Solusi Jitu Meredamkan Rasa Cemburu pada Kekasih

Cemburu tanda sayang ? Tapi kalau cemburunya berlebihan apakah masih bisa dibilang sayang ? Apa sih cemburu itu? Menurut English Wikipedia, cemburu adalah pikiran negatif, rasa takut, dan kecemasan akan kehilangan sesuatu. 

Orang yang pencemburu biasanya mengalami Othello syndrome. Othello syndrome adalah kelainan emosi dimana seseorang (terus) merasa yakin bahwa pasangannya telah bersikap tidak setia, selingkuh tanpa memiliki bukti-bukti yang jelas. 

Cemburu lebih sering diartikan kita tidak mau kehilangan pasangan kita. Orang yang memiliki sikap cemburuan akan jauh lebih protektif. Sebenarnya, memiliki sifat cemburuan sangat menyiksa diri sendiri. Selalu merasa curiga, gelisah dan ketakutan yang berlebihan akan membuat hidup menjadi tidak tenang. Apa-apa selalu berfikiran negatif. 

Begitu juga dengan pasangan kita, mempunyai pasangan yang memiliki rasa cemburu yang tinggi bukan lah perkara mudah. Setiap kali melakukan sesuatu, selalu banyak pertanyaan yang membuat kita merasa tidak dipercaya sama sekali.

Untuk itu, berikut ini tips bagaimana caranya agar perasaan cemburu kita tidak terlalu mendominasi:

1. Jika cemburu karena masa lalu
Ini yang seringkali terjadi di sebuah hubungan yang baru di bangun. Bayangan masa lalu masih selalu menjadi ketakutan bagi masing-masing pasangan. Terlebih lagi jika masa lalu nya meninggalkan kenangan yang memang susah dilupakan.

Ingat, setiap orang memiliki masa lalu, dia maupun kamu. Jika kamu tidak bisa terima masa lalunya, maka kamu lebih baik tidak menerima dia sepenuhnya. Masa lalu sudah terjadi dan tidak bisa berubah. Terima masa lalunya sebagai bahan pembelajaran dan kamu akan menjadi jauh lebih tenang.

2. Berfikir secara realistis
Rasa cemburu datang dari beberapa bentuk pikiran yang negative-negatif. Berfikir kalo bales nya lama berarti selingkuh, kalo gak memberi kabar berarti selingkuh. Guys, berfikir realistis aja lah. Dia juga punya kegiatan sendiri. Mungkin kerja, kuliah, atau ngurus orangtua, atau dia juga punya temen, dia juga punya dunia sendiri. Bisa aja dia main sama temen nya, atau gimana. 

3. Bicarakan dengan dia
Nah, kalo tau tau dia gak ada kabar, kamu Tanya baik baik sama dia, dia kemana aja. Jangan langsung curiga dan cemburu. Semua masalah yang dibicarakan baik baik pasti akan ada jalan keluarnya daripada kamu harus curigaan dan cemburuan terus.

4. Hargai Privasi masing-masing
Bagaimanapun dekatnya kamu dan pasangan, setiap orang tetap pribadi masing-masiing. Setiap orang punya ruang masing-masing untuk menyimpan sesuatu yang dia gak mau siapapun termasuk kamu tau.

Dia punya hak untuk menentukan mana yang kamu dia share sama kamu, mana yang dia mau keep sendiri. Udah manusiawi kalo kita punya perasaan ingin terbuka semuanya sama pasangan, tapi ga bisa seperti itu. Hargai privasinya. Kalo emang dia sayang sama kamu, gak mungkin dia menyembunyikan sesuatu yang memang seharusnya kamu tau.

5. Percaya
Ini adalah point paling penting. Ada orang yang cemburuan karena emang udah dasarnya, tapi ada orang yang cemburuan karena punya masa lalu yang membuat dia kecewa dan akhirnya susah untuk percaya lagi sama pasangan yang baru.

Luka masa lalu jangan pernah jadi penghalang kebahagiaan kamu dengan pasangan kamu yang sekarang. Tidak semua orang sama, pasti ada sisi positif dan sisi negative dari setiap orang. Kamu cukup dengan percaya bahwa orang yang kamu pilih sekarang bukan lah orang yang sama dengan orang yang menyakiti kamu dulu.

Jika memang kamu belum bisa membangun kepercayaan itu, lebih baik kamu tidak usah memulai hubungan baru dengan orang lain. (dwinka)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top