Ingin Belajar Sejarah Sambil Rekreasi? 5 Tempat Asik Ini Wajib Kamu Datangi

Menjadi menyenangkan adalah ketika musim libur tiba kamu bisa merencanakan akan menikmati rekreasi di sejumlah tempat bersama teman-temanmu atau sendiri untuk mendinginkan pikiran. Mencari sejumlah objek wisata pun akan kamu lakukan setelahnya dengan memperhitungkan budget untuk transport, menginap, serta membawakan oleh-oleh. Namun, bagaimana meski masa libur, namun tetap bisa mendapatkan ilmu dan tidak hanya bersenang-senang saja?

Wisata-wisata berikut ini akan membuatmu belajar mengenal sejarah yang ada di tempat tersebut. Keindahan serta bentuk bangunan yang bernilai luhur akan mampu membuatmu terpikat pada jumpa pertama dan ingin berkunjung kembali di kemudian hari. Inilah 5 tempat wisata yang ada di Indonesia dan bisa membuatmu belajar mengenal sejarah.  
     
1. Candi Borobudur
Siapa pun warga Indonesia pasti tidak asing dengan tempat wisata satu ini. Destinasi selain Bali ini berlokasikan di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan saksi dari kejayaan ajaran Budha yang ada di Indonesia. Bangunan sejarah ini mempunyai 500 buah arca denga sejumlah relief yang bercerita tentang perjalanan hidup sang Buddha. 
Hal uniknya bangunan candi ini sendiri terbuat dari abu vulkanik Gunung Merapi yang dibekukan dan tanpa menggunakan semen sedikit pun. Jika ingin berkunjung ke sini dan melihat pemandangan mengagumkan dari biasanya, berkunjunglah saat perayaan waisak. Ini tak lain karena biasanya ada ritual melepas ratusan lampion ke langit.

2. Candi Prambanan
Pernah mendengar cerita rakyat tentang Bandung Bondowoso yang diminta oleh Roro Jonggrang membuat seribu bangunan candi hanya dalam waktu semalam saja? Candi Prambanan merupakan bentuk sejarah yang melekat kuat akan cerita rakyat tersebut. Di bagian induk terdapat patung Roro Jonggrang yang dikutuk karena menggagalkan niat Bandung Bondowoso. 
Terletak tak jauh dari candi Borobudur, candi Prambanan seakan menjadi saksi sejarah apabila ajaran hindu pernah berjaya di negeri ini. Candi Prambanan sendiri merupakan candi persembahan yang ditujukan kepada Dewa Siwa.

3. Benteng Vredeburg
Masih berlokasikan di wilayah Jawa Tengah, benteng yang berada di kawasan Malioboro ini memiliki nilai sejarah yang terbilang tinggi. Ketika masuk ke dalam benteng, kamu akan menemukan benda-benda peninggalan Belanda serta rekaman perjuangan rakyat Yogyakarta dalam merebut kemerdekaan. 
Tidak hanya itu berbagai informasi berbentuk gambar serta diorama akan kamu temukan di sini, terdapat pula ruang untuk memutar film melalu audio visual yang akan membuatmu tertarik untuk menontonnya.

4. Benteng Rotterdam
Salah satu destinasi terkenal setelah Pantai Losari di Makassar adalah benteng Rotterdam. Bentuk bangunan ini sangat unik apabila dilihat dari atas karena menyerupai kura-kura. Tentu hal ini bukan tanpa dasar, karena dulunya kerajaan yang berjaya di sini mengusung semangat bisa hidup baik di laut mapun darat. 
Benteng Ujungpandang adalah nama asli sebelum akhirnya dimiliki Belanda dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Di dalam benteng ini kamu akan menemukan museum La Galigo yang mempunyai beragam benda peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

5. Kawasan Kesawan Medan
Jika kamu ingin menyaksikan secara langsung sejumlah bangunan berasitekstur Eropa kuno peninggalan masa kejayaan Belanda, Kawasan Kesawan merupakan bukti sejarah akan hal tersebut. Tidak hanya itu sejumlah bangunan tua lain seperti Gedung Lonsum dan Tjong A Fie Mansion justru menampakkan kentalnya budaya Tioghoa yang berkembang di sini. 
Daerah di Kesawan sendiri akan sangat ramai ketika menjelang malam, di mana para pedagang kuliner menjamur di tempat ini. Untuk kamu yang ingin menikmati makanan dengan latar bangunan sejarah, tentu Kesawan tidak boleh terlewatkan untuk menikmati momen tersebut. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top