Icip-icip Kuliner Khas Betawi yang Menggugah Selera

DKI Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia. Sebagian besar warga Indonesia tinggal disini. Pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan-makanan ini. Masyarakat dari luar daerah pun makin lama makin suka dengan makanan khas betawi ini. Yuk check this out:

1. Kerak telor
Kerak telor adalah makanan yang masak nya menggunakan arang. Dengan menggunakan penggorengan sebagai tempat nya. Cara membuat kerak telor adalah dengan memasak berasketan, keringkan, jika sudah kering atasnya di beri topping seperti telur ayam / bebek, (sesuai selera), bawang goreng dan masih banyak lagi.
Sekarang ini sudah tidak mudah menemukan penjuak kerak telor. Kerak telor sekarang ini banyak dijual hanya momen momen tertentu. Misalnya Jakarta Fair atau Car Free Day. Sudah tidak banyak anak muda yang membuat kerak telor, banyakan dari mereka adalah orang-orang tua yang sudah berdagang kerak telor semenjak dulu.

2. Nasi uduk
Makanan ini pasti sudah sangat tidak asing bagi siapa saja yang tinggal di Jakarta. Setiap pagi di pinggir jalanan manapun sudah banyak yang menjual nasi uduk. Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan sebagai airnya.
Nasi uduk juga dimasak menggunakan daun pandan agar lebih wangi. Nasi uduk bisa disajikan dengan lalapan, telor dadar dan lauk lain sesuai selera.

Namun sekarang, nasi uduk sudah bisa disajikan dengan menu makanan apa saja. Di tempat-tempat jual makan dengan lauk apapun, sudah banyak disediakan nasi uduk.

3. Nasi ulam
Nasi ulam adalah nasi biasa yang diatasnya di taburi kelapa. Makan nasi ulam paling cocokdengan gorengan, lalap, sambal dan kerupuk. Nasi ulam biasanya dijual di tempat yang sama degan nasi uduk.

4. Ketupat sayur
Ketupat sayur adalah ketupat yang di potong kecil-kecil, dan di siram dengan sayur labu. Namun ketupat sayur bukan hanya milik DKI Jakarta saja,banyak daerah-daerah lain yang juga memiliki makanan khas berupa ketupat sayur. 
Yang penting konsep utama ketupat sayur adalah potongan ketupat disiram dengan kuah gurih bersantan.

Ketupat sayur betawi sering dimakan untuk sarapan. Biasanya dimakan bersama dengan semur, gorengan, dan lain-lain.

5. Gado-gado
Gado-gado adalah campuran dari berbagai sayur mayur dengan bumbu kacang yang diulek dengan air. Sayur-sayuran di gado-gado biasanya terdiri dari tauge, kacang panjang, tempe, tahu, labu siam, jagung, dan lain-lain. Isi sayur dari gado-gado ini tidak harus seperti itu. Tergantung dari permintaan.

Sekarang, gado-gaso sudah banyak di adaptasi untu makanan-makanan modern. Banyak gado-gado yang sudah di campur dengan bahan tambahan agar memiliki cita rasa yang lebih enak. Misalnya gado-gado dengan kacang mede. Orang Jakarta biasa memakan gado-gado bersama nasi atau lontong.

6. Ketoprak
Ketoprak tidak jauh-jauh dari gado-gado. Namun bedanya, kalau ketoprak hanya terdiri dari lontong, tauge, dan bihun. Tidak selengkap gado-gado. 

Namun sekarang ini pun ketoprak sudah mengalami perkembangan jaman. Sudah banyak di modifikasi, seperti menggunakan telur untuk makan bersama ketoprak agar rasa yang dihasilkan juga lebih enak.

7. Soto betawi
Soto betawi yang asli adalah kuah santan yang berisi daging sapi, tomat dan kentang. Namun sekarang ini soto betawi sudah banyak juga dimodifikasi. Ada yang menggunakan babat, ada yang menggunakan ayam, ada juga yang menggunakan mie.

Gimana guys, ada makanan yang belom pernah kamu coba kah ? kalo emang belom, cobain deh. Gampang kan nyari nya di sekeliling kamu. (dwinka)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top