Usai Ujian Sekolah? Lakukan 6 Kegiatan Ini Saat Libur Panjangmu!

Liburan, bagi anak sekolah, khususnya kamu anak kelas dua belas yang baru saja menyelesaikan UAN (Ujian Akhir Nasional). Menjadi sesuatu yang sangat dinanti-nanti. Bagaimana tidak, selama satu semeseter terakhir atau bahkan selama satu tahun, waktumu dihabiskan hanya untuk belajar. Mulai dari mengikuti pelajaran tambahan di sekolah, les atau bimbel, belajar bersama teman, serta tryout. Tentu saja itu semua dilakukan untuk meraih sebuah tujuan: memperoleh hasil kelulusan yang memuaskan atau setidaknya impian sederhana sebagian dari kamu: lulus saja sudah sangat cukup.

Semua hal itu, sudah pasti menguras energi dan pikiran kamu. Waktu juga banyak dikorbankan, waktu bersama keluarga dan sahabat tidak lagi menjadi prioritas. Oleh karena itu, waktu kosong selama beberapa minggu ini, sambil menunggu hasil kelulusan yang akan diumumkan pada bulan mei nanti. Serta sebelum kamu melanjutkan perjuangan yang lebih berat lagi, ada baiknya kamu merehatkan diri sejenak. Namun, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan di rumah tanpa melakukan satu pun kegiatan. Isi waktu liburmu dengan melakukan beberapa kegiatan yang bermanfaat, yang menjadikan liburan kamu tidak sia-sia dan lebih menyenangkan. 

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan:

1. Berlibur bersama keluarga atau pun sahabat
Untuk kamu yang memiliki biaya cukup bisa berlibur ke tempat wisata di luar kota atau di kotamu saja, jika memang disana sudah terdapat wisata yang menarik, tidak ada salahnya liburan di dalam kota. Selain menghemat biaya, hal itu juga dapat menghemat tenaga dan waktu. Sedangkan jika kamu tidak memiliki biaya, rumah bisa dijadikan tempat liburan yang menyenangkan, undanglah sahabat ke rumahmu, masak bersama dan kemudian sulap halaman rumahmu menjadi taman liburan yang menyenangkan. Menghabiskan waktu dengan sahabat selama liburan ini akan sangat baik untuk hubungan kalian, karena nantinya setelah lulus akan sangat sulit untuk mengatur waktu bertemu. Masing-masing dari kalian akan menempuh jalan hidup yang berbeda sesuai dengan pilihan kalian.

2. Membaca buku
Bacalah buku bacaan apa saja, yang isinya ringan dan tidak terlalu memeras otak, seperti buku fiksi (novel atau cerpen). Selain memberikan hiburan, membaca buku akan melatih otak dan menambah wawasan. Jika tidak mampu membeli buku baru, kunjungi saja perpustakaan di daerahmu. Kamu akan menemukan beragam buku, tinggal pilih buku mana yang ingin kamu baca. Kamu juga bisa mencari buku mengenai jurusan yang akan kamu pilih untuk kuliah nantinya.

3. Menyiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk universitas
Setelah lulus SMA nantinya, tentu saja kamu ingin melanjutkan pendidikan di bangku universitas. Meskipun sekarang sudah banyak jalur masuk universitas tanpa melalui tes, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi tes. Kamu bisa mencari buku yang membahas soal-soal tes atau cari saja contoh soal di internet. Di sana dengan mudah kamu akan menemukan contoh soal dari tahun berapa pun. Hal ini juga memberikan manfaat bagi otak kamu, agar tidak mengalami ketumpulan, karena lama tidak digunakan untuk berpikir.

4. Mengunjungi kampus impian
Meskipun kepastian tentang diterima atau tidaknya kamu di kampus pilihanmu belum jelas, tetapi tidak ada salahnya kamu menyempatkan diri untuk berkunjung kesana. Hal ini memiliki banyak manfaat untukmu. Jika kelak kamu diterima di kampus impianmu itu, kamu tidak canggung lagi. Apalagi jika kampus itu kampus yang besar, dengan berkunjung terlebih dahulu kamu bisa mengetahui di gedung manakah nantinya kamu akan menghabiskan waktu kuliahmu. Kamu juga bisa melihat-lihat gedung-gedung penting lainnya, seperti perpustakaan, masjid, kantin, dan gedung lainnya.

5. Menjalankan hobi yang kamu sukai
Mungkin, selama beberapa bulan terkahir kamu seakan melupakan hobi mu. Mulai sekarang kamu bebas untuk melakukannya lagi. Sebagai remaja sudah pasti kamu memiliki banyak hobi. Misalnya saja bermain futsal, badminton atau bahkan menulis. Gunakanlah waktu liburmu ini untuk menjalankan hobi yang kamu sukai. Karena nanti saat kuliah, kamu mungkin saja tidak punya banyak waktu untuk melakukannya.

6. Mencoba hal baru
Selain menjalankan hobi, kamu juga bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Tentu saja hal-hal yang positif, seperti memasak, belajar menjahit, mendaki gunung, dll.

Jadi, bagi kamu yang masih bingung ingin melakukan kegiatan apa liburan ini. Enam kegiatan diatas bisa menjadi pilihan yang tepat. Liburanmu akan terasa menyenangkan. Selamat menikmati liburan dan jangan lupa berdoa untuk kelulusanmu tentunya. (NH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top