5 Tempat Mempesona di Banyuwangi ini Tidak Kalah dengan Bali

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten terluas yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sendiri berbatasan dengan Situbondo dan menyimpan sejuta pesona akan keindahan destinasi wisatanya. Di kabupaten dengan beragam dataran ini terdapat rangkaian Dataran tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung. Selain itu di bagian selatannya ada perkebunan peninggalan Belanda, kawasan konservasi cagar alam, Taman Nasional Meru Betiri.

Untuk kamu yang menyukai berwisata di pantai, Banyuwangi merupakan pilihan yang tepat. Dari Surabaya menuju Banyuwangi, kamu bisa menempuhnya dengan dua jalur darat. Pertama dari jalur pantura yang membentang dari anyer menuju pelabuhan panarukan dan melewati Situbondo. Lainnya dari percabangan pantura, probolinggo, lumajang, lalu jember. Keduanya terdapat bus eksekutif atau ekonomi. Dan, lima tempat wisata ini akan membuatmu berpikir ulang serta bimbang begitu melihat panoramanya yang menakjubkan.

1. Teluk Biru
Ingin berkunjung ke pantai asri yang belum banyak dikunjungi wisatawan? Teluk Biru adalah pilihannya. Teluk yang juga dikenal denga nama Blue Bay ini memiliki keindahan bawah laut yang memukau dan tidak kalah keren dengan pulau Tabuhan. Teluk yang belum begitu dikenal ini semakin terjaga kebersihan serta kelestariannya karena ada sebuah komunitas pencinta alam.

Hal ini semakin nyata terlihat ketika mereka menanam fish apartement di lokasi Teluk. Meski ada komunitas alam, jika membawa snack atau minuman berbotol jangan sampai ditingal dan dibuang ke laut ya—bawalah kantong kresek dan dibuang di tempat yang tepat.

2. Pantai Sukamade
Pantai ini berjarak sekitar 100 km dari pusat kota Banyuwangi. Untuk kamu yang ingin melihat penyu secara langsung pantai ini wajib untuk disambangi. Pasalnya pantai yang terletak di Selatan Banyuwangi ini digunakan sebagai tempat penangkaran penyu. Meski rute menuju lokasi cukup menantang, jalanan terjal, dan lumayan jauh, namun semua akan terbalas tuntas begitu sampai di Pantai Sukamade.

3. Pulau Merah
Pantai yang dulu dikenal dengan nama Ringin Pitu ini memang begitu eksotis dan banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya ombak di pantai ini memiliki karakteristik yang menyerupai ombak yang ada di Pantai Kuta, Bali. Hal ini pula yang menjadikan Pantai Merah sebagai tujuan tempat berselancar. Selain itu banyaknya batu karang menjadikan pantai ini aman untuk peselancar yang masih pemula. Pulau ini sendiri terletak di Desa Sumberagaung, Kecamatan Pesanggaran.

4. Pantai Bama
Pantai Bama terletak di antara perbatasan Banyuwangi serta Situbondo. Pantai yang dikelilingi tumbuhan bakau ini merupakan destinasi yang masih asri untuk dikunjungi, selain itu terumbu karang di Pantai Bama terkenal indah. Selain keindahan bawah lautnya, pantai bama juga aman untuk bersnorkling karena ombaknya cukup tenang.

Lokasi pantai ini sendiri bersebelahan dengan Banyu putih, Situbondo. Maka tidak ada salahnya saat berlibur di Banyuwagi kamu ikut mampir ke lokasi tersebut karena letaknya yang berdekatan.

5. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung berlokasikan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sama seperti kebayakan pantai di Banyuwagi, ombak di pantai ini juga sangat cocok bagi peselancar, bahkan bagi yang sudah mahir sekalipun. Para turis mancanegara yang berwisata ke sini memberi julukan dengan nama G-Land.

Ini disebabkan karena bagi mereka Pantai Plengkung memiliki keindahan setara dengan Hawai. Jadi, pantai plengkung sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka berselancar dan menikmati debur ombak ditemai angin pantai. Dari sini bisa dilihat kalau Pantai yang ada di Banyuwangi benar-benar tidak kalah dengan yang ada di Bali. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top