Jangan Lewatkan 5 Pesona Keindahan Alam Kuningan ini

Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Cirebon, Brebes, Majalengka dan Ciamis. Meskipun terbilang kota kecil, dari segi pembagunan kabupaten ini terbilang pesat dalam hal tersebut termasuk peningkatan sumber daya manusia. Hal ini dapat dilihat pula dari sektor pariwisatanya yang semakin beragam. Pun, di pusat kota terdapat beragam sarana kebugaran yang dengan mudah diakses masyarakat, pusat oleh-oleh, Masjid agung Syiarul Islam yang megah, serta taman kota. 

Untuk kamu yang menyukai travelling, Kuningan harus masuk daftar penjelajahan kamu dengan membawa kamera. Pesona alam yang masih asri dengan udara segar adalah pilihan paling tepat melepas penat. Lima tempat ini bisa kamu kunjungi ketika berada di Kuningan.

1. Keindahan kawah ganda
Untuk kamu yang menyukai menjelajah alam, Gunung Ciremai adalah salah satu objek wisata yang banyak digemari pendaki di Kuningan. Gunung ini mempunyai kawah ganda, yaitu kawah barat yang dipotong kawah timur dengan radius 600 m. Di sisi selatan sendiri terdapat bekas letusan yang dinamakan Gowa Walet.
Selain menyajikan panorama pegunungan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan mata berupa sawah membentang sebelum memasuki objek tersebut.

2. Telaga penyejuk pikiran
Talaga yang terletak tepat di bawah Gunung Ciremai ini bernama Talaga Remis. Berlokasikan di Desa Kaduela, Kecamatan Mandiracan. Di sini kamu bisa menyewa peralatan seperti bebek-bebekan untuk berkeliling telaga. Pemandangan hijau yang ada di sekitar akan memanjakan mata kamu. Selain itu terdapat beragam flora serta fauna di tempat ini yang berjumlah sekitar 160 jenis tumbuhan, seperti senokeling, malaka, kosambi, dan lain-lain. Adapula jenis tumbuhan langka yang menjadi daya pikat yaitu Pisang Hyang.
Tidak hanya Talaga Remis, di Kuningan sendiri masih ada Talaga Leat, Talaga Nilem, Leutik, Buruy, Tespong, serta Sumur Jalatunda.

3. Sisi magis dalam hutan
Paluntungan dan Curug Putri merupakan kawasan hutan serta air terjun yang berlokasikan di kaki Gunung Ciremai, di kecamatan Ciguyur.  Dari pusat kota menuju tempat ini sendiri berjarak sekitar 10 km.
 Paluntungan dan Curug Putri menyajikan kombinasi keindahan pegunungan hutan serta air terjun dengan air jernih. Udara di daerah ini sendiri sejuk menguak sisi magis yang ada di dalam hutan. Terdapat fasilitas berupa rafting, camping area, saung, pos jaga, pondok kerja, shelter serta mushola.

4. Berkemah dengan pemandangan penyejuk mata
Waduk Darma merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang hobi berkemah. Wisata yang terletak di sebelah barat daya Kuningan ini menyajikan pemandangan waduk yang indah, terlebih jika dinikmati ketika fajar menjelang. Pula, waduk ini dikelilingi lembah yang mengagumkan.
Waduk Darma menyediakan fasilitas berupa outbond atau jika ingin berkemah serta bermalam di tempat ini kamu bisa menyewa tenda.

5. Air terjun buatan yang mengagumkan
Di Kuningan terdapat air terjun sekaligus curug buatan yang bertempat di desa Peusing, Jalaksana. Wisata ini sendiri pun terletak di bawah kaki gunung Ciremai, seperti beberapa tempat wisata yang disebutkan di atas. Walau hasil buatan manusia, air terjun ini sendiri sangat sayang jika dilewatkan.
Di Curug Sidomba sendiri digunakan pula sebagai tempat pemeliharaan beragam jenis ikan. Dinamakan Sidomba tidak lepas dari jenis hewan yang banyak di pelihara di sekitar tempat wisata ini sendiri, yaitu domba.
Untuk kamu yang lelah serta penat akan pekerjaan atau beban sekolah selama satu semester, tidak ada salahnya Kuningan masuk dalam daftar rencana liburan kamu. Panoramanya yang indah sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top