Bingung Ingin Liburan ke Mana? Pekalongan Wajib Kamu Sambangi

Pekalongan adalah salah satu kota yang cukup terkenal di Jawa Tengah karena batiknya yang khas. Kota ini sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang dan Bajarnegara. Selain batik, Pekalongan juga dikenal akan potensi wisatanya yang indah serta asri.
Untuk kamu yang menyukai jalan-jalan, Pekalongan bisa menjadi pilihan yang baik karena lokasi-lokasi berikut yang begitu memanjakan mata.

1. Pantai Pasir Kencana
Pekalongan merupakan salah satu kota Pelabuhan di jalur Pantura pulau jawa. Karena hal ini pula tidak sulit bagi kita menemukan objek wisata pantai di Pekalongan, salah satu yang direkomendasikan adalah Pantai Pasir Kencana. Pantai ini sendiri terletak tak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar kurang lebih 4 jam perjalanan. 

Selain menikmati keindahan pantai kamu juga bisa melihat miniature seaword yang di dalamnya terdapat akuarium dengan beragam koleksi biota laut. Pun, terdapat becak air yang bisa kamu kendarai untuk menjelajahi keindahan pantai ini. Pemandangan paling baik adalah ketika menjelang senja di mana pendar matahari tampak memesona. Di pekalongan kamu juga bisa mengunjungi pantai lain seperti Pantai Depok, Pantai Slamaran, serta Pantai Wonokerto.

2. Curug Bajing
Curug yang berlokasikan di Kecamatan Petungkriyono, tepatnya di Desa Tlogopakis, ini berada tak jauh dari Curug Muncrar. Curug Bajing sendiri memiliki ketinggian 1.300 mdpl dengan tinggi 70 meter. Curug ini sendiri masih terbilang asri dan alami, jadi untuk kamu yang suka berkunjung ke tempat seperti ini jangan sampai melewatkannya.

3. Museum Batik Pekalongan
Museum ini memiliki banyak koleksi batik, mulai dari yang berusia ratusan tahun hingga saat ini. Ada sekitar 1149 koleksi batik. Tidak hanya batik, alat penenun di pajang di tempat ini. Museum ini dikelola oleh UPTD di mana dulunya tempat ini merupakan balai kota Pekalongan.
Untuk kamu pecinta seni serta warisan budaya yang luhur, museum ini bisa menjadi acuan yang menarik untuk mengetahui beragam motif batik serta rupa yang ada di Indonesia.

4. Kebun Teh Pagilaran
Pemandangan hijau yang segar akan membuatmu betah berlama-lama di tempat ini. Menghidu aroma embun serta dedaunan merupakan cara terbaik merileksan pikiran.

5. Wisata Watu Ireng
Salah satu tempat wisata di Pakalongan yang tidak boleh sampai terlewat adalah Bukit Watu Ireng. Tempat ini sendiri memiliki bentuk yang serupa dengan Gunung Kelam yang berada di Kalimantan Barat.  Bukit ini mempunyai luas kisaran dua hektar.

Uniknya saat kita mengentakkan kaki di atas bebatuan hitam ini, akan timbul bunyi serupa gong yang berdengung. Dikatakan jika bukit ini terhubung dengan goa yang terletak di bawah batu tersebut.

6. Puncak Hanoman
Gunung Kendalisodo merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Pekalongan. Puncak dari gunung inilah yang dinamakan Puncak Hanoman dengan tinggi kisaran 1.687 mdpl. Untuk kamu yang suka naik gunung, mencapai puncak ini cukup menantang mengingat tingginya tersebut. 
Namun, segalanya pasti terbayar begitu sampai di atas karena akan suguhan keindahan illahi yang tiada tara.

7. Linggo Asri
Kawasan ini cukup terkenal di Pekalongan sebagai tujuan wisata bagi keluarga. Ada beragam pilihan wisata yang disuguhkan tempat ini seperti rafting, outbond, flying fox, trekking, taman bermain, serta kebun binatang mini. 
Lokasi yang dikelilingi perbukitan serta udara yang masih asri tentu menambah kesenangan selama berlibur. Linggo Asri sendiri terletak di Desa Linggo Asri, Kecamatan Kajen. (Koko Ferdie) 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top