Cara Alami Memerahkan Bibir yang Hitam

Bagi wanita bibir merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Pada umumnya wanita akan merasa lebih percaya diri jika memiliki bibir yang sehat serta merah, dan jika tidak, tentu saja akan menjadi masalah besar bagi wanita. Banyak cara yang dilakukan wanita agar bibir mereka terlihat merah dan segar. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan lipstik, lipglos atau sejenisnya. Tanpa disadari justru penggunaan lipstik secara terus menerus dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan kering.

Faktor lain dari menghitamnya bibir Anda adalah kebiasaan merokok, terpapar sinar matahari terlalu sering (lama) atau memang Anda termasuk dari wanita yang memiliki bibir hitam sejak awal. Banyak cara alami yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, cukup dengan menggunakan bahan-bahan di dapur, misalnya madu, minyak zaitun, jeruk nipis, alpukat dan bubuk kunyit. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan dengan beberapa bahan dapur tersebut:


1. Madu
Ternyata madu juga dapat membantu Anda untuk memperoleh bibir merah dan segar. Caranya sangat mudah, Anda hanya butuh sedikit madu, kira-kira ½ sendoh teh. Oleskan madu dengan lembut keseluruh bibir Anda, sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian bersihkan bibir dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan madu sebelum tidur dan biarkan sampai esok paginya. Namun, Anda harus pastikan madu yang Anda gunakan asli.

2. Minyak zaitun dan alpukat
Vitamin E yang terkandung di dalam buah alpukat dan minyak zaitun mampu memberikan kelembapan pada bibir Anda yang kering. Caranya dengan menggunakan sedikit saja buah alpukat yang sudah dihaluskan, sekitar 1 sendok makan dan dicampur dengan 2-3 tetes minyak zaitun. Campur keduanya hingga rata, kemudian aplikasikan pada bibir Anda yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air bersih.
3. Jeruk nipis
Kemampuan jeruk untuk mencerahkan kulit, ternyata juga dapat dimanfaatkan ntuk mencerahkan bibir. Peraslah air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan, agar saat diaplikasikan di bibir tidak membuat bibir terasa perih campurkan air perasan juk nipis tersebut dengan 1 sendok makan air hangat. Campurkan keduanya, kemudian oleskan pada bibir dengan perlahan. Biarkan selama 10 menit. Bilas menggunakan air hangat atau air biasa.

4. Bubuk kunyit
Kunyit memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan menghilangkan bekas luka dengan cepat. Untuk penggunaannya pada bibir, cukup gunakan 1 sendok teh bubuk kunyit. Agar hasilnya lebih maksimal dapat dicampurkan dengan satu sendok teh susu. Gunakan bubuk kunyit asli (tidak dicampur dengan pewarna) dan susu cair plain (tanpa rasa). Campur bubuk kunyit dan susu, aduk rata. Kemudian oleskan pada bibir dan biarkan selama 5-10 menit. Bilas menggunakan ar bersih.
Beberapa cara diatas dapat Anda lakukan dalam waktu yang cukup lama meskipun telah memperoleh hasil, karena bahan yang digunakan termasuk bahan alami, sehingga tidak akan menimbulkan efek yang buruk. Hanya saja, untuk beberapa orang mungkin bahan-bahan diatas dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum digunakan bahan di tes terlebih dahulu pada bagian kulit lain atau dioleskan sedikit saja pada bibir Anda.
Selain cara-cara diatas Anda tetap saja harus menjaga kesehatan bibir Anda dari dalam. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga minum air putih lebih banyak dari yang biasa Anda minum. Hindarilah kebiasaan tidak baik, seperti merokok, minum minuman bersoda, jangan pernah lupa untuk membersihkan bibir sebelum tidur dan jika mungkin hindari paparan sinar matahari secara berlebihan. (NH)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top