Cara Unik dan Ekonomis Membasmi Limbah Sampah

Sampah. Jika mendengarkata itu, satu hal yang terlintas di benak kita adalah kotor, bau, menjijikan, dan lain-lain. Bukan hal baru lagi bagi kita untuk terus menerus digalakkan mengenai pendaur ulangan sampah agar tidak merusak lingkungan. Namun, tidak sedikit juga orang yang sama sekali tidak perduli akan lingkungan nya sendiri hingga mengabaikan sampah sampah tersebut.

Mendaur ulang sampah memerlukan modal yang tidak sedikit. Kita perlu mengumpulkan sampah, mengolahnya menjadi bahan terpakai dan lain-lain. Bukan hanya memerlukan modal, tapi juga memerlukan waktu dan tenaga. Lalu, bagi kita orang biasa yang tidak memiliki modal dan banyak waktu untuk memikirkan sampah, tapi ingin menjadikan lingkungan menjadi lebih bersih bagaimana? 

Berikut akan diuraikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sampah dengan cara ekonomis.

1. Buat daftar belanja.
Banyak sampah disebabkan karna banyak mengkonsumsi, baik itu makanan maupun produk lain. Dengan membuat daftar belanja makanan, mempertimbangkan apa yang benar-benar penting kita bisa berhemat pengeluaran ditambah bisa meminimalisir sampah yang nantinya akan dihasilkan dari konsumsi kita. Misalnya kita bisa membuat sayur sop dengan bahan-bahan atau isi yang memang akan kita makan. Banyak di kalangan rumah tangga, membuat sayur dengan segala isi yang sama dengan yang ada di resep padahal belum tentu satu keluarga suka memakan nya yang akhirnya hanya menjadi sampah. Selain akan meminimalisir sampah, menggunakan daftar belanja ini juga akan menghemat pengeluaran.

2. Saling memberi 
Khusus yang memiliki binatang peliharaan, setiap sisa makanan bisa diberikan kepada binatang peliharaan terutama kucing. Kucing yang sudah dipelihara dari kecil biasanya akan memakan makanan apapun yang dimakan oleh pemeliharanya. Jadi kita bisa berhemat untuk membeli makanan kucing dan juga sangat mengurangi sampah sisa makanan.

3. Memanfaatkan botol minuman ataupun kaleng
Banyak jaman sekarang minuman dalam bentuk botol plastik dan kaleng. Dengan memanfaatkan kaleng bekas dan botol plastik bekas untuk sesuatu yang lebih berguna, kita bisa meminimalisir sampah dan menghemat pengeluaran. Misalnya botol atau kaleng bekas bisa digunting kepalanya dan badan botolnya bisa dipakai sebagai tempat pensil meja. Dengan begini, pengeluaran kita untuk membeli tempat pensil bisa berkurang dan sampah botol pun bisa berkurang. 

Botol atau kaleng bekas bisa digunakan sebagai tempat garam, gula dan lain-lain di dapur. Cuci dan bersihkan bekas kaleng dan botol plastik, lalu isikan gula atau garam di dalamnya. Dengan begini, sampah plastik dan kaleng bekas tidak ada dan juga bisa memiliki tempat garam dan gula yang rapih di dapur

4. Jika tidak mendesak sekali, minum dengan air yang dibeli dengan galon, bukan botol plastik.
Kondisi mendesak disini di artikan bahwa kamu sedang dalam perjalanan jauh dan mengharuskan menggunakan botol plastik untuk minum. Membeli air minum dari galon sangat meminimalisir penggunaan botol plastik dan jauh lebih hemat. 

5. Membuang limbah buah dan sayur dengan cara mengubur di tanah
Jika terpaksa sekali memang harus dibuang, limbah sayur dan buah bisa dibuang dengan cara menguburnya. Limbah buah dan sayur adalah limbah yang mudah terurai di tanah, oleh karena itu dengan membuangnya dengan cara mengubur, limbah buah dan sayur bisa juga menambah kesuburan tanah. Dengan cara seperti ini, kita bisa menghemat biaya untuk membeli pupuk dan bisa meminimalisir sampah yang akan dihasilkan dari limbah sayur dan buah. (Dwinta)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top