5 Destinasi Wisata di Ramang-ramang yang Membuat Penasaran

Pasti ada sejumlah orang yang bertanya-tanya begitu membaca judul postingan ini. Di manakah daerah Rammang-rammang? Apakah ini daerah di luar negeri atau masih di Indonesia? Ya, Rammang-rammang sendiri memang masih terdengar cukup asing di telinga, bahkan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Daerah yang menyimpan sejuta potensi ini berada tak jauh dari Makassar tepatnya di wilayah Maros, Sulawesi Selatan. Rammang-rammang merupakan daerah pegunungan di mana sejumlah gunung seperti Gunung Karst menjadi salah satu daya pikat wisata alam yang memesona di Maros.

Jika kamu sedang singgah atau berada di Makassar, Rammang-rammang bisa dijadikan tujuan wisata dalam agenda liburanmu. Dari Kota Makassar menuju Maros jarak yang ditempuh yakni kisaran 40 km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Beberapa tempat di sini begitu mengagumkan dan menyimpan beragam pernik yang membuat penasaran siapa saja yang berkunjung. 

Berikut ini lima tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Rammang-rammang.

1. Pegunungan kapur terbesar dan fenomal
Pugunungan kapur yang ada di Rammang-rammang ini merupakan pegunungan karst terbesar yang ada di Indonesia, bahkan berada di posisi kedua di dunia. 
Memiliki luas sekitar kurang lebih 45 ribu hektar, setiap sudut serta sisi Rammang-rammang tampak megah serta menarik untuk dijelajahi. Pesona Rammang-rammang pun digadang-gadang tidak kalah eksotis dengan Tsingy Stone Forest yang dinobatkan sebagai karst nomer satu di dunia.

2. Sisi magis dari Sungai Pute
Pernah melihat dan terkagum-kagum dengan indahnya Green Canyon yang ada di Pangandaran atau pesona Sungai Amazon yang ada di Amerika? Nah, di Maros pun kamu bisa merasakan sensasi serupa yang tidak kalah keren dengan menyusuri sungai Pute yang menyimpan sisi-sisi magis di dalamnya. 
Keindahan pemandangan yang mengagumkan seperti pegunungan karst, burung-burung, serta pemandangan hijau selama menyusuri sungai pute ini akan membuatmu betah berlama-lama di atas perahu.

3. Telaga Bidari penuh misteri
Telaga Bidari merupakan sebuah oase cantik di tengah pemandangan gunung-gunung kapur. Telaga ini juga disebut sebagai ‘surga’ kecilnya Maros mengingat keindahan yang disuguhkan. Telaga ini dikatakan penuh misteri karena untuk menempuhnya kamu harus melewati rute yang cukup ekstrim dan harus berhati-hati. 
Mitos yang berkembang di masyarakat telaga ini merupakan tempat para bidadari biasa mandi, sehingga dinamakan Telaga Bidari. Hal unik dari telaga ini justru ketika musim penghujan air telaga akan surut, dan sebaliknya ketika musim kemarau tiba. Telaga ini juga biasa digunakan sebagai sumber mata air tawar oleh penduduk di sekitar karena airnya jernih dan segar untuk diminum.

4. Jejak mistis telapak yang ada di dinding-dinding Goa
Goa ini berada di jalur yang sama dengan Telaga Bidari. Untuk mencapai goa ini kamu harus menapaki jalan cukup jauh, yaitu kurang lebih 2 km. Hamparan persawahan, pegunungan kapur selama berjalan di pematang ada suguhan alam yang mengagumkan sebelum menuju lokasi ini. 
Selain bisa melihat jejak-jejak telapak tangan yang ada di dinding goa, kamu juga akan menemukan sejumlah hewan endemik yang tinggal di tempat ini. Peralatan penerangan sangat dibutuhkan selama ada di lokasi ini.

5. Batu Kingkong yang membuat tercengang
Suka berfoto atau selfie dengan latar yang unik? Batu berbentuk wajah kingkong ini merupakan spot menarik yang wajib dikunjungi selama berada di Maros.
Menurut warga sekitar batu yang menyerupai wajah kingkong ini terbentuk secara alami. Dari kampung Barua dan Sungai Pute, kamu bisa menemukan lokasi ini hanya sekitar 10 menit saja. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top