Jangan Menyepelekan Shalat, Ini Manfaat Shalat yang Kamu Dapat!

Shalat adalah kegiatan paling romantis antara Hamba dengan Allah Swt. Bagaimana tidak, melalui shalat, kita dapat menyentuh-Nya, merasakan kasih sayang-Nya, bercerita dan berkeluh kesah tentang hidup tanpa takut rahasia kita terbongkar.

Shalat adalah ibadah paling menyenangkan dan menenangkan hati. Tidak ada manusia yang dapat mencapai ketenangan hidup kecuali ia sudah melaksanakan shalat dengan sepenuh hatinya. Hanya dengan mengingat-Nya hati kita menjadi tenang. 

Namun, apakah arti sebenarnya shalat ? Dan fadillah fadillah apa yang bisa kita dapatkan dari shalat? Shalat dalam bahasa diartikan dengan do’a. Dalam istilah isyra’ (agama) shalat ialah ibadah kepada Allah Swt dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam yang dilakukan enurut beberapa syarat tertentu.

Dari pengertian diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa shalat adalah satu bentuk ibadah kepada Allah Swt dengan cara melakukan beberapa gerakan dari takbiratul ikhram sampai dengan salam yang dipenuhi dengan doa di dalamnya.

Berikut fadilah (keutamaan) shalat: 

1. Mencegah perbuatan keji dan munkar
Kriminalitas di jaman sekarang ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang hatinya tidak tenang dan tidak puas akan keadaan yang sedang dialaminya. Semakin mengharapkan sesuatu dan tidak mendapatkan nya semakin membuat orang hanya berfikir pendek untuk menyelesaikan nya yaitu dengan melakukan perbuatan yang tidak dibenarkan dan melanggar hukum
Dengan rajin melaksanakan shalat, hati kita menjadi tenang dan semua permasalahan hidup yang kita alami akan menemukan jalan keluar  karena hati yang dipenuhi dengan bacaan shalat dan doa akan selalu tenang dalam memikirkan jalan keluar setiap masalah.
Dengan rajin berbincang dengan Allah Swt, kita tidak perlu takut tidak akan mendapatkan jalan keluar dalam hidup, Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. 

2. Sebagai obat dari segala penyakit
Pernah mendengar bahwa orang-orang dengan harapan hidup sudah hampir 0% tiba-tiba mendapat keajaiban ketika ada orang disampingnya yang memberinya semangat? Ini yang disebut dengan Kekuatan Sugesti. Terkadang, kekuatan batin seseorang lebih berpengaruh dibandingkan dengan kekuatan fisik.

Dan ada kasus dimana orang terkena penyakit karena terlalu banyak pikiran? Hatinya tidak tenang, selalu gelisah, selalu emosi. Orang-orang seperti ini adalah orang yang jarang berinteraksi dengan Tuhan nya. Mereka meluapkan emosi dengan cara selain berdoa, yaitu marah-marah. Penyakit mudah sekali datang, seperti darah tinggi.

Dengan hati yang tenang, pikiran yang jernih dan menyerahkan segala sesuatu nya kepada Allah Swt tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi dalam hidup. Cukup dengan melakukan yang terbaik, jalani hidup apa adanya, sisanya serahkan kepada Allah Swt.

3. Menghindari membuang waktu sia-sia
Allah paling membenci orang yang menyia-nyiakan sesuatu, termasuk waktu. Dengan terus mengerjakan shalat, maka tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia. Di tengah kesibukan yang dilakukan untuk urusan dunia, setiap ada waktu luang diluar waktu shalat wajib, hendaklah melakukan shalat sunnah. Pagi menjelang siang ada shalat duha yang bisa dikerjakan, dan masih banyak shalat sunnah yang bisa dikerjakan.

Dengan tidak menyia-nyiakan waktu, kita juga terhindar dari kegiatan yang tidak ada manfaatnya, misalnya bergosip. Waktu akan jauh lebih berarti, karena waktu yang sudah berlalu tidak akan pernah bisa kembali.

Jadi, untuk apa lagi kamu meninggalkan shalat guys? hehe.. 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top