Cara Sehat Menjaga Mulut Segar Saat Berpuasa

Permasalahan yang paling sering saat berpuasa adalah bau mulut. Tapi, sebagian dari kita semua sering mengonsumsi mouthwash untuk menjaga mulut tetap segar. Padahal efek samping dari mouthwash sendiri berakibat tidak bagus bagi kesehatan mulut seperti bibir pecah, mulut terasa kering atau lidah terasa panas. 

Apalagi banyak produk mouthwash yang memiliki kandungan alkohol di pasaran. Nah, sebagai alternatif pencegah bau mulut, yuk kita buat ramuan herbal untuk menjaga kesegaran mulut.

1. Ramuan untuk berkumur
Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah menyediakan bahan-bahan berikut seperti air putih sebanyak 500 ml, daun sirih sebanyak lima lembar, kapulaga sebanyak 5 biji serta siapkan juga sebatang kayu manis. 

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam air yang sudah mendidih. Biarkan air mendidih hingga volume air tersisa sebanyak 250 ml atau seukuran dengan satu gelas air kecil. Matikan kompor, angkat ramuan dan saring airnya dengan menggunakan saringan kecil. Gunakan air ramuan untuk berkumur. 

Kita juga bisa membuatnya untuk pemakaian jangka panjang dengan cara menyimpan ramuan tersebut ke dalam botol kaca. Selanjutnya, menyimpan botol berisi ramuan tersebut ke dalam lemai es agar keadaannya tetap steril dan segar.

2. Ramuan agar dapat diminum
Resep ramuan selanjutnya yaitu membuat ramuan sederhana agar dapat diminum saat berpuasa. Bahan-bahan yang perlu kita siapkan hampir sama dengan ramuan untuk berkumur seperti halnya air putih sebanyak 500 ml dan daun sirih sebanyak tiga lembar. Hanya saja ada beberapa bahan yang berbeda dengan sebelumnya antara lain kunyit satu ruas yang sudah diiris tipis dengan sejumput garam. 

Kunyit tidak hanya mampu mencegah bau mulut saja tetapi juga dapat membersihkan kuman-kuman penyebab pembusukan pada gigi, membersihkan kotoran dalam darah serta memperbaiki fungsi organ hati dan empedu sehingga mencegah kita dari penyakit hepatitis. Untuk membuat ramuan pecegah bau mulut agar dapat diminum ini juga sangat gampang. Pertama, masukkan daun sirih, sedikit garam serta kunyit ke dalam air yang mendidih. 

Biarkan volume air tersisa hingga 250 ml. Minumlah ramuan tersebut saat malam hari dan saat sahur. Untuk jangka panjang, kita juga dapat membuatnya dalam botol kaca dan menyimpannya ke dalam lemari es juga.

3. Konsumsi air putih
Minum air putih yang cukup adalah hal yang paling penting saat berpuasa. Kita pasti sudah familiar mendengar salah satu iklan produk air mineral tentang sosialisasi cara meminum air putih saat sahur, berbuka dan sebelum tidur malam hari. 

Hal tersebut memang benar. Minum air putih dapat membersihkan semua kotoran baik yang ada di mulut maupun di dalam organ tubuh. Tahukah kita bahwa bau mulut tidak hanya berasal dari mulut kita saja melainkan bisa saja penumpukan bakteri yang ada di dalam tenggorokan atau bahkan organ dalam kita. 

4. Konsumsi banyak buah
Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, serat dan vitamin C seperti apel, jeruk, tomat, mangga dan anggur. Mengonsumsi buah yang paling baik adalah sebelum makan. Banyak orang memiliki pmikiran bahwa buah lebih baik dikonsumsi setelah makan agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di mulut. 

Hal itu kurang benar karena penumpukan makanan terlebih dahulu biasanya susah diserap oleh serat yang terkandung dalam buah. Sedangkan, penyuplaian serat buah terlebih dahulu akan memudahkan metabolisme pencernaan sebelum kita memulai makan. Kebutuhan serat dalam tubuh juga mempengaruhi kesegaran mulut kita

Cobalah melakukan tips-tips tersebut di dalam rumah. Bahan dan cara membuatnya pun sederhana. Tanpa menimbulkan efek samping pula. Hendaknya kita tidak hanya menjaga kesehatan mulut saja tetapi menjaga lisan dan perbuatan kita dari tindakan tercela saat berpuasa. (Chandra W H)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top