Makanan Olahan Sagu yang Enak dan Membuat Ketagihan

Sagu sudah bukan lagi makanan khas masyarakat di timur sana. Di Jakarta pun sagu atau biasa disebut aci, sudah banyak dibuat makanan makanan ringan dan disantap oleh banyak masyaralat di Jakarta. Dengan memakan makanan olahan sagu, kita bisa mengganti sedikit demi sedikit ragam makan kita yang tadinya tergantung dengan nasi. Sifat sagu yang mengenyangkan membuat kita akan sedikit mengkonsumsi nasi. Yuk kita cek makanan-makanan olahan sagu berikut.

1. Cilok
Cilok  adalah singkatan dari aci dicolok. Cilok ini  berbentuk bulat-bulat dan di makan dengan cara di colok / ditusuk dengan lidi. Makan cilok biasanya enak dengan sedikit kuah, saus dan kecap. Cilok sekarang ini tidak semua nya di colok, ada yang memakan nya dengan menggunakan plastic, lalu ditambah dengan saus, bubuk cabe dan kecap.

2. Cimin / Cilor
Cimin (aci mini) / cilor (aci telor) adalah makanan yang dibuat dari aci / sagu bentuk kotak-kotak kecil, lalu digoreng yang di atasnya di tambah dengan telur kocok. Kemudian di taruh di plastik dan di tambah dengan bubuk cabe dan bubuk aneka rasa yang lain. Ada rasa barbeque, keju, pedas, dan masih banyak lagi.
3. Cireng
Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Cireng sekarang ada 2 macam. Ada yang dijual bersama dengan goring-gorengan lain seperti pisang goring, tempe goring, tahun goring dan lain-lain. Cireng ini hanya terdiri dari aci, dan ditambah dengan sedikit bumbu. Kemudian di goreng dengan bentuk yang random alias tidak beraturan.

Sedangkan cireng versi 1 lagi adalah cireng yang dibuat dengan berbagai bentuk. Aci dicampur dengan telur dan bahan lain kemudian dijadikan adonan. Adonan tersebut kemudian diisi dengan berbagai isi, ada keju, coklat, sosis, dan lain-lain. 
Cireng ini bentuk nya ada bentuk bintang, bulat, segitiga, hati, dan lain-lain. Bentuk yang seperti ini dan rasa yang unik semakin membuat nama cireng makin di sukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

4. Cenil
Cenil adalah makanan dengan tektur yang kenyal tetapi mudah di gigit, berwarna warni dan di taburi kelapa di atasnya. Cenil ini makanan khas dari Jawa Tengah. Dulu, orang tidak banyak yang makan nasi. 
 
Oleh karena itu makanan sejenis cenil banyak dijadikan makanan pengganti nasi. Dengan makan cenil walaupun hanya sebagai cemilan, namun memberikan rasa kenyang sehingga tidak terlalu banyak mengkonsumsi nasi.

5. Ongol – ongol
Ongol-ongol adalah makanan yang dibuat dari sagu dan gula jawa. Ketika memakan ongol-ongol ini, rasa gula jawa nya sangat terasa. Jadi yang kita rasakan adalah aroma manis dari gula jawa, di kombinasi dengan rasa gurih dari sagu nya. Plus topping kelapa di atasnya yang membuat rasa ongol-ongol menjadi jauh lebih gurih.

Jaman sekarang tidak banyak pedagang yang masih berdagang ongol-ongol. Oleh karena nya agak sulit menemukan ongol-ongol di tengah kota Jakarta, namun jika berminat, pergi lah ke Jakarta bagian pinggiran, disana masih banyak makanan-makanan tradisional yang sangat sayang jika tidak pernah mencobanya.

6. Pempek

Makanan khas Palembang ini juga sekarang banyak yang membuatnya menggunakan sagu. Tidak ada salahnya selama sagu yang digunakan masih dalam batas wajar dan ikan yang digunakan dalam resep ini juga ikan yang segar. 
Banyak kita menemui pempek di jalan-jalan di Jakarta. Pempek paling enak disantap dengan menyiramkan kuah cuka pedas. (DL)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top