Kudapan Berbuka Puasa Yang Menggugah Selera

Ramadhan sebentar lagi tiba. Berbagai hidangan khas berbuka puasa pasti sudah ada dalam pikiran kita. Kolak biji salak, es kelapa, gorengan dan banyak hidangan-hidangan lain yang tak kalah enaknya. Disini ada makanan khas berbuka puasa yang mungkin bisa jadi saran buat kamu yang nanti mungkin akan bingung mau beli apa.

1. Kolak biji salak
Kolak ini adalah kolak paling khas yang hanya terdapat dibulan Ramadhan. Kolak yang terbuat dari ubi yang dicampur dengan sagu dan diulen hingga kalis ini kemudian di rebus. Setelah mengambang, angkat dan ceburkan ke dalam kuah gula merah.
Kolak biji salak ini biasa disantap dengan tambahan santan atau terkadang bubur sumsum agar gurih. Pada umum nya kolak biji salak ini berbentuk bulat, namun di beberapa tempat ada yang menjualnya dengan merubah bentuknya menjadi oval atau bahkan persegi. 

Kolak biji salak dinamakan biji salak karena bentuk dan warnya nya yang memang seperti biji salak yang asli. Coklat dengan bentuk bulat dan kadang tidak beraturan.

2. Bubur candil
Bubur candil adalah bubur berwarna hijau yang dibuat dari tepung beras. Bubur ini di dalam nya terdapat candil candil atau bulatan dengan warna yang sama yang juga dibuat dari tepung beras. Bubur candil ini kental dan sangat mengenyangkan jika dijadikan kudapan berbuka puasa. 
Bubur candil ini biasa dimakan dengan mencampurkan nya dengan gula merah cair dan juga santan. Bubur candil ini rasanya guih, jadi biasa di makan untuk menemani minum tehh ketika berbuka puasa.

3. Es sarang burung
Es sarang burung adalah es yang terdiri dari parutan agar-agar berwarna warni, di berikan topping selasih dan buah kelengkeng di atasnya. Es sarang burung selain bisa dijadikan pelepas dahaga disaat bulan puasa karena rasanya yang manis, juga aman di konsumsi karena terbuat dari bahan-bahan rumah dan tanpa pengawet. Es sarang burung juga bisa dijadikan obat panas dalam karena selasih ampuh menjadi obat panas dalam.

Es sarang burung biasa disajikan dengan campuran es batu, santan dan susu kental manis agar rasanya lebih gurih dan manis seimbang.

4. Es manohara
Bagi kamu yang belum tau atau baru pertama kali mendengar nama ini, es manohara adalah seperti es buah namun di dalamnya terdapat agar agar lucu yang berbentuk unik. Ada yang berbentuk angka-angka, huruf-huruf, ada yang berbentuk muka smile, dan banyak lagi.

Es manohara ini dikenal karenai nama Manohara yang cantik jelita dan manis, seperti es ini, bentuk nya cantik, unik, dan manis. Sangat cocok untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadhan.
Es manohara ini biasanya dipadukan dengan agar-agar, disajikan dingin dengan es batu, di tambah sirup, santan dan susu kental manis untuk memperkuat rasanya. Es manohara ini juga sangat digemari anak-anak kecil karena selain rasanya yang manis yang disukai anak-anak,  juga karena bentuk nya.

5. Kolak pacar cina
Kolak pacar cina ini hanya terbuat dari pacar cina yang sudah direbus dengan menggunakan air gula agar manisnya meresap, ditambah dengan santan kental yang menambah gurih rasa dari kolak pacar cina tersebut.

Sajian kolak pacar cina ini seperti mutiara berwarna pink dengan santan yang membuatnya seperti susu putih semakin menggugah selera kita. Rasanya yang gurih berpadu dengan rasa gula nya yang manis cocok sekali untuk dijadikan kudapan berbuka puasa bersama keluarga. (dl)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top