4 Menu Pedas nan Enak ini Dijamin Bikin Goyang Lidah

Untuk sebagaian orang makan rasanya kurang nendang kalau belum ada rasa rawitnya alias pedas. Di Indonesia sendiri yang kaya akan bumbu masakan menjadikan beragam olahan bisa dipadu padankan menjadi menu-menu baru yang enak dan menggiurkan. Tak terkecuali masakan pedas yang membuat kadar liur bertambah.

Di beberapa tempat makan, menu pedas bahkan menjadi masakan andalan dengan nama-nama unik. Untuk kamu yang suka memasak di rumah dan hobi makan pedas menu-menu ini bisa dicoba serta dijamin akan membuat lidah bergoyang. Melihat gambarnya saja pasti sudah bikin ngiler ingin segera mencicipi kudapan lezat berikut ini sebagai teman menyantap nasi hangat.

1. Ceker Ayam Pedas
Siapa yang tidak suka dengan bagian ayam yang satu ini. Ceker sendiri merupakan bagian yang banyak digunakan sebagai kaldu karena aromanya yang sedap. Di beberapa masakan seperti soto, ceker sangat enak jika disesap meski sangat sedikit daging yang menempel. Saat ini ceker juga diolah menjadi menu pedas yang lezat. 
Ceker mula-mulanya dibersihkan kemudian dilumuri sedikit garam dan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Kemudian digoreng, lalu setelah tiris ceker dimasukkan dalam bumbu yang sudah ditumis seperti bawang merah, bawang putih serta cabai, bersamaan belimbing wuluh. Selanjutnya tinggal menambahkan garam, merica, juga kaldu. 

Tunggu hingga air serta bumbunya meresap sempurna. Akan semakin harum jika ditaburi bawang goreng setelah jadi. Tingkat kepedasan tergantung selera. Bisa juga menambahkan kecap jika tidak menyukai belimbing wuluh.

2. Cumi Asam Manis Pedas
Olahan laut yang satu ini selalu enak dan disukai anak-anak. Biasanya diolah secara simpel dengan menambahkan tepung dan digoreng kering. Untuk kamu yang tidak suka repot harus membersihkan kulit ari serta bekas tinta, bisa membeli cumi-cumi yang sudah bersih di supermarket. Kamu hanya tinggal memotong dan mencucinya. 
Setelah itu rendam di air jeruk nipis selama 15 menit untuk menghilangkan bau amis. Untuk bumbunya yang ditumis sendiri tinggal menyiapkan bawang merah, bawang Bombay, tomat, daun bawang, iris kecil, serta jahe. Prosesnya gampang, terakhir tinggal masukkan saus serta kecap sesuai selera.

3. Kerang Goreng Pedas
Kerang walaupun dagingnya sedikit, namun sensasi kenyal daging yang berpadu bumbu di dalamnya selalu membuat kangen. Bumbunya sendiri meresap sempurna sampai ke dalam daging. Untuk yang suka menu laut, kerang pasti sangat menggoda untuk diolah terlebih dengan bumbu pedas. Kamu tinggal menyiapkan kerang hijau yang sudah dicuci bersih, kemudian goreng. 
Sama seperti proses masakan sebelumnya, tumis irisan bawang putih hingga menguarkan aroma harum, lalu masukkan saus sambal, gula pasir, saus tomat, air, dan garam. Tambahkan larutan tepung maizena agar lebih kental. Selanjutnya masukkan kerang dan potongan nanas. Keras dengan cita rasa pedas manis siap dicicipi.

4. Semur Jamur Pedas
Sekarang ini jamur banyak kita temui menu-menu makanan dengan bahan dasar jamur. Tidak salah bagi orang yang vegetarian atau tidak suka daging, jamur menjadi alternatif yang tepat karena rasanya mirip dengan beberapa daging, seperti ayam. Jamur pun bisa dikreasikan dengan menjadikannya semur pedas nan nikmat. 
Yang perlu kamu persiapkan adalah beberapa jenis jamur, seperti jamur jamur merang berukuran sedang, jamur tiram putih, serta jamur kuping. Cuci jamur dan keringkan menggunakan tisu, setelahnya bisa dipotong.  Setelah menumis bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, dan cabe hijau, masukkan jamur. Setelahnya tinggal tambahkan kaldu, kecap manis, kecap asin, serta garam. Setelah masak taburi dengan kucai cincang. (Koko Ferdie)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top