7 Kebiasaan Buruk Pemicu Jerawat Setia Menghuni Wajahmu

Jerawat dan wanita hampir tidak dapat dipisahkan. Setiap wanita pasti pernah mengalami masalah yang satu itu, baik dalam kadar besar, ataupun kecil. Walaupun sudah banyak cara yang dilakukan untuk terhindar dari jerawat, mulai dari perawatan dengan berbagai macam skincare, mengkonsumsi obat anti jerawat ataupun suplemen, menjaga pola makan, atau bahkan mengeluarkan biaya yang besar untuk perawatan pada dokter kulit. Namun terkadang, tetap saja masih ada jerawat yang masih setia menempel di wajah kamu. Akhirnya, Kamu hanya bisa menyalahkan produk yang kamu gunakan dan obat dokter yang kamu anggap tidak cocok dengan kamu.
Cobalah kamu perhatikan disekitar kamu. Perhatikan cara hidup kamu. Apakah kamu sudah menjalani hidup yang benar dan bersih? Karena faktor munculnya jerawat itu bukan hanya karena apa yang kamu konsumsi, skincare atau kosmetik apa yang kamu gunakan. Belum tentu juga disebabkan oleh hormon, yang selalu kamu hubungkan dengan munculnya jerawat. Namun, faktor timbulnya jerawat juga bisa disebabkan oleh cara hidup kamu. Mungkin tanpa kamu sadari banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, yang memicu jerawat untuk terus tumbuh di wajahmu. 

Mari kita simak kebiasan-kebiasaan buruk apa saja itu, sehingga bisa kamu catat dan pahami.

1. Malas mengganti sarung bantal
Hal ini mungkin terdengar biasa. Namun, ini sangat besar pengaruhnya terhadap kemunculan jerawat di wajahmu. Coba kamu bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di bantalmu jika tidak pernah dibersihkan, setidaknya selama sebulan. Bakteri itu kemudian menempel di wajah saat kamu sedang tidur semalaman, dan menyebabkan jerawat tumbuh di bagian pipi beberapa hari kemudian. Mulailah kebiasaan baik dengan rajin mengganti sarung bantalmu, setidaknya 2 minggu sekali. Atau lebih baik, jika diganti seminggu sekali.

2. Terlalu sering mencuci wajah
Demi mendapatkan wajah yang bersih seringkali kamu mencuci wajahmu dengan sabun pencuci wajah lebih sering dari yang seharusnya. Tahukah kamu? Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah tidak memberikan dampak baik bagi wajahmu. Justru sebaliknya, kulit wajahmu akan kehilangan minyak alami yang di produksi oleh wajah. Jika sudah begitu, wajah akan bekerja ekstra untuk menghasilkan minyak leih banyak lagi. Sehingga minyak yang berlebihan itulah yang memicu munculnya jerawat baru.  Mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah sebaiknya hanya dua kali sehari. Selebihnya kamu dapat mencuci wajahmu menggunakan air bersih biasa.

3. Menggunakan handuk yang multifungsi
Kadang kita merasa dengan membersihkan wajah menggunakan handuk yang juga digunakan untuk badan tidak akan menimbulkan masalah. Justru dengan melakukan kebiasaan ini terlalu sering bukan hanya dapat menimbulkan masalah jerawat, tetapi juga masalah kulit lainnya. Karena bisa saja akteri dari badan berpindah ke wajah melalui handuk yang kamu gunakan. Mulailah meruah kebiasaan buruk ini. Bersihkan wajah dengan handuk khusus yang juga harus sering diganti, atau kamu juga bisa menggunakan tisu wajah.

4. Tidur tidak teratur
Tidur tidak teratur atau terlalu sering begadang di malam hari, juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Karena pada saat kita tidur, kulit mengalami regenerasi. Sehingga jika waktu tidur kamu tidak teratur, maka dapat menganggu proses regenerasi kulitmu. Tidurlah yang cukup, agar tubuhmu dapat melakukan kerja dengan lebih baik dan teratur. Sehingga kamu terhindar dari jerawat dan penyakit lainnya.

5. Penggunaan handphone (HP) terlalu sering
Tanpa kamu sadari, terlalu lama menggunakan HP untuk menelpon dapat menyebabkan jerawat muncul di wajahmu. Bukan karena radiasi yang dihasilkan, tetapi dikarenakan kotoran yang terdapat pada HP kamu. Coba saja kamu ingat selama memiliki HP, seberapa sering kamu membersihkannya. Padahal HP merupakan salah satu barang yang selalu kamu bawa kemanapun kamu pergi. Sehingga banyak kotoran yang bersarang disana. Pada saat kamu menggunakannya, maka dengan mudah kotoran berpindah ke wajahmu. Bersihkanlah HP mu sesering mungkin, atau jika perlu gunakan handsfree pada saat menelpon.

6. Penggunaan shampo yang salah
Penggunaan shampo yang salah, maksudnya adalah bahan yang terdapat pada shampo yang kamu gunakan. Periksalah bahan yang terkandung pada shampo mu, apakah ada bahan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Karena ada beberapa bahan yang dapat menimbulkan jerawat pada beberapa kulit. Seperti ginseng yang digunakan untuk bahan shampo anti rontok.

7. Lupa membersihkan wajah sebelum tidur
Ini merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya. Setelah seharian beraktifitas dengan wajah dipenuhi makeup dan juga kotoran yang menempel, jika tidak langsung dibersihkan dapat menyumbat pori-pori wajah. Pori- pori yang tersumbat akan dengan mudah memicu tumbuhnya jerawat. Bukan hanya jerawa saja, penyakit kulit lainnya pun bisa muncul, bahkan kanker kulit. Karena kita tidak tahu kandungan apa yang terdapat pada makeup yang kita gunakan. Bisa saja ada beberapa bahan yang jika digunakan terlalu lama pada kulit wajah dapat menyebabkan kanker kulit. Mulai saat ini, selalu ingatkan dirimu untuk membersihkan wajah setelah pulang dari beraktifitas. Bersihkan dengan susu pembersih dan juga sabun pencuci wajah. Agar lebih maksimal.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari menjadi penyebab jerawat di wajahmu tidak pernah libur untuk bertamu. Mulai sekarang jauhilah semua kebiasaan itu sedikit demi sedikit. Semoga saja wajahmu dapat terbebas sepenuhnya dari makhluk kecil bernama jerawat. Ohya, beberapa kebiasaan diatas juga harus dihindari oleh pria jika ingin memiliki wajah yang bersih tanpa jerawat. (NH)

Kotak Seserahan


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top