Wajibkah Memberikan Seserahan dalam Pernikahan ? Ini Jawabannya

Pernikahan merupakan salah satu fase terpenting dalam kehidupan manusia. Agar momen itu menjadi bermakna maka banyak para calon pengantin mempersiapkan pernikahan mereka secara maksimal. Mulai dari perencanaan, konsep pernikahan, sampai hal-hal kecil sekalipun.

Bagi kita anak muda barangkali belum berpikir jauh mengenai pernikahan. Apalagi yang belum menemukan pasangan hehe. Sebab, banyak juga yang santai menjawab seperti ‘Ah, nanti sudah pada waktunya tiba sendiri’. Saat sekarang ini, pernikahan ternyata bukanlah hanya menyangkut persoalan sakral, budaya, adat, tetapi juga menyangkut kreatifitas. 

Misalnya saja salah satu tradisi, yaitu hantaran atau seserahan. Mas kawin dan hantaran merupakan dua hal yang berbeda. Mas kawin merupakan kewajiban calon suami untuk memberikan sesuatu kepada calon istri yang hukumnya wajib, biasanya uang atau benda bernilai lainnya. Sedangkan hantaran lebih bersifat hadiah yang diberikan oleh calon suami pada calon istri. Karena sifatnya hadiah dan hukumnya tidak wajib tentulah hantaran boleh diberi atau tidak. Tetapi, karena pernikahan adalah momen yang tidak akan dilupakan seumur hidup tentu sebagai calon pengantin kita ingin memberikan yang terbaik.


Bayangkan, sebelum menikah saja sudah banyak laki-laki yang memberikan hadiah buat kekasih hatinya. Eh, masa waktu akan menikah nggak kasih hantaran sebagai hadiah. Lucu dan anehkan jadinya. Ketika masih pedekate kamu bela-belain ngasih hadiah yang terbaik, mulai dari isinya sampai sampul luar berupa bungkus kado yang paling indah dan mahal. Bahkan tidak jarang, justru harga bungkus kado terkadang lebih mahal dibandingkan isi atau hadiah itu sendiri. Maka ketika hendak menikah kamu hanya memberikan hadiah yang biasa saja, Oww lucu sekali rasanya. Jangan sampai salah momen.

Justru, ketika hantaran atau seserahan itulah sebaiknya kamu sebagai calon suami memberikan yang terbaik, baik dari segi isi dan tampilan luarnya. Untuk isi hantaran, biasanya setiap budaya dan daerah memiliki jenis benda-benda sendiri sebagai isi hantaran. Selain itu, biasanya setiap pemberian mengandung makna tertentu.

Untuk tampilan luar, tempat, atau pembungkus, biasanya lebih merupakan sebuah kreatifitas dari pemberi. Yah, tetapi jika kamu tidak punya jiwa kreatifitas atau tidak punya waktu alias sibuk bukan berarti kamu tidak bisa memberikan yang terbaik, sebab sekarang telah banyak jasa-jasa yang melayani, menyediakan, dan mempersiapkan hantaran. Banyak jasa kotak hantaran atau kotak seserahan yang dapat kamu pakai jasanya.

Berikut beberapa tips untuk memakai jasa kotak hantaran:

1. Jelajahi dunia maya atau cari informasi untuk mengetahui jasa kotak hantaran. 
Jika kamu seorang calon suami yang awam terhadap bentuk hantaran dan tampilan luarnya yang berupa kotak hantaran, kamu dapat melihat beberapa blog di media online. Apalagi sekarang sudah eranya dunia maya, jadi kamu dapat menelusuri lebih jauh cukup melalui media online. 

2. Carilah jasa yang paling memberikan hasil terbaik. 
Jika kamu telah menemukan beberapa jasa maka pilihlah jasa yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan kamu sebagai konsumen. Biasanya jasa-jasa tersebut memiliki trik-trik tersendiri untuk menarik kamu sebagai pelanggan, seperti bahasa persuasif (ajakan) yang digunakan, beberapa contoh gambar bentuk kotak hantaran atau kotak seserahan yang menarik, dan transparansi harga yang terjangkau.

3. Menghubungi jasa tersebut. 
Jika kamu telah menetapkan hati pada sebuah jasa kotak hantaran maka cobalah berkomunikasi dengan pihak pemberi jasa tersebut dengan cara menghubungi kontak yang ada, baik berupa nomor telepon, email, atau beberapa alamat lainnya.

4. Komunikasikanlah mengenai konsep yang kamu inginkan. 
Barangkali kamu memiliki konsep tersendiri mengenai kotak hantaran, tetapi kamu tidak bisa membuatnya maka disitulah kamu dapat berkomunikasi dengan penyedia jasa tersebut. Kamu dapat berkomunikasi dengan pemilik jasa mengenai konsep yang ditawarkan atau konsep yang hendak kamu inginkan, dan sampai proses-proses selanjutnya, mengenai harga, lama waktu pemesanan, dan cara pengiriman pembayaran dan paket tersebut.

Jadi, jika kamu telah mengetahui perihal mengenai kotak hantaran, tidak ada lagi alasan buat kamu untuk menunda pernikahan karena belum ada persiapan. Sebab, telah banyak jasa-jasa yang dapat membantu kamu untuk mempersiapkan acara pernikahan kamu sesuai dengan yang kamu harapkan.  (Luh Sumilir)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top