Jangan Mandi Di Tiga Waktu Ini Jika Tidak Ingin Nyawamu Terancam

Mandi merupakan salah satu kegiatan rutin kita setiap hari. Dengan mandi tubuh akan terasa lebih segar, bersih dan tentu saja tubuh menjadi lebih harum. Kondisi tubuh seperti itu akan membawa dampak positif terhadap mood yang berakibat baik bagi kegiatan-kegiatan kita yang lainnya. Misalnya saja mandi di pagi hari sebelum beraktifitas, membuat rasa kantuk hilang dan lebih semangat, serta lebih percaya diri. Jika sebelum berangkat sekolah atau kerja kita tidak mandi terlebih dahulu, maka sudah pasti tubuh akan terasa lemas dan timbul rasa tidak percaya diri karena aroma tubuh yang tidak segar.
Pada umumnya kegiatan membersihkan tubuh ini dilakukan dua kali sehari, yaitu pada waktu pagi dan sore hari, bahkan terkadang bisa lebih dari dua kali. Namun, ternyata tidak semua waktu baik digunakan untuk mandi. Dalam islam ada tiga waktu yang dilarang untuk mandi, yang juga dibenarkan oleh para medis dunia yang telah melakukan penelitian mengenai hal itu. Tiga waktu yang dilarang untuk mandi itu adalah 30 menit setelah sholat ashar, setelah maghrib dan setelah waktu isya. Berikut penjelasan dari ketiga waktu tersebut:

1. 30 menit setelah ashar
30 menit setelah ashar adalah waktu dimana darah di dalam tubuh kita sedang panas. Jika kita mandi pada saat itu, maka dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah dan malas untuk melakukan aktifitas. Sebaiknya mandi sebelum masuk waktu ashar, yaitu sekitar pukul 3 sore, atau pukul 5 sore.

2. Setelah maghrib
Larangan mandi setelah sholat maghrib juga disebabkan kondisi tubuh kita. Pasalnya, pada waktu ini, tepatnya 18.00-19.00 jantung kita dalam kondisi lemah. Jika kita mandi pada waktu ini, dapat menyebabkan air masuk ke dalam paru-paru dan dapat menyebabkan kita terserang penyakit paru-paru basah.

3. Setelah isya
Penyebab waktu setelah isya (20.00-00.00) dilarang untuk kita mandi adalah pada saat ini adalah waktu dimana jantung kita sedang beristirahat. Maka apabila kita memaksakan diri untuk mandi pada waktu ini, dapat mengakibatkan kerusakan pada jantung kita. Penyakit lainnya, yaitu kita bisa diserang penyakit rematik. Ada baiknya mandi pada pukul 01.00-03.00 dini hari.

Nah, sudah tahu bukan waktu-waktu yang dilarang untuk mandi? Sebaiknya kita patuhi apa yang menjadi larangan tersebut. Karena dampak yang disebabkan olehnya sangat besar untuk kesehatan organ dalam tubuh kita. Bahkan resikonya dapat membahayakan nyawa kita.

Jika ada waktu yang dilarang untuk mandi, sudah pasti ada juga waktu yang dianjurkan untuk kita mandi. Tentunya, jika kita mandi pada waktu-waktu tersebut akan memberikan manfaat baik bagi tubuh kita. Waktu-waktu tersebut adalah:

1. Waktu ashar
Mandi pada waktu ashar dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh kita , sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

2. Waktu subuh
Mandi pada waktu subuh atau sebelum subuh sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena pada waktu ini ozon dalam air lebih tinggi, sehingga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan awet muda.

Mandilah sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan. Selain berdampak baik bagi kesehatan, mandi tepat waktu juga mengajarkan kita untuk mengelola waktu dengan baik. Mandi di waktu yang tepat membuat kegiatan lain yang kita kerjakan menjadi lebih tersusun dan tepat waktu. Jangan hanya karena terlambat mandi kita jadi terlambat berangkat ke sekolah atau ke tempat kerja. (NH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top