Sisi Lain Kota Gresik yang Wajib Kamu Kunjungi

Saat ini Gresik dikenal sebagai kota industri karena semakin banyaknya pabrik yang berdiri di sana serta aktivitas bersifat industrial yang semakin menggeliat. Selain itu, kota yang berada di barat laut kota Surabaya tersebut merupakan tempat di mana perusahaan semen pertama serta terbesar di Indonesia berdiri. Hal ini tentu tidak lepas karena sebagian tanah di sana sendiri berjenis kapur, sehingga bahan dalam pembuatan semen pun mudah didapat.
Namun, di balik aktivitas industri yang sibuk tersebut, Gresik memiliki potensi wisata yang luar biasa. Jika kamu merupakan seorang yang menyukai aktivitas jalan-jalan baik sendiri maupun ramai-ramai, sisi tersembunyi Gresik ini wajib kamu datangi. Dijamin tidak akan menyesal begitu melihat tempat-tempat indah nan eksotis berikut ini.

1. Pantai dengan keindahan bawah laut nan mempesona
Pantai Noko merupakan salah satu pantai terindah dari tujuh pantai yang ada di Pulau Bawean. Pantai ini sendiri didomisili oleh pasirnya yang putih sepanjang mata memandang. Juga ditumbuhi semak belukar. Bagi kamu yang menyukai aktivitas menyelam, pesona bawah laut pantai ini wajib untuk dieksplor karena di tempat ini sendiri dikelilingi oleh ikan beraneka jenis serta bunga karang yang cantik.
Karena belum adanya fasilitas berupa perlengkapan wisata untuk menyelam di pulau bawean, kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu sebelum terjun ke lokasi. Selain pantai noko, kamu juga bisa mengunjungi pantai lain yang tidak kalah indah seperti pantai tanjung gaang, pantai gili, pantai selayar, pantai ria, pantai kuburan panjang, serta pantai mayangkara.   

2. Bukit berbentuk unik
Bukit yang berlokasikan di kecamatan Bungah ini memiliki bentuk yang sangat unik. Bagaimana tidak? Bukit-bukit hijau tersebut berentuk menyerupai jamur. Batu yang menyerupai jamur itu sendiri terbentuk karena proses pengkisan yang disebabkan oleh tetesan air hujan serta angin. Tidak salah jika lokasi ini sangat instageble dan patheble buat kamu yang suka berfoto-foto dan mengabadikan momen. Pasalnya benar-benar unik!

3. Air kolam yang memiliki warna serupa laut
Sendang Banyu Biru adalah kolam cukup luas dengan air berwarna biru. Masyarakat di sekitar sendiri tidak tahu menahu kenapa air di kolam tersebut berwarna demikian, namun sebagain orang di sana memiliki keyakinan apabila air tersebut dapat menyembuhkan penyakit. Mungkin, kamu tertarik melihat fenomena dan membuktikan secara langsung apakah warnanya benar-benar biru? Kamu bisa berkunjung ke Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, tempat sendang tersebut berada.


4. Arsitektur yang mengagumkan dari gunung kapur
Gunung Sekapuk merupakan gunung kapur bekas galian tambang yang membentuk serupa pahatan serta lorong-lorong goa. Tempat ini sendiri berada di Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah. Penggalian di tempat ini berlangsung semenjak tahun 1950. Karena bentuknya yang menarik tempat ini mulai sering dikunjungi para wisatawan.  

5. Telaga yang menenangkan hati serta pikiran
Jika kamu baru putus cinta karena ditinggal menikah, dia selingkuh, atau terlepas dari patah hati nan galau tersebut, kamu ingin tempat yang menenangkan pikiran? Telaga Ngipik bisa menjadi pilihanmu berlibur.

Telaga ini sendiri terletak tak jauh dari lokasi industri. Pilihan telaga dengan airnya yang jernih dan juga pemandangan pepohonan di sekitar membuat pikiran menjadi lebih tenang dan segar. Sejenak, bagi pekerja dapat melepas penat karena beban pekerjaan sekaligus tempat rekreasi yang nyaman dan murah, terlebih jika dinikmati menjelang petang diiringi angin semilir. Tentu hal ini akan membuatmu melupakan image jika Gresik kota yang panas, sebab telaga ini serupa oase di tengah padang tandus.  (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top