5 Gunung di Jawa Ini Terkenal Seram dan Angker

Selain dikelilingi oleh banyak pulau, Indonesia juga mempunyai sejumlah gunung yang tersebar di setiap daerahnya. Ada gunung yang masih aktif dan gunung yang sudah tidak mengeluarkan lahar lagi. Namun, di balik kekohannya, beberapa gunung di Indonesia terutama di jawa masih diidentikkan atau dipercayai dengan sejumlah hal mistis karena sejumlah kejadian aneh yang masih sulit untuk dinalar serta belum terpecahkan. 

Selain itu gunung-gunung yang diyakini penuh misteri ini pun diperkuat dengan adanya kisah-kisah legenda yang membuat keberadaan gunung tersebut ditempati oleh arwah-arwah yang bergentayangan.

Berikut Kebudayaan Indonesia merangkum 5 gunung angker yang ada di Jawa. Karena keangkerannya seringkali membuat sejumlah orang takut untuk datang berkunjung, ada yang mengatakan mendengar nama gunungnya saja disebut sudah bikin bulu kuduk merinding.

1. Gunung Salak yang ada di Jawa Barat
Pernah mendengar jatuhnya pesawat Shukoi Superjet 100 pada 2012 di sebuah kawah salah satu gunung di Jawa Barat? Gunung Salak merupakan gunung yang terkenal angker karena hal tersebut, tidak hanya Shukoi saja, pernah ada 6 pesawat yang bernasib tidak kalah tragis dengan terjun bebas di kawah gunung ini. 
Gunung Salak sendiri semakin dikenal seram setelah sejumlah pendaki tewas tenggelam serta keracunan belerang di Kawah Ratu dan Curug Seribu.

2. Gunung Halimun yang ada di Jawa Barat
Gunung yang satu ini berada tak jauh dengan gunung Salak, yakni berada tepat di sisi timurnya. Di seputaran tempat ini akan kamu temukan benteng benteng milik kerajaan prabu siliwangi yang tidak tampak. Dulunya berkembang sebuah cerita  yang mengatakan apabilan di kawasan Gunung halimun ini pernah terjadi kehancuran kerajaan siliwangi yang di serang oleh kesultanan Banten. 
Hal tersebut lalu mengakibatkan kehancuran dengan banyak punggawa-punggawa dari kerajaan silliwangi yang melarikan diri ke Gunung Halimun, lalu yang lain pergi ke Gunung Salak. 

3. Gunung Lawu yang ada di Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur
Gunung yang satu ini pasti sudah tidak asing akan misterinya.  Gunung Lawu sendiri merupakan gunung berapi yang sudah cukup lama tidak menyemburkan lahar. Gunung lawu ini masih menyimpan banyak teka teki yang sampai kini belum terpecahkan. Banyak kejadian-kejadian aneh yang kerap terjadi di sini dan membuat penasaran. 
Bagi para pecinta alam seperti pendaki, ada sejumlah pantangan yang wajib ditaati selama mendaki karena jika tidak nyawa adalah taruhannya. Gunung Lawu semakin angker karena dipastikan tidak ada yang mampu melintas di atas gunung ini, termasuk burung pun pasti tewas begitu melintasi satu titik tanah yang sakral di gunung Lawu.

4. Gunung Ciremai yang ada di Jawa Barat
Gunung tertinggi di Jawa Barat ini diyakini banyak minyimpan misteri serta keangkeran tersendiri. Di gunung ini sering terjadi jatuhnya para pendaki karena melintasi beberapa jalur maut dan menantang. Selain itu di sejumlah spot gunung ini mempunyai aura mistik yang begitu kuat. 
Salah satunya adalah Kuburan Kuda yang digembor-gemborkan angker tersebab sering terdengarnya jejak telapak kaki kuda namun tidak berwujud. Menurut warga, kuda tersebut merupakan kuda tentara Jepang yang tewas. Tidak hanya itu dulunya gunung ini juga dijadikan tempat pembuangan mayat di era penjajahan Jepang. 

5. Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta
Gunung aktif satu ini semakin hits ketika juru salah seorang juru kunci yang meninggal setelah letusan sekian tahun lalu. 
Gunung ini dipercaya sebagai tempat karatonnya mahluk halus. Selain itu di lereng gunung ini terdapat Pasar Bubrah yang pula diyakini sebagai pasarnya roh-roh halus. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top