Suka Mengkonsumsi Daging Ayam? Ternyata Bagian ini Berbahaya Jika Dimakan!

Ayam sayur merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang gurih, berserat lembut, faktor harga yang cukup terjangkau membuat hidangan dengan bahan dasar ayam ini sering tersaji di meja makan. Olahan dari ayam pun banyak kita temui, mulai dari ayam kecap, ayam krispi, opor, rica-rica, dan masih banyak lagi.

Di balik manfaatnya yang memiliki nutrisi serta protein tinggi. Namun ternyata ada beberapa bagian tubuh dari ayam yang bila dikonsumsi secara berlaka bisa membahayakan kesehatan tubuh. Berikut ini bagian-bagian tubuh tersebut serta penjelasannya.

1. Kulit ayam
Rasanya kurang afdol jika menikmati ayam bakar maupun yang digoreng jika tidak mencicipi kulitnya. Bagaimana tidak, pasalnya bagian ini terasa lebih gurih maupun renyah dibandingkan bagian ayam yang lain. Namun ternyata bagian ini tidak bagus untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kulit ayam sendiri banyak mengandung antibiotik, hormon, serta racun, dan bisa berdampak pada metabolisme racun dalam hati.


Tidak hanya itu, pada wanita yang sering mengkonsumsi kulit ayam dapat berakibat pada puber sebelum waktunya. Ini dikarenakan kulit ayam sendiri banyak mengandung lemak, di mana residu dari suntikan hormon pertumbuhan larut di sana.

2. Pantat ayam
Pantat atau brutu merupakan bagian paling lembut dari ayam sayur. Pantat ayam yang berisi lemak menimbulkan aroma sangat sedap dalam proses pemanggangan. Namun di balik nikmatnya aroma barbekyu yang ditimbulkan tersebut, ternyata pantat ayam tidak bagus jika dikonsumsi.

Pantat ayam sendiri mengandung hormon serta berkumpulnya kelenjar getah bening di mana  virus, bakteri, serta zat penyebab kanker berkumpul di sana. Dalam proses penyuntikan serta masa panen yang dekat bisa dipastikan jika antibiotik tersebut masih tertinggal di pantat. Efek yang ditimbulkan bagi seorang yang mengkonsumsi pantat ayam sendiri adalah kanker pencernaan. 

3. Sayap ayam
Sayap ayam banyak digemari, terlebih jika dimasak dalam kuah seperti dibuat soto maupun lodho, karena bagian ini sendiri meski banyak tulang namun rasanya benar-benar lezat. Tapi sayangnya sayap ayam ternyata dapat menimbulkan tumor pada manusia. Ini disebabkan pada proses penyuntikan hormon pada ayam sendiri yang dilakukan di bagian sayap. Sehingga obat-obatan yang sifatnya kimia tersebut masih tertinggal di sana.

4. Leher ayam
Meski tidak banyak daging yang tertempel pada leher ayam, bagian digemari sebagian orang. Leher ayam merupakan bagian yang penuh akan pembuluh darah serta kelenjar getah bening yang berada di antara kulit serta otot ayam. Bagian tersebut banyak mengandung bakteri dan kuman. Jika dikonsumsi terlalu sering, tentunya tidak baik untuk kesehatan. 

5. Kepala ayam
Bagian terakhir adalah kepala. Mitos yang beredar jika memakan kepala serta otak ayam dapat berefek pada bertambahnya ingatan atau tidak mudah pikun. Namun, benarkan demikian? Faktanya justru berkebalikan. Kepala terlebih otak ayam mengandung logam berat karena sejumlah makanan yang dikonsumsi ayam sendiri ditambahi beragam zat kimia.

Dari beberapa hal di atas apakah kamu masih tertarik untuk mengkonsumsinya? Hal paling bijak adalah mengurangi kadar sering memakan bagian di atas, dan jika perlu adalah menghindarinya mengingat faktor kesehatan merupakan hal yang penting. Selain itu masih ada bagian dada serta paha yang sangat baik jika dikonsumsi. Hindari pula memasak daging ayam dengan cara disate maupun steak karena terkadang dagingnya masih belum sempurna masak. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top