Tips dan Trik dalam Mencari Pekerjaan

Bekerja merupakan sesuatu yang tidak akan dapat kamu hindari. Sebab, bekerja adalah salah satu cara untuk bertahan hidup. Setelah menyelesaikan dunia pendidikan, otomatis kamu akan mencari pekerjaan. Bahkan, ada yang sedang menjalani dunia pendidikan sudah bekerja sampingan. Ada juga yang sudah selesai menjalani dunia pendidikan tetapi belum mendapatkan pekerjaan.

Bekerja adalah salah satu mesin uang. Bekerja identik dengan uang. Uang berguna memenuhi kebutuhan hidup. Semakin hari, persaingan dunia pekerjaan semakin ketat. Yang hebat akan berada di atas, sedangkan yang kurang baik akan tersingkir oleh roda persaingan. 

Banyak juga orang yang sudah bekerja tetapi tidak bertahan dengan pekerjaannya sehingga berhenti dan mencari pekrjaan lain. Hal ini disebabkan oleh ketidakcocokkan terhadap dunia pekerjaan. Hal ini barangkali lebih baik daripada dia tetap bertahan tetapi dia tidak produktif dalam pekerjaannya. 

Berikut tips yang dapat membuat kamu cocok dan bertahan dengan pekerjaan:

1.  Tentukan tujuan hidup kamu lebih dahulu
Sebelum bekerja, alangkah baiknya kamu menentukan tujuan hidup kamu lebih dahulu. Semisal, apakah kamu akan bekerja untuk orang lain atau kamu akan mempekerjakan orang lain. Pilihan itu akan membentuk karakter yang berbeda dan strategi-strategi yang berbeda. Jika kamu ingin mempekerjakan orang lain maka tentu kamu haruslah memiliki karakter pemimpin, visioner, ambisius, dan memiliki kemampuan untuk mendirikan sebuah lapangan pekerjaan. Akan tetapi, jika kamu ingin bekerja untuk orang lain maka kamu harus memiliki sikap loyalitas terhadap atasan, bekerja secara team, sanggup diperintah, dan siap dalam tekanan. 

2. Cari alasan-alasan kenapa pekerjaan itu cocok buat kamu
Setelah kamu menentukan pekerjaan yang kamu inginkan maka kamu harus punya alasan kenapa pekerjaan itu cocok buat kamu sehingga kamu punya alasan yang kuat. Sebab, banyak orang yang bekerja pada bidang yang tidak dikuasainya sehingga berdampak terhadap produktifitas dalam bekerja. Ada juga yang bekerja karena tidak ada pilihan pekerjaan lain sehingga dia bekerja tidak sepenuh hati. Banyak juga orang yang berganti-ganti pekerjaan karena merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan oleh kesalahan memilih pekerjaan sehingga membuatnya tidak bertahan lama terhadap sebuah pekerjaan.

3. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan hobi
Banyak juga orang yang bekerja tidak di bidang mereka sehingga ini salah satu penyebab ketidakbetahan dalam sebuah pekerjaan. Motivasi bekerja karena alasan uang dengan bekerja karena hobi akan memberikan hasil yang berbeda. Bagi orang yang bekerja karena hobi dia akan mengerahkan seluruh kemampuannya terhadap pekerjaan tersebut sehingga memberikan hasil positif terhadap hasil pekerjaan berupa hasil maksimal. Bagi orang seperti ini, uang adalah bonus dari pekerjaan mereka. Tak jarang orang yang bekerja sesuai dengan hobi mereka sukses dalam pekerjaan karena hal itu didasari oleh keinginan dan kemampuan yang dimiliki. 

4. Usahakan bekerja pada bidang yang kamu kuasai
Bekerja pada bidang yang tidak dikuasai sama saja dengan bunuh diri. Bagaimana kamu akan menjadi seorang dokter padahal kamu tidak pernah mendapatkan pendidikan di bidang kedokteran. Jika kamu paksakan pekerjaan tersebut maka orang yang sehat berobat kepadamu bisa menjadi sakit. Orang sakit bisa mati ditangan kamu karena kamu tidak dapat memberikan pertolongan atau salah memberikan pertolongan. 

5. Buatlah visi dan misi kamu dalam dunia pekerjaan
Pekerjaan yang kamu lakukan haruslah dilakukan dengan maksimal. Kesuksesan dalam bekerja juga terlihat dari meningkatnya prestasi, bertambah hasil dan keuntungan, dan berkembangnya suatu usaha jika kamu bergerak di bidang bisnis. Untuk mengembangkan dan meningkatkan hasil suatu pekerjaan kamu haruslah membuat visi dan misi dalam bekerja. Jika kamu hanya bekerja hanya untuk sesuap nasi dalam sehari maka kamu hanya dapat memenuhi hal itu. Akan tetapi, jika kamu ingin maju dalam pekerjaan tentu kamu harus dapat melakukan lebih dari sekedar bekerja hanya untuk sesuap nasi.

Jadi, jika kamu telah menemukan pekerjaan yang cocok maka kamu harus melakukan yang terbaik terhadap pekerjaan itu. Bekerjalah dengan maksimal untuk hasil maksimal. Jangan lupa iringi dengan doa dalam setiap pekerjaan.  (Luh Sumilir)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top