Tips Melampiaskan Amarah tanpa Mengganggu Orang Lain

Rasa marah kerap kali timbul saat permasalahan datang tak henti-hentinya di sekitar kita. Mereka mengungkapkan perasaan marah dengan cara yang berbeda-beda. Ada pula yang diam walaupun dengan hati kesal, ada yang emosional bahkan ada pula yang menyelesaikan permasalahan dengan bunuh diri. Aduh, jangan sampai terjadi ya..! Ada banyak cara untuk melampiaskan kemarahan yang positif agar tidak menganggu diri sendiri dan orang lain. Inilah tips melampiaskan perasaan amarah tanpa mengganggu orang lain.


1. Menulis buku diary
Tenggelamnya kebiasaan menulis buku diary sekarang ini tergeser oleh hadirnya sosial media. Menulis diary adalah cara yang paling efektif untuk mengungkapkan semua perasaan yang terpendam daripada menulis status aneh-aneh di sosial media. Memang, tidak ada salahnya curhat di sosial media tetapi apa kalian tidak malu perasaan kalian diketahui oleh banyak orang? Kalau yang komen positif pasti menyenangkan. Tapi, kalau ada yang komen negatif pasti kemarahanmu akan makin menjadi-jadi. Menulislah di buku diary dengan tambahan gambar-gambar lucu yang membuat moodmu tenang. Jika kamu memang sangat marah, coret-coretlah di buku diary sampai puas, tutup diary mu sebentar dan bernafaslah lebih panjang. Buang emosimu sesaat kemudian bacalah isi buku diary mu kembali ! Kamu pasti tersenyum sendiri melihat hasil karyamu.

2. Mandi air hangat
Jangan berpikiran kalau mandi air hangat itu kegiatan manja dan lebay. Tak ada salahnya sekali-kali memanjakan diri jika pikiran kalian sedang stress. Siapkan air dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tambahkan ektrak tanaman atau bunga untuk menambah aroma yang menenangkan pikiran. Buang pikiran negatifmu sementara waktu dan berusahalah untuk rileks. Bayangkanlah mandi di suatu tempat yang indah dan memiliki pemandangan yang bagus. Dengan cara seperti itu kamu bisa sedikit lebih tenang walaupun masalah yang kamu hadapi belum sepenuhnya tuntas. Tapi, setidaknya kamu menemukan solusi yang pas untuk mengendalikan emosi.

3. Curhat pada Tuhan
Beribadah atau berdzikir dalam agama Islam adalah cara tepat untuk meredakan emosi yang tak terkendali. Jika kamu merasa tidak ada orang lain yang bisa membantu memecahkan solusimu, kamu bisa curhat pada Tuhan. Semua masalah yang kamu alami tidak terlepas dari rencana Tuhan. Jadi, kamu harus yakin bahwa yang bisa memberikan solusi adalah Tuhan. Keyakinanmu pada Tuhan merupakan bentuk wujud dari keimananmu. Tuhan pasti akan memberikan jalan karena masalah yang kamu terima tidak mungkin melebihi batas kemampuanmu. 

4. Jalan-jalan ke tempat sejuk
Kamu bisa berjalan-jalan sebentar ke tempat sejuk di sekitar rumahmu. Jika kamu tinggal di kota, kamu bisa berjalan-jalan ke taman kota atau ke hutan buatan yang biasa disiapkan oleh pemerintah setempat. Agar tidak bosan saat sampai di sana, kamu bisa merencanakan kegiatan sebelumnya seperti: membawa kamera untuk berfoto, menulis blog, melukis objek yang menarik atau sekedar berolahraga kecil. Supaya bisa lebih rileks, kamu bisa berjalan-jalan di taman kota sambil mendengarkan instrument lagu yang menenangkan pikiran. Jangan terlalu keras saat membesarkan volume musik lewat headsheet karena hal itu akan berakibat buruk pada kesehatan telingamu. Usahakan kamu masih bisa menikmati segala kesejukan yang ada di sekitar taman.

Lakukan kegiatan-kegiatan tersebut agar pikiranmu bisa lebih tenang dan sedikit lebih rileks. Jika kamu ingin menangis, maka menangislah dengan berserah diri kepada Tuhan. Setiap orang boleh emosi asalkan emosi itu bisa dilampiaskan secara positif dengan cara melakukan tips-tips seperti ini. (Chandra W)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top