinya. Sedangkan istana aslinya berada di wilayah bukit Batu Patah. Istano Basa yang asli pernah terbakar habis karena pada tahun 1804 terjadi kejadian berdarah. 
Pada tahun 1966, istana ini kembali didirikan. Kemudian, pada tanggal 27 Desember 1976, Gubernur Sumatra Barat mendirikan tapak istana lama yang berada di lokasi selatan sebagai lokasi barunya. Istana ini akhirnya bisa dikunjungi oleh khalayak umum pada akhir tahun 1970-an. 

5. Keraton Kasepuhan
Keraton ini merupakan keraton yang paling megah di wilayah Cibubur. Keadaan Istana ini juga masih terawat. Bata merah mengelillingi halaman pendopo ini. Terdapat museum yang lengkap di keraton ini. Museum ini menyimpan lukisan koleksi kerajaan dan benda-benda pusaka keraton. 
Kereta Singa Barong merupakan peninggalan raja yang paling dikeramatkan. Setiap satu syawal kereta ini dikeluarkan dan dimandikan. Warna putih mendominasi bangunan istana ini. Kamu akan menjumpai ruang tamu, ruang tidur serta singgasana Raja Keraton Kasepuhan. 

Wah, ternyata istana-istana di Indonesia ini juga tidak kalah bagusnya dengan istana di luar negeri ya teman-teman! (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top