Inilah Ritual-ritual Unik yang Ada di Indonesia

Ritual sering diartikan sebagai kegiatan yang mengandung kekuatan gaib atau supernatural. Sebagian ritual mengandung sesuatu yang berbau mistis. Ritual-ritual unik bahkan terlihat menarik karena ada yang unik, lucu, seram dan tentunya tidak ada di wilayah lainnya. Berikut adalah ritual-ritual unik yang dapat kita simak dari seluruh Indonesia.

1. Ritual temanten kucing-Tulungagung
Ritual temanten kucing ini dirayakan hanya ada di Tulungagung-lebih tepatnya di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat. Ritual tersebut diawali dengan mempertemukan kedua mempelai kucing di pelaminan. Para wanita tua mulai melantunkan tembang jawa yang biasa disebut dengan tembang dolan. Tembang tersebut dinyanyikan seraya memegangi kedua tangan sepasang mempelai kucing tersebut. Setelah melakukan hal tesrsebut, para wanita tua inipun melemparkan buah pisang kepada ribuan warga. 
Saat mempertemukan kedua kucing dalam prosesi pernikahan, sesepuh desa mulai membaca doa-doa. Tradisi temanten kucing ini mulai dipopulerkan oleh Bapak Nugroho Agus, SE selaku Kepala Desa Pelem. Ambengan atau sesajian juga disuguhkan pada tempat pelaminan sepasang kucing. Asal sejarah temanten kucing ini berawal dari Eyang Sangkrah yang memandingkan kucing bernama condro mowo di sebuah telaga. Usai Eyang Sangkrah memandikannya, selanjutnya turunlah hujan sehingga. Itulah alasannya mengapa ritual temanten kucing ini diadakan. Warga biasa mengadakan ritual temanten kucing yang dipercaya dapat mendatangkan hujan.

2. Ritual Ma’nene-Toraja Utara
Jika kita menengok ke wilayah lain tepatnya di propinsi Sulawesi Selatan, terdapat ritual mengganti pakaian jenazah. Jenazah yang diganti pakaiannya merupakan jenazah yang dianggap leluhur bagi warga. Biasanya warga berkunjung ke Patane yang merupakan lokasi pekuburan leluhur mereka. Proses membersihkan jenazah yaitu dilakukan dengan cara menggunakan kuas. Jenazah yang sudah berusia ratusan tahun itu leluhur memang sudah diawetkan. 

Selanjutnya, jenazah dipakaikan setelan jas lengkap dengan dasi dan kacamata hitam. Tetua adat biasanya membacakan doa-doa ritual dalam bahasa Toraja sebelum membuka pintu kuburan. Warga biasa menyebut tetua adat dengan Ne’Tomina Lumba. Tujuan dilakukannya ritual ini yaitu sebagai perwujudan atas permohonan izin kepada leluhur agar setiap musim tanam hingga panen mendapatkan kerahmatan dan hasil panen yang berlimpah.

3. Ritual Geredoan-Banyuwangi
Ritual Geredoan asal Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki cara yang terbilang sangat unik dan lucu dalam pelaksanaannya. Ritual Gredoan biasanya diadakan di wilayah kecamatan Kabat dan kecamatan Rogojampi. Dalam pelaksananaanya, Geredoan diadakan bersamaan dengan perayaan Maulid Nabi SAW. Uniknya lagi, perayaan ritual Geredoan ini hanya boleh diikuti warga yang masih berstatus perjaka, perawan, duda ataupun janda. Biasanya, pihak wanita dan keluarganya menyiapkan aneka kue basah serta tumpeng yang dimasukkan ke dalam bangunan bambu. 

Sedangkan para pria yang berada di luar bangunan sesekali mengintip para perempuan melewati celah bangunan bambu tersebut. Jika salah satu pria yang berada di luar tersebut ada yang tertarik dengan wanita yang ia intip, pria tersebut biasanya meletakkan sebatang lidi ke dalam celah bangunan bambu. Mereka berdua dapat berbicara walaupun dibatasi sekat bangunan bambu. Jika si wanita tidak tertarik pada sang pria, maka batang lidinya akan dipatahkan sebagai simbol penolakan. Namun, apabila si wanita tertarik dengan si pria, maka ia akan membentuk lidinya mirip dengan daun waru sebagai simbol penerimaan cinta. Nah, mungkin ritual ini boleh dicoba bagi yang masih single hehehe......

Dari semua ritual-ritual unik di Indonesia tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kita harus menghargai setiap kebudayaan yang ada di Indonesia. Tapi, kita harus tetap berpegang teguh pada kekuatan Tuhan Yang Maha Esa. (Chandra W Hartato)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top