Bangunan Adat Indonesia ini ternyata ada di Luar Negeri

Objek Wisata - Sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga hati karena bangunan-bangunan ini ternyata juga dijumpai di luar negeri khususnya di Benua Eropa. Wah, ternyata negara lain juga mencintai bangunan budaya kita loh! Masa kita tidak mencintai rumah kita sendiri. Yuk kita intip beberapa bangunan adat Indonesia yang eksis di luar negeri.

1. Pura Bali di Belgia
Jika kita berjalan-jalan ke Negara Belgia, kita akan menjumpai bangunan yang sangat familiar. Kita tidak merasa bahwa kita berada di di Belgia melainkan berada di Bali. Lihat saja bangunan yang dinamakan Pura Agung Shanti Buwana ini, kita benar-benar dibawa masuk ke dalam budaya Indonesia. Di dalam sebuah bangunan ini juga terdapat taman yang dinamakan dengan Taman Kingdom of Ganesha. Nama ini memang sengaja diberikan untuk Indonesia sebagai penghormatan serta penghargaan bagi Bangsa Indonesia. 
Jika kita mencoba memasuki taman ini, susasana Indonesia begitu kental karena taman ini benar-benar taman Indonesia versi mininya. Yang lebih uniknya lagi, pura ini juga dibangun diatas sawah terasering khas Ubud. Bagi anda yang sedang bekerja atau sedang menjalani masa pendidikan di Negara Belgia, tak ada salahnya datang ke bagunan ini untuk melepas kerinduan anda akan kampung halaman. Asyik jia kita bisa berkunjung ke sana.

2. Rumah Adat Khas Sumatra di Negara Kincir Angin
Rumah adat khas Sumatra ini banyak kita temui di beberapa wilayah di Belanda. Di Taman Efteling, kita juga menemukan rumah adat khas Rumah Gadang. Biasanya Taman Efteling digunakan sebagai tempat bermain anak-anak di Negara Belanda. Tidak hanya itu saja, bangunan serupa khas ini juga ditemukan di negara lainnya. 
Apabila kita berkunjung lagi ke Hutan Kota bernama Kralingse Bos di Rotterdam, kita juga akan menjumpai rumah yang modelnya serupa seperti Rumah Gadang. Rumah khas Minangkabau memang menginspirasi banyak bangunan di Belanda itu sendiri. Disana juga terdapat restoran yang memiliki desain rumah khas Minangkabau seperti Indisce Restaurant. Padahal, masakan yang disajikan di tempat ini bukan masakan khas Padang melainkan masakan orang Eropa sendiri. 

3. Rumah Adat Batak di Jerman.
Setelah berkunjung ke Belanda, sekarang mari kita intip apakah ada bangunan berciri khas Indonesia yang ada di Jerman. Eh, ternyata ada lho jika kita berkunjung ke Kota Waperloh yang ada di Negara Jerman bagian selatan, lebih tepatnya berada di wilayah Niedersachen. Kita mungkin tidak percaya bahwa ternyata rumah adat khas batak tersebut benar-benar berdiri di sana. Sejarah singkat berdirinya rumah ini menjelaskan bahwa bangunan ini didirikan oleh seorang Pastor bernama Matthus.
Bangunan ini juga berdiri cukup lama sejak tahun 1978. Bangunan ini menjadi daya tarik bagi warga Jerman. Hingga saat ini Rumah Batak yang ada di Jerman ini berfungsi sebagai tempat museum serta menjadi obyek wsisata bagi para wisatawan lokal yang ada di Jerman. Wah, kita harus bangga karena rumah adat di Indonesia telah menginspirasi salah satu warga Jerman.

Banyak karya dari negeri lain khususnya budaya barat telah mendominasi budaya Indonesia itu sendiri. Padahal, budaya dari Indonesia tak kalah bagusnya dari budaya negara-negara lainnya seperti upacara adat suku, jenis baju adatnya, jenis lagu adatnya , jenis senjata adatnya hingga rumah adatnya yang bermacam-macam jenisnya. Untuk itu, banyak negara lain yang akhirnya meniru rumah adat Indonesia yang sangat unik-unik. Artikel ini diadaptasi dari website travelingyuk.com. Jadilah inspirasi bagi negara lain bukan mengikuti budaya lain. (Chandra WH) 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top