Mencicipi Kuliner Padang yang Akan Membuatmu Ketagihan

Rasanya rumah makan padang atau urang awak sudah bukan tempat yang asing lagi di kotamu. Pasalnya warung padang sendiri sudah menjamur hingga ke pelosok-pelosok daerah yang ada negeri ini. Menunya yang khas serta cita rasanya yang menggigit tentu membuat siapa saja tidak hanya ingin berkunjung sekali, melainkan berkali-kali.

Masakan dari wilayah Sumatera ini tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja, luar negeri pun mengaguminya karena masakan padang kaya akan rempah. Tidak salah lagi jika menjadikan masakan padang sebagai menu makanan yang lezat. Berikut ini masakan padang yang akan membuatmu nagih serta menahan liur untuk lekas-lekas mencicipinya.

1. Rendang sang juaranya makanan
"Beef Rendang, is an Indonesian dish made by simmering beef for hours in coconut milk and spices until the liquid has evaporated".
Dari potongan kalimat di atas menggambarkan jika rendang merupakan makanan dengan cita rasa luar biasa. Rendang sendiri juga masuk dalam jajaran makanan paling lezat lo. Makanan yang terbuat dari potongan daging dan diolah dengan proses cukup lama menggunakan beragam rempah ini menjadi menu andalan di warung padang. Tidak salah lagi rendang merupakan juaranya makanan, dan paling enak dinikmati dengan nasi hangat.

2. Sate padang yang menggiurkan
Siapa sih yang tidak suka dengan sate, apalagi jika diolah dengan bumbu khas padang pasti rasanya semakin nikmat. Sate padang sedikit lain dan punya ciri khas pada saus kuning yang terbuat dari tepung beras dan kaldu jeroan. 
Rasa sausnya ini semakin pas di lidah karena dibuat dari kunyit, bawang putih, jahe, ketumbar, lengkuas dan kawan-kawannya. Walaupun rasanya enak, tidak disarankan untuk sering-sering memakannya sebab mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

3. Gulai itiak dengan rasa yang nendang
Itiak atau yang lebih kita kenal dengan nama bebek merupakan jenis unggas yang dagingnya banyak disukai. Meski proses pemasakannya yang lama, namun rasanya yang enak tidak menjadi alasan untuk tidak mencicipinya. 
Di Padang sendiri bebek biasa diolah dengan cara digulai. Mulanya daging bebek diiri tipis lalu dimasak bersama bumbu rempah yang telah disiapkan. Gulai padang sendiri mempunyai ciri khas rasa yang berbeda dengan beberapa gulai di daerah lain, yaitu rasa kuahnya yang sedikit pedas dan nendang di lidah.

4. Ikan balado yang menggoyang mulut
Padang juga dikenal dengan menu samabalo-nya yang khas pedas dan menggoyang mulut. Tidak salah jika sambalado juga dijadikan lagu yang menarik karena dapat menggoyang siapa saja yang mendengar.
Terlepas dari itu, menu ikan balado tidak boleh absen. Mendengar namanya saja rasanya ingin segera mengisi perut yang kelaparan dengan nasi yang menumpuk. Menu ikan balado sendiri tak hanya terkenal dalam negeri saja lo. Karena kelezatannya, makanan ini bahkan sudah dikenal sampai ke Malaysia serta Singapura.

5. Soto padang yang begitu menggugah selera
Soto merupakan menu yang cukup umum di Indonesia. Setiap kota pasti mempunyai menu soto khas dari daerah masing-masing. Sama halnya dengan Padang yang juga memiliki menu soto, namun tentu soto dari Padang punya ciri khas serta rasanya sendiri. 
Soto Padang terbuat dari daging sapi, namun yang dipergunakanan untuk membuat makanan ini sendiri merupakan daging yang berada di bagian dalam, sehingga daging pun memiliki kekenyalan yang pas, serta terasa empuk ketika digigit. Tidak dipungkiri jika rasa soto ini begitu menggugah siapa saja untuk menikmatinya. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top