Konsumsi Makanan ini, Basmi Racun Tubuh Anda

Proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh dalam medis disebut sebagai detoksifikasi. Rutinitas yang dijalani sehari-hari membuat tubuh menjadi kurang mendapat perhatian. Makan-makanan cepat saji (fast food) dan jarang berolahraga menjadi gaya hidup yang sudah sangat lumrah di jaman serba sibuk seperti ini.

Namun jika hal itu terus dibiarkan, efeknya akan berbahaya di kemudian hari dalam jangka waktu yang panjang. Melakukan detoksifikasi dan memberikan waktu sedikit untuk tubuh tidak pernah ada salahnya.

Namun jika rutinitas tetap menghimpit kita dan tidak sama sekali mempunyai waktu luang, makanan makanan sederhana dan banyak ditemui di sekitar kita mungkin bisa menjadi alternatif untuk memberikan tubuh sedikit perhatian. 

Berikut contoh makanan yang dapat anda gunakan untuk detoksifikasi dan sangat mudah ditemui sehari-hari. 

1. Buah jeruk
Buah jeruk adalah buah dengan vitamin C yang sangat kaya. Selain vitamin C, buah jeruk juga banyak mengandung antioksidan. Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang paling banyak mengandung antioksidan dan menjadi penawar racun. Minum air putih setiap bangun tidur dengan menambahkan perasan jeruk nipis menjadi alternatif detoksifikasi yang sangat baik dan tidak membutuhkan banyak waktu. 

Selain mengeluarkan racun, meminum air putih dicampur dengan perasan jeruk nipis juga menjadi alternatif untuk yang ingin menjalani diet karena dapat melunturkan lemak.

2. Apel
Buah yang satu ini mengandung asam malat dan asam tartaric, yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membersihkan hati. Apel juga mengandung fruktosa (gula alami) sehingga tidak berbahaya bagi penderita diabetes maupun yang sedang menjalani diet. Makan 1 buah apel 1-2 jam sebelum makan nasi sangat membantu membuang racun dalam tubuh. Dengan memakan buah apel sebelum makan, tubuh akan lebih cepat kenyang dibanding jika kita hanya mengkonsumsi makanan berat saja. Hal ini membuat pencernaan jauh lebih sehat sehingga memungkinkan racun yang ada di dalam tubuh lebih mudah keluar.

3. Wortel
Jenis sayuran yang kayak akan vitamin A ini berkhasiat membersihkan, memberi gizi, dan menstimulasi tubuh secara keseluruhan. Mengkonsumsi wortel ukuran sedang setiap hari dapat mengurangi resiko kanker paru-paru hingga 50%. 

4. Air Putih
Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa airputih adalah minuman yang paling wajib dikonsumsi untuk dan dalam keadaan apapun.  Mengkonsumsi air 8 gelas atau 2 liter sehari akan membuat kita terhindar dari dehidrasi dan melancarkan saluran pencernaan. Air putih bersifat sebagai pengganti sel sel yang rusak di dalam tubuh. Tubuh kita hampir seluruhnya terdiri dari air, oleh karena itu detoksifikasi sangat memerlukan air untuk proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

5. Kaldu sayuran
Kaldu yang digunakan dalam proses detoksifikasi adalah kaldu sayuran. Kaldu yang dijual biasanya berkadar garam tinggi, oleh karena itu sebaiknya kaldu tersebut tidak di konsumsi dalam proses detoksifikasi. Membuat kaldu sayuran sama saja dengan membuat kaldu dari daging ayam atau sapi, hanya tinggal mengganti bahan nya saja. Bahan yang biasanya dipakai dalam kaldu sayuran ini adalah wortel, kentang, seledri, bawang putih, thyme, daun salam, dan beberapa batang peterseli. Dan juga memiliki tambahan sedikit minyak bunga matahari juga lada hitam yang dihaluskan. 
Kaldu ini bisa digunakan untuk melezatkan makanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jadi, untuk melakukan detoksifikasi tidak selalu harus meluangkan waktu yang banyak dan mengeluarkan modal yang besar. Dengan menjaga pola makan yang sehat, teratur dan disiplin kita juga dapat melakukan detoksifikasi di tengah kesibukan dan dengan budget yang  terjangkau. (Dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top