Buah-buahan Unik dan Kaya Manfaat Khas Nusantara

Selama ini buah-buahan yang sering kita rasakan adalah buah-buahan yang didatangkan dari luar negeri. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan yang kita makan pada umumnya seperti: strawberry, orange, apel, melon dan buah-buah familiar lainnya. Namun, ketahuilah bahwa di nusantara ini ada beberapa buah-buahan unik yang mungkin belum kita ketahui. Berikut buah-buahan unik khas nusantara

1. Buah Kawis
Buah Kawis sepintas mirip dengan buah jeruk. Pohon dari buah yang memiliki nama latin Limonia Acidissima ini sangat tahan terhadap kondisi dan cuaca buruk. Kawista biasa dibudidayakan didaerah Jawa dan Nusa Tenggara. Jika buah jeruk ditanam dengan cara sambung dengan buah kawis, orang-orang biasa menyebutnya dengan buah kajer. Sebutan buah kbitsah atau kwisto banyak dijumpai di wilayah Madura. 
 
Di daerah NTB buah kawis digunakan sebagai buah pelengkap rujak terutama di wilayah Bima. Jika buah ini masih mentah, rasanya sangat kecut. Manfaat buah ini diantaranya adalah meningkatkan energi karena kandungan glukosa yang tinggi, menghentikan diare jika mengonsumsi buah kawis yang masih mentah serta sangat ampuh mengobati batuk.

2. Buah Gowok
Buah yang membawa kita ke masa nostalgia ini sudah jarang ditemukan di zaman sekarang. Gowok atau biasa disebut dengan Jamblang, Bisbul atau Kentang Jawa dahulunya diperdagangkan di seluruh Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Syzygium Cumini ini memiliki bentuk bulat tetapi sedikit gepeng, buah yang disebut dengan Kupa ini juga memiliki diameter 2 -3 cm. Warna ungu pada buah gowok ini semakin terlihat menarik dengan adanya warna putih pada daging buahnya.

Terkadang warna daging buahnya juga bewarna merah keunguan. Rasa Buah Gowok adalah manis kecut sedikit sepat. Biasanya buah Gowok digunakan sebagai bahan rujak atau pembuatan sirup. Kandungan kulit serta daun pada buah Gowok yang terdiri dari saponin dan flafonoida biasa dimanfaatkan sebagai obat sakit maag, gatal-gatal, kudis serta mentralkana kandungan alkohol yang membuat mabuk.

3. Buah Rukem
Buah Rukem merupakan buah khas nusantara berikutnya yang mungkin sulit ditemukan di zaman sekarang ini. Buah ini banyak hidup di wilayah Sumatera dan Pulau Bangka Belitung. Buah ini berukuran bulat kecil dengan warna ungu terang dan ungu gelap. Rukem yang masih hijau biasanya terasa sepat. Cara memakan buah ini terbilang cukup unik yaitu dengan dipijit-pijit dan diputar-putar dahulu sebelum memakannya.
 
Tujuannya adalah menghilangkan rasa sepat yang ada di dalam buah ini. Manfaat dari buah rukem adalah sebagai obat laternatif untuk penderita diare serta disentri. Selain itu, buah ini sangat aman untuk menyembuhkan diare karena tidak ada efek samping. Jadi, mengonsumsi herbal lebih baik daripada meminum obat berbahan sintetis bukan?

4. Buah Kenitu
Orang Jawa sering menyebutnya Buah Kernatu atau Buah Genitu. Buah yang mirip dengan Buah Apel ini sangat jarang ditemui apabila tidak pada musimnya. Chryaophyllum Cainito yang dijuluki sawo hijau ini memiliki kulit yang sangat lengket karena pengaruh getahnya. Walaupun begitu, rasa buah ini sangatlah lezat dan manis sehingga dapat diolah menjadi bahan dasar es krim. 
 
Nutrisi yang terkandung dalam Buah Kenitu sangat rendah kalori sehingga cocok sebagai camilan pengganti bagi kita yang ingin menjalani program diet. Kandungan serat alami sangat penting bagi tubuh kita yang biasanya membutuhkan serat sebanyak 25-28 per harinya. Buah ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kekuatan tulang dan gigi. (Chandra W hartato)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top