Tips Menghadapi Teman Muka Dua

"PUNYA TEMEN KERJA MUKA DUA ? KASIH AJA SATU MUKA NYA KE TEMEN YANG SUKA CARI MUKA"

Mungkin meme meme seperti itu sudah sering sekali kita dengar. Punya temen kerja, yang satu muka dua, yang satu suka cari muka. Tapi yah begitulah dunia kerja. Tapi jangan sampe kita terjebak atau pun menjadi salah satu dari keduanya. Terus kita harus bagimana kalau punya temen yang kayak gitu ? Ini dia solusinya !

1. Jangan curhat macem – macem
Ini mungkin rada susah buat cewek, apalagi kalo kita awalnya gatau kalo dia muka dua, ataupun tukang cari muka. Tips disini, kenali dulu dengan baik temen kita sebelum curhat. Biasanya kita akan dengar-danger dari orang kalo dia anu atau si anu orangnya muka dua, nah kalo kita denger kayak gini juga jangan langsung percaya. Bisa aja yang ngasih tau justru yang muka dua. Karna orang pura-pura baik jauh lebih menyeramkan dari pada orang yang jahat sekalian.
Lebih baik kita curhat dengan orang yang ga ada hubungan nya dengan kerjaan kalo emang ragu. Bisa curhat sama pacar, atau curhat sama sahabat sekolah jauh lebih aman. Apalagi kalo kita mau curhat tentang sesuatu yang bisa dibilang masalah kita yang rahasia atau bisa jadi aib kita.
Atau lebih baik lagi kita cerita sama Tuhan, Dia akan jauh lebih mendengar, gak bocor dan lebih menjamin untuk memberi jalan keluar.

2. Jangan mau nanggepin dengan jelek-jelekin orang kalo dia lagi curhat
Ini yang biasanya dilakuin sama ‘uler’ di kantor. Jelekin si A didepan si B, jelekin si B didepan si A. Besoknya si A sama si B brantem, dia akan hadir sebagai malaikat yang gak bersalah dan justru jadi penengah diantara berantem nya si A dan si B. Udah banyak yang kayak gini, jangan heran guyssss !
Nih tips nya adalah kalo ada yang jelekin si A di depan kamu, kamu cukup iya iya aja, jangan di tambah-tambahain dengan ‘iya dia emang gitu bla bla bla’. Aduh kalo kamu kayak gini jadi sasaran empuk banget buat dia. Yang ada kalo dia lagi ada masalah sama kamu, kamu yang abis di jelek-jelekin sama dia.

3. Apapun yang kamu gak suka dari sikap orang lain, bicarakan langsung 
Jangan melalui orang lain Kalau kamu tidak suka sama seseorang perihal kerjaan maupun personality, bicara langsung sama orang yang bersangkutan, diskusi sama dia enaknya dan baiknya seperti apa, jangan kamu malah bicarakan dengan orang lain.
Cara ini selain dapat membuat orang lain merasa lebih dihargai dan diperhatikan, kamu juga sangat meminimalisir tersebar fitnah yang justru akan merugikan orang lain.

4. Main sama siapa aja, jangan batesin temenan di kantor
Dari atasan, teman sejajar maupun jabatan yang lebih rendah dari kamu, kamu gak punya hak sama sekali untuk beda-bedain orang. Semua nya sama. Bahkan dengan si ‘ular’ pun kamu harus bersikap baik, bukan baik yang berlebihan, tapi sekedar say hello dan mengenal  ataupun basa basi sedikit bisa membuat kamu dikenal sebagai orang yang ramah dan berteman dengan siapa saja. Si ‘ular’ bisa saja membicarakan mu di depan orang lain, namun jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan teman kerja yang lain, kemungkinan besar kamu justru akan tahu bahwa dia membicarakanmu dari teman mu. Ini akan sangat berguna untuk kamu menialai mana yang benar-benar tulus dan mana yang hanya akan membuat mu terpuruk.

So guys, gausah takut sama ‘ular’ yang mulutnya bercabang dan berbisa. Dengan tetap bersikap baik sama siapapun, kamu gak akan ketularan jadi ‘ular’ kok. Keep going 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top