Fakta Di Balik Lukisan Uang Kertas ini Sering Terabaikan

Mendengar uang kertas, kita pasti sudah berangan-angan membeli segala kebutuhan yang ada. Namun, apakah kita sudah tahu siapa misteri apa yang melatarbelakangi lukisan gambar uang kertas ini dibuat? Mungkin hampir sebagian dari kita semua belum mengetahuinya karena kita hanya mengetahui uang dari sisi kegunaannya. Nah, kali ini artikel kebudayaan Indonesia akan membahas itu semua yang tentunya juga diambil dari sumber dan artikel lain. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Pecahan Uang Seribu Rupiah
Uang seribu rupiah dilukiskan dengan gambar Kapten Pattimura. Tapi, coba kita teliti lebih seksama lagi dengan motif kancing yang dikenakan oleh Kapten Pattimura ini! Pada motif kancingnya tergambar emoticon smile yang cukup menghibur. Disamping itu, ada yang berpendapat  bahwa dua gunung yang terdapat di balik gambar pecahan uang seribu ini juga diambil dari sebuah kafe florida. Hanya saja posisi dua gunung itu terbalik. 
Rumor mengatakan bahwa misteri dibalik uang seribu itu juga terbilang aneh. Pasalnya, jika kita teliti lagi tentang lukisan perahu yang ada di balik pecahan uang seribu, kita akan melihat dua orang sedang berpacaran. 
Apabila kita melipat uang seribu tepat di lukisan Kapten Pattimura maka akan tampak Kapten Pattimura terlihat seperti bunuh diri. Terkait benar atau tidaknya informasi ini hanya pendapat dari para netizen saja.

2. Pecahan uang sepuluh ribu rupiah.
Kita tidak tahu apakah hal ini merupakan suatu kesengajaan atau kebetulan semata. Jika kita melipat pecahan uang sepuluh ribu rupiah akan muncul lambang illuminati. Caranya, siapkan uang sepuluh ribu rupiah. 
Jika tidak ada, pinjamlah sebentar tapi segera di balikin ya! Hehe. Pertama, posisikan uang pada bagian depan gambar Sultan Machmud Baharuddin. Selanjutnya, lipat uang pada bagian atas ke bagian tengah dan pada bagian bawah ke bagian tengah juga. Pada pertemuan lipatan bagian tengah itulah maka akan ditemukan simbol segitiga yang diduga simbol illuminati.

3. Fakta gadis penenun dibalik pecahan uang lima ribu rupiah.
Mungkin sebagian dari kita kurang mengenal siapa gadis penenun yang ada di uang kertas lima ribu rupiah itu? Yah, gadis itu bernama Natasha Annestesya. Natasha memang dipilih sebagai model yang dilukis di balik pecahan uang lima ribu rupiah itu. 
Saat itu, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik indonesia (Peruri) mengadakan seleksi pemotretan dengan alat penenun Pandai Sikek dan Natasha memenangkan audisi tersebut. Natasha adalah sosok gadis yang cerdas dan saat ini ia tinggal di California (AS) bersama suami dan anaknya.

4. Tulisan di balik Pecahan Uang lima puluh ribu rupiah
Tulisan yang tersembunyi dibalik pecahan uang lima puluh ribu ini sudah umum kita ketahui tetapi kita jarang melihat jika tidak menelitinya. 
Jika kita mendapat pecahan uang lima puluh ribu tahun 1999, maka perhatikanlah gambar W.R Soepratman, disampingnya terdapat tulisan kecil yang merupakan teks lagu Indonesia Raya. 
Pada pecahan uang lima puluh ribu yang baru juga terdapat rumor jika dua pecahan uang lima puluh ribu disatukan ujungnya maka akan menemukan segitiga yang diduga simbol illuminati pula.

5. Fakta gambar rumah dibalik wajah Ir.Soekarno pada uang seratus ribu rupiah
Jika kita mendapatkan uang seratus ribu rupiah jangan langsung dicemplungin ke dompet! Coba deh perhatikan baik-baik gambar di sekitar Ir. Soekarno! Di belakang pahlawan pertama kita terdapat sebuah rumah. Rumah tersebut adalah satu-satunya tempat proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. 
Sebenarnya, ada empat jendela di rumah itu dan satu jendela tertutup lukisan wajah presiden pertama kita. Saat ini rumah itu menjadi Tugu Proklamasi. Uang seratus ribu dilukiskan dengan simbol kemerdekaan. Namun, sepertinya hanya orang-orang pejabat tinggi yang bisa menikmati simbol kemerdekaan itu di zaman korupsi ini ya! Hehe.

Itulah sejenak serba-serbi tentang sesuatu yang tersembunyi dibalik beberapa pecahan rupiah. Terlepas benar atau tidaknya tentang simbol aneh yang tersembunyi di balik uang kertas, hasil seni dari seorang engraver pelukis uang perlu dihargai karena tidak semua orang mampu melukis gambar dengan nilai seni setinggi itu bukan? (Chandra WH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top