Tips Merawat Alat Dapur Sebagai Kunci Sehatmu

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menjaga dan merawat alat makan dan masak dengan baik. Berikut akan diberikan tips-tips menjaga alat makan agar tetap bersih dan sehat.

1. Cuci piring mengikuti alur yang benar
Alur yang benar adalah gelas, piring yang sedikit kotor, cangkir dan mug, piring yang kotor berat, alat makan seperti sendok dan garpu, terakhir cuci panci dan wajan. Gelas di cuci terlebih dahulu karena biasanya gelas tidak mengandung noda yang terlalu serius, biasanya gelas hanya digunakan untuk minum air putih atau pun kopi dan teh. 

Hal ini bisa membuat spon cuci piring masih tetap bersih. Piring yang kotor ringan dicuci kemudian. Jika mencuci alat makan yang bersih dengan spon yang sudah kotor bisa membuat alat yang tidak terlalu kotor malah menjadi kotor.

2. Hilangkan karat
Untuk mengilangkan karat pada pisau, ada beberapa cara yaitu : 
  • Tancapkan pisau pada bawang bombai mentah, tusuk-tusukan pisau untuk mengeluarkan sari bawang.
  • Buat minuman dari lemon bisa jus atau air perasan lemon, usapkan dan taburkan garam ke permukaan yang berkarat, lalu rendam di air lemon tersebut. Jika karat sudah terangkat, bersihkan dengan menggunakan spon. Jika tidak ada lemon, bisa menggunakan jeruk nipis.

Untuk menghilangkan noda teh dari mug dan cangkir, caranya yaitu siapkan garam atau baking soda, usapkan ke towel atau lap bersih yang menyerap, lalu gosokan ke mug dan cangkir yang terkena noda teh tersebut. Aksi abrasif ringan ini membersihkan noda secara baik

4. Mencuci panci
Panci akan lebih mudah di cuci jika langsung direndam dulu dengan air dingin yang diberi sedikit cairan pencuci piring. Dengan cara seperti ini, noda lemak akan lebih dahulu terangkat dan bersih, baru dilanjutkan dengan mencuci nya seperti biasa.

Hal ini juga berlaku untuk tempat yang digunakan untuk menyimpan nasi di magic jar. Nasi yang ada di magic jar tidak jarang membuat kerak di panci, karena nya akan lebih mudah mencucinya dengan sebelum nya merendam nya dengan air hangat.

Untuk membersihkan karat panci dan penggorengan berikut beberapa cara nya :
  • Siapkan potongan kentang. Celup kedalam deterjen pencuci piring, lalu gosok pada bagian yang berkarat. Bilas bersih, lalu lap dengan paper towel dan minyak masak
  • Dengan menaburkan soda kue ke air di dalam panci, setelah berbuih diamkan beberapa saat. Setelah itu gosok pelan-pelan dengan spons lembut. 

5. Penyimpanan alat dapur 
Simpan alat alat makan di tempat yang kering dan bersih agar tidak mudah rusak dan terkena debu. Untuk peralatan makan yang jarang digunakan sebaiknya di simpan di dalam plastic seperti wraping agar tidak mudah terkena debu dan menjadi kotor. Juga simpan di tempat yang tidak sering lalu lalang agar peralatan masak tersebut tidak mudah pecah. Letakkan juga di tempat yang tidak terlalu sempit agar tidak riskan pecah dan rusak.

7. Bersihkan kompor setiap selesai digunakan 
Noda minyak dan yang lain akan menjadi lebih sulit dibersihkan ketika noda tersebut tidak segera dibersihkan saat itu juga. Setiap selesai menggunakan kompor, ambil cairan pembersih, oleskan di lap dan usapkan di kompor yang telah selesai digunakan.

8. Susunan peralatan dapur
Peralatan makan yang tidak terpakai di susun paling bawah adalah alat makan yang paling berat dan besar, ditumpuk kemudian urutan ke yang terkecil. Jangan sampai terbalik kalau tidak ingin peralatan dapur anda rusak karena tertiban oleh peralatan dapur yang berat. (DL)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top