Ingin Puasamu Lancar? Sebaiknya Hindari Makanan-makanan Ini

Bulan suci ramadan merupakan bulan di mana umat islam menjalankan puasa selama sebulan penuh. Berbagai kegiatan seperti menghatamkan Al-Quran pun diyakini menjadi bagian penting dalam meningkatkan amalan ibadah serta pahala di mata sang Illahi Robbi. Puasa sendiri dilakukan yakni mulai fajar terbit sampai matahari tergelincir. Menahan lapar, dahaga, serta nafsu lain, sehingga banyak pula ditemukan ketika waktu berbuka jusrtu saking banyaknya menu makanan membuat ingin mencicipi semua yang tersaji di meja.

Ya, di bulan ramadan sendiri akan mudah ditemui penjual takjil yang menggoda maupun menu berbuka yang tersebar di sejumlah kafe serta restoran akan dipadati pengunjung menjelang maghrib. Olahan yang menggiurkan pun tidak bisa ditampik. Namun, alangkah lebih baik ketika berbuka maupun sahur kamu juga memastikan apabila menu yang dimakan bisa membuat puasamu nyaman dan berkah. Jika tidak tepat, gangguan berupa perut atau bagi memiliki riwayat penyaki maag, salah memilih makan dapat mengakibatkan asam lambung naik. 

Maka, makanan-makanan berikut ini yang bersifat mengganggu masa puasa lebih baik untuk kamu hindari. Makanan-makanan apa sajakah itu? Berikut ini makanan-makanan tersebut serta penjelasannya.  

1. Makan-makanan Berlemak
Makanan berlemak sesungguhnya merupaka jenis asupan penting dalam perannya memberikan energi bagi tubuh kita. Tetapi, apabila mengonsumsinya dengan jumlah yang besar, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Terkadang jenis makanan berlemak ini begitu lezat dan menggoda untuk lekas disantap, namun memang sebaiknya jenis makanan ini dihindari dulu di bulan puasa. 
Contoh makanan berlemak seperti jeroan, makanan bersantan, daging berlemak, gorengan, kulit ayam sebaiknya tidak dikonsumsi ketika waktu berbuka puasa maupun santap sahur. Dan jika masih ada keinginan mecicipinya, tentu boleh, namun dalam kadar cukup dan tidak sering-sering. Makanan berlemak khususnya saat berpuasa memang lebih baik dihindari karena makanan jenis ini umumnya sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan seperti ini juga dapat mengakibatkan sejumlah masalah pada lambung.

2. Makan-makanan Pedas
Kebanyakan orang Indonesia pada umumnya menyukai makanan pedas. Olahan makanan pedas nan menggotang lidah pun akan sangat gampang kita temukan di sejumlah rumah makan. Namun mengonsumsi makanan yang terlalu pedas juga merupakan makanan yang wajib kamu hindari saat santap sahur atau waktu berbuka.
Akan lebih bagi bagi kamu untuk mengurangi tingkat kepedasan dari makanan yang biasa dikonsumsi, walau mungkin makanan pedas dapat menggugah selera tapi hal ini justru dapat mengganggu perut. Terlebih jika dimakan dalam jangka waktu panjang terlebih sering dapat menimbulkan gangguan pada dinding lambung. Apalagi bagi kamu yang memiliki sakit mag, akan sangat beresiko jika mengonsumsinya.

3. Makan-makanan Super Manis
Mengonsumsi makanan manis memang dipercayai mampu mengembalikan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. Namun, makanan yang terlalu manis dan mengandung kadar gula tinggi tidak bagus untuk dikonsumsi terlebih dalam kadar besar dapat memicu diabetes. 

Setelah membaca ulasan di atas, maka sangat dianjurkan dalam mengonsumsi makanan secara cukup dan tidak berlebihan. Seperti yang kita tahu, apabila apapun yang berlebihan tidak baik, terlebih makanan bisa jadi justru membahayakan kesehatan. Maka, agar puasamu lancar dan hikmat dalam menjalankan ibadah penting kiranya dalam memilih makanan. 

Bukankah sehat itu mahal? Dan tidak lucu bukan saat puasa atau mendekati lebaran kamu justru sakit? Mari direnungi bersama-sama. Pilihan menu yang tepat akan membuatmu semakin bugar dan semangat menjalankan puasa alias tidak lemas dan malas-malasan. Kamu juga bisa membuat daftar menu sehat untuk sahur serta berbuka. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top