5 Bakso ini Bakal Bikin Kamu Ngiler!

Siapa yang tidak kenal dengan bakso. Salah satu kuliner nusantara ini tentu sudah tidak asing lagi baik di telinga maupun di lidah. Tidak salah apabila bakso masuk dalam jajaran masakan terlezat selain rendang, nasi goreng, pempek, dan juga sate. Bakso sendiri terbuat dari daging yang digiling, ditambah rempah-rempah, lalu tepung tapioka. Saat ini bakso tidak hanya terbuat dari daging sapi, banyak olahan mulai dari daging ayam, ikan, hingga jamur diolah menjadi bakso.

Karena rasanya yang lezat tersebut bakso juga mulai dipasarkan lewat minimarket maupun supermarket. Bentuknya yang seperti bola pimpong menjadi ciri khas makanan tersebut. Dan, di tangan orang Indonesia yang kreatif bakso-bakso tersebut menjadi olahan unik dengan cita rasa yang tentunya menggugah selera. Bakso-bakso berikut patut kamu coba karena keunikannya.

1. Bakso comberan
Comberan? Mendengar kata tersebut pasti yang terlintas di pikiran adalah genangan air yang keruh dengan aroma tidak sedap. Namun bagaimana jika bakso tersebut dinamai bakso comberan? Jangan salah, bakso ini punya cita rasa unik karena dipadukan dengan kuah rawon. Karena warnanya yang hitam dan pekat tersebutlah kenapa dinamai demikian.

Selain isian bakso, bakso comberan sendiri juga ditambahi dengan tetelan daging. Pasti kebayang bagiamana rasanya menyesap tetelan berpadu kuah rawon yang lezat.

2. Bakso barbel
Bukan. Ini bukan bakso yang ketika menikmatinya harus pergi ke tempat fitnes atau harus mengangkat barbel terlebih dulu baru bisa memakannya. Bakso ini sendiri memiliki bentuk yang nyeleneh karena menyerupai barbel. Selain itu ada beberapa perabot yang menyerupai barbel, sehingga jika ingin menikmati sensasi makan rasa fitnes tinggal menambahkan sambal yang banyak dan pasti akan berkeringat. 

Hal ini sendiri juga tidak lepas dari pemiliknya yang ketika bernyanyi menggunakan mic serupa barbel. Ya, tepat sekali! Agung Hercules adalah pemilik warung bakso tersebut.

3. Bakso jingkrak
Bakso ini sendiri sama seperti pada umumnya, yang membuatnya spesial adalah pelayanannya karena dapat membuat laki-laki jingkrak-jingkrak. Bagaimana tidak, restaurant yang baru berdiri di jalan Danau Sunter Utara ini langsung heboh karena salah satu netizen mengunggah foto di restaurant tersebut.

Hal ini sendiri dikarenakan pelayan di tempat tersebut mengenakan baju mencolok berwarna oranye, serta terlihat semakin seksi dengan bawahan hanya sebatas paha. Jadi, buat kamu yang mempunyai cowok sebaiknya dijaga karena siapa tahu lirik-lirik pelayannya. Hehe.

4. Bakso penyet
Saat ini tidak hanya ayam, bebek, lele, tahu, serta tempe yang menjadi bahan penyetan. Bakso pun kini mulai digandrungi sebagai teman kudapan sambal serta lalapan tersebut. Prosesnya sendiri hampir serupa, setelah digoreng bakso dipotong atau dipenyet langsung di bawah sambal. Kudapan ini tentu semakin nikmat disambi lesehan dengan sepiring nasi hangat. Apalagi jika dinikmati di musim penghujan.

5. Bakso moncrot
Bakso unik yang terakhir ini patut dicoba. Bakso moncrot sendiri berbahan dasar daging pada umumnya, namun dibungkus dengan kulit tomat. Proses pembuatannya sendiri yaitu dengan menghilangkan isi tomat yang kemudian diganti dengan adonan daging, lalu dikukus.

Lalu di mana letak moncrotnya atau dalam bahasa Indonesia muncratnya? Karena tomat mengandung air, seorang pelanggan pernah memotong bakso dan mendapati air tomat tersebut muncrat ke bibirnya. Inilah kenapa dinamai bakso moncrot. Rasa bakso yang gurih dan lezat berpadu tomat segar dengan rasa sedikit masam akan menambah sensasi ketika memakannya. (Ko Chandra)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top