Merasakan Sensasi Wisata Budaya di Mojokerto

Mojokerto. Mungkin untuk kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta sedikit asing dengan nama kota yang berada 50 km dari Surabaya ini. Mojokerto sendiri kota yang terbilang paling kecil di Provinsi Jawa Timur. Walau demikian kota ini memiliki pemasukan daerah yang cukup pesat, salah satunya karena objek wisata.

Ya, Mojokerto belakangan ini semakin dikenal karena mempunyai salah satu monumen bersejarah yang mirip dengan yang ada di luar negeri. Tidak hanya itu kota yang berkuasa di era kerajaan majapahit ini punya banyak potensi wisata yang sayang jika dilewatkan. Di sepanjang kota kamu akan menemukan benda maupun tempat bernilai bersejarah. Maka, tidak salah jika Mojokerto mendapat julukan kota budaya bagi beberapa wisatawan yang pernah berkunjung. Dan, semakin tidak salah lagi jika kamu mengunjungi tempat-tempat seru berikut ini.

1. Kemegahan Situs Budaya Trowulan yang mengagumkan
Situs Budaya Trowulan merupakan kawasan purbakala yang berisi sejumlah peninggalan Kerajaan Majapahit. Luas area ini sekitar kurang lebih 25 kilometer persegi. Di bagian tengah situs terdapat jalan negara yang menghubungkan Mojokerto serta Surabaya. Reruntuhan Trowulan ini sendiri ditemukan pertama kali pada tahun 1811 oleh Gubernur Jenderal Belanda Sir Thomas Stamford Raffles. Sejak ditemukan, kawasan ini terus berkembang diteliti peninggalan-peninggalan sejarah yang mungkin masih tersisa.
Di kawasan Trowulan akan kamu temukan bukti betapa hebatnya Kerajaan Majapahit di zaman dulu. Di situs ini pengunjung bisa menemukan Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Makam Putri Cempaka, Kolam Segaran, Candi Menak Jingga, Situs Watu Umpak, serta Makan Troloyo. Situs Trowulan akan menjadi surga dunia bagi kamu yang menyukai wisata berbau sejarah dan budaya yang kental.

2. Patung Budha Tidur di Maha Vihara Mojopahit ini punya rasa luar negeri
Ini merupakan salah satu tempat yang cukup hits bagi pencinta akun media sosial seperti instagram atau path belakangan ini. Pasalnya kamu tidak harus jauh-jauh pergi ke Thailand untuk melihat patung Buddha tidur yang memiliki ukuran bak raksasa ini. Warnanya yang serupa emas, jika dilihat dari kejauhan begitu berkilau. 
Patung buda yang mempunya panjang 22 meter dan lebar 6 meter ini sendiri berlokasikan di daerah Trowulan Di Mojokerto tepat di daerah Trowulan, tepatnya di Maha Vihara Mojopahit. Dan patung ini merupakan patung tidur tersebesar ketiga yang ada di Asia.

3. Api Abadi yang penuh misteri
Di Mojokerto ada sumber api yang tak bisa padam, yang dijuluiki dengan sebutan api abadi Bekucuk. Sumber api ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1993 di dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto. Sejarahnya sumber api ini telah ada sejak zaman Majapahit. Di mana api-api ini digunakan para ahli pembuat senjata di Majapahit dan dipercayai jika dibuat di sumber api tersebut senjata yang digunakan akan memiliki kekuatan.

Untuk kamu yang ingin melihat secara langsung dan penasaran bisa langsung berkunjung ke Mojokerto. Uniknya api ini sendiri menyala tanpa perlu bantuan korek api.

4. Air Terjun yang memanjakan mata
Mojokerto juga punya air terjun. Air Terjun Coban Canggu merupakan air terjun unggulan di Kabupaten ini. Air terjun ini sendiri berlokasikan di lereng Gunung Welirang. 
Air terjun yang memiliki tinggi 80 cm ini mengalir melintasi tebing batu kokoh di mana pemandangan di sekitarnya masih hijau karena ditumbuhi banyak sekali tanaman rambat. Untuk kamu yang ingin berkunjung, ambil dari arah Pacet. Jalan menuju lokasi sendiri menanjak karena berada di daerah pegunungan dan usahakan berhati-hati. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top