Variasi Rujak Unik yang Ada di Indonesia

Membayangkan makanan rujak sudah pasti membuat kita kepingin ngiler. Rujak adalah satu-satunya makanan khas di di Indonesia. Dengan kata lain, makanan ini tidak ditemui di negara-negara lainnya. Keunikan cita rasa yang lengkap terdiri dari sayur, buah dan protein disajikan secara lezat dengan tambahan toping bumbu kacang diatasanya membuat kita tidak akan berpaling dari makanan lainnya. Lebih uniknya lagi, setiap rujak memiliki cita rasa yang berbeda-beda sesuai dengan jenis petis yang digunakan sebagai bahan dasar bumbu rujak. Inilah variasi rujak unik yang ada di Indonesia

1. Rujak Soto
Biasanya kita mengenal rujak sebagai makanan berbumbu kacang dan petis bukan? Tapi, bagaimana ya kalau jika diberikan tambahan kuah soto? Nah, makanan yang merupakan hasil penggabungan modifikasi rujak cingur dan soto babat ini mulai populer di Banyuwangi-Jawa Timur. Awal tujuan membuat rujak soto ini hanyalah iseng-iseng belaka tetapi cita rasa yang dihasilkan makanan ini sangatlah lezat sehingga membuat penikmat rujak semakin suka. Penemu yang memopulerkan rujak soto ini kurang dikenal. 
Makanan ini dikenal sejak sebuah stasiun televisi menayangkan kuliner tersebut dan Bapak Bondan Winarno-lah yang memperkenalkan kuliner ini. Rujak soto disajikan dengan bahan rujak uleg atau bumbu rujak cingur yang ditmbahkan dengan bahan soto babat khas Madura. Tampilannya semakin menggugah selera ditambah dengan kangkung, kacang panjang, kecambah, mentimun mentah dan kerupuk udang. Makanan ini dirasa sangat mengenyangkan karena disajikan bersama lontong atau nasi. 

Tempat yang menjual Rujak Soto paling enak direkomendasikan di Kedai Losari. Kedai ini berdekatan dengan kediaman Bupati Banyuwangi yaitu Pendopo Sabha Swagata. Semakin segar jika didampingi dengan es temulawak. Kisaran harga rujak soto yang ditawarkan antara Rp 10.000,00 sampai Rp 15.000 saja per porsinya.

2. Rujak Bakso
Banyuwangi punya Rujak Soto sedangkan Malang punya Rujak bakso. Wah, ternyata rujak kombinasi ini tidak jauh dari wilayah jawa timur ya teman-teman! Mendengar namanya saja, rasanya kita pasti sudah nggak sabar kepingin yang namanya makan rujak bakso. Makanan ini disajikan dengan bumbu rujak cingur yang dicampur dengan kuah bakso dengan isi sayur kangkung, mie kuning, tahu coklat, tempe mendoan yang krenyes-krenyes. 
Hmmm...nggak bisa dibayangkan bagaimana enaknya kuah rujak bakso yang berpadu dengan kriuk-kriuknya tempe mendoan. Pasti kalian pingin cepat-cepat ke Malang deh. Jika ingin makan Rujak Bakso, kita bisa datang ke daerah Mergan yang terletak di depan SDN Tanjungrejo 1. Tempat ini sangat dikenal dengan Rujak Bakso Bu Jum.  Harganya pun sangat murah yaitu antara lima ribu sampai enam ribu rupiah saja. Paling segar jika ditemani dengan minuman Es Degan. Pengunjung warung rujak bakso ini sangat ramai karena warung ini sudah buka sejak 23 tahun.

3. Rujak Es Krim
Kalau kita membayangkan rujak es krim pasti itu rujak yang aneh. Tetapi kenyataannya rujak es krim banyak digemari oleh para penikmat kuliner. Pada tahun 90-an, rujak ini mulai ditemukan di Yogyakarta. Rujak ini hanya dipopulerkan di wilayah depan Puro Pakualam Jogja. Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang yang menjual rujak es krim sampai wilayah luar Jogja. 
Rujak es krim ini disajikan dengan serutan buah ketimun, pepaya, mangga, kedondong, pepaya. bengkoang dan nanas yang disiram dengan sambal yang terdiri dari asam jawa, gula jawa, kencur, cabai, sedikit air dan tentunya diberi dengan toping es krim. Jika ingin berkunjung membeli rujak es krim, kita bisa mampir ke lokasi rujak es krim Pakualaman yang dapat dijangkau sekitar 5 menit dari jantung kota Jogja-Malioboro. Harga Rujak Es Krim sekitar lima sampai enam ribu rupiah saja. Informasi ini didapatkan dari Hamim Thohari, Wartawan Tribun News. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top