Sajian Kopi Secara Unik ini Cuma Ada di Indonesia

Selain dikenal dengan negeri seribu pulau serta rempah-rempah yang melimpah, Indonesia juga dikenal sebagai penghasil kopi terbaik. Beragam jenis kopi tersebar di segala penjuru nusantara. Saat ini minum kopi menjadi budaya tersendiri yang ada di masyarakat. Minum kopi seperti mendekatkan antara individu yang satu dengan yang lain karena saling mengobrol. Ini tentu kabar yang baik karena dengan begitu usaha di bidang kuliner pun tentu semakin ramai dan bervariatif.

Untuk kamu yang mengaku sebagai pencinta kopi, sajian kopi yang cuma ada di Indonesia berikut ini wajib untuk kamu sambangi dan nikmati. Selain rasanya yang khas, setiap daerah memiliki cara yang unik dalam menyajikannya.

1. Kopi Kawa yang ada di Sumatera Barat
Kopi kawa merupakan minuman yang cukup populer di Sumatera Barat. Kopi ini sendiri memiliki keunikan yaitu dibuat bukan dari biji kopinya, tetapi dari daun kopi. Apakah rasanya enak dan seperti kopi? Dikarenakan terbuat dari daun tentu rasanya khas dan sedikit berbeda dari kopi pada umumnya yang kita minum. Pun, cara penyajian kopi ini tidak kalah unik karena bukan menggunakan gelas melainkan dengan tempurung kelapa.

2. Kopi Jos yang ada di Yogyakarta
Yogyakarta selain menjadi kota destinasi wisata, kulinernya pun beragam, tak terkecuali kopi unik yang satu ini. Keunikan kopi ini adalah selain kopi dalam satu gelas kopi jos di dalamnya juga ada arang. Arang? Ya, arang yang dimasukkan dalam kopi panas sendiri adalah arang yang masih membara. Masyarakat yang meminum kopi tersebut percaya jika adanya arang dalam kopi dapat menambah khasiat kopi tersebut sebagai penetralisir asam lambung. Sebagai pencegah untuk tetap sehat.

Kopi Jos sendiri dipercaya sudah ada sejak tahun  60-70an dan dikenalkan oleh peramu kopi bernama Pak Man. Sekarang ini kopi jos manjadi salah satu kuliner yang dicari-cari ketika berkunjung ke Yogyakarta. Kamu, pasti tertarik untuk mencicipi bagaimana rasanya. Apakah sama dengan kopi kebanyakan setelah ditambah arang?

3. Kopi Tarik yang ada di Aceh
Aceh dikenal dengan penghasil kopi yang cukup populer, salah satu jenis kopi yang dihasilkan adalah kopi Gayo. Kopi ini sendiri berasal dari pengunungan Gayo. Aceh mempunya cara dalam menyajikan kopi yang tebilang unik sehingga rasa yang tercipta dari seduhan kopi memiliki ciri khas tersendiri. Warga di sekitar menyebut kopi yang menggunakan teknik ini dengan kata Kopi Tarik.
Kenapa disebut demikian, karena penyajiannya sendiri menggunakan cara menyeduh kopi dalam sebuah wadah yang besar. Kemudian seduhan kopi tersebut disaring dengan kain tipis berulang-ulang hingga menghasilkan suatu carian yang cukup kental. Setelah proses tersebut barulah kopi disajikan. Untuk menikmati kopi ini tidak perlu jauh-jauh datang ke Aceh karena beberapa restauran yang ada di sejumlah kota besar juga menyajikan menu kopi tarik sebagai teman bersantap.

4. Kopi Kopyok yang ada di Gresik
Setelah sebelumnya membaca artikel tentang sisi lain kota Gresik yang wajib dikunjungi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk sejenak mampir mencicipi racikan kopi khas kota tersebut. Tidak susah untuk menemukan kopi kopyok karena di kawasan yang berada di pantai Utara Jawa Timur ini sendiri banyak berdiri kedai-kedai kopi yang menyajikan minuman tersebut. 
Jika dibandingkan dengan daerah lain, kopi ini memiliki serbuk yang sedikit kasar. Itu sebabnya kamu harus mengaduknya dahulu sebelum meminumna. Selain rasanya yag sedikit masam, kopi kopyok sendiri disajikan kental. Hal ini dikarenakan serbuk kopi yang dimasukan hampir mencapai separuh gelas. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top