Wanita ini berubah drastis Setelah Melakukan Hal Ini!

Assalamu’alaikum bidadari-bidadari dunia..
Bagaimana kabar dirimu?? Bagaimana kabar hatimu? Bagaimana kabar imanmu??
Pertanyaan mendasar mungkin selalu terlintas dipikiran kita sebagai wanita muslimah, bolehkah kita mempercantik diri?
Lantas, bagaimanakah sebenarnya Islam memandang dan mengatur muslimah dalam merawat dirinya?

Sebagian kita mungkin berpendapat, bahwa wanita muslimah tak perlu mempercantik dan merawat diri, karena Allah melarang muslimah untuk tabarruj. Imam asy-Syaukani berkata, “At-Tabarruj adalah dengan seorang wanita menampakkan sebagian dari perhiasan dan kecantikannya yang (seharusnya) wajib untuk ditutupinya, yang mana dapat memancing syahwat (hasrat) laki-laki” (Fathul Qadiir karya asy- Syaukani). Sebagian yang lain berpendapat, bahwa kita (read: muslimah) harus mengikuti mode dan perkembangan zaman, kita harus mengikuti arus trend di era globalisai yang kian pesat ini.

Bagaimana sih sebenarnya muslimah dalam mempercantik diri menurut Islam??

Muslimah.. disini saya akan membahas cara muslimah mempercantik diri baik dari dalam maupun dari luar. Pertama, saya akan membahas  bagaimana sih sebenarnya cara muslimah mempercantik diri sesuai ajaran Islam dari luar?? Berikut tips cara muslimah mempercantik diri dari luar:

  1. Sebelum kita membeli sebuah produk kecantikan, nah kita harus tahu dulu jenis kulit yang kita miliki. Sebab dan tentu saja tiap diri kita memiliki variasi kulit yang berbeda. Manusia memiliki tiga jenis kulit yaitu normal, kering dan berminyak.
  2. Nah setelah kita mengetahui jenis kulit yang kita miliki, langkah selanjutnya yaitu memilih produk kecantikan kulit yang sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Nah, sebagai seorang muslimah, “wajib” sudah kita harus memilih produk yang berlabelkan “halal”, dan saya sarankan untuk konsultasi dengan “ahli” agar kita semakin yakin dengan produk yang kita pilih ini benar-benar aman.
  3. Sebagai muslimah, kita juga harus memiliki pengetahuan-pengetahuan dasar dalam memilih dan menggunakan produk kecantikan. Zat-zat kimia yang terkandung dalam bahan produk kosmetik yang kita miliki sudah sebaiknya kita mengetahui manfaat dan dampak negative dari produk tersebut, kenapa? Karena ini sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan aman digunakan. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami/tradisional yang aman digunakan, contohnya saja: minyak zaitun, madu, bengkuang, lemon, dll. Jangan lupa olahraga yaa cantikk, karena olahraga dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh dan pilihlah pola makan yang sehat seperti yang sudah Rasulullah contohkan.
  4. Setelah kita membeli produk yang sesuai dengan kulit wajah kita, langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebagai seorang muslimah yaitu memperhatikan bagaimana cara Islam mengatur muslimah dalam “mempercantik diri”. Niatkan bahwa motivasi kita untuk mempercantik diri bukanlah karena ingin terlihat cantik di depan manusia, apalagi karena hanya ingin dipuji, na’udzubillah.. Niatkan bahwa kita (read:muslimah) ingin mempercantik diri lillah karena Allah dan sunnah Rasulullah, sebagaimana yang diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, “Dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)”.
  5. Sebagai muslimah kita juga sudah seharusnya sadar bahwa Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan (QS. Al-A‘raaf,7:31). Kita juga harus memperhatikan masalah aurat (QS. An-Nuur, 24: 31). Muslimah juga harus memperhatikan cara-cara berhias yang dilarang syari’at Islam, diantaranya: menyambung rambut, mencukur alis/menato tubuh/mengikir gigi, mengenakan wewangian bukan untuk suaminya ketika istri keluar rumah, memanjangkan kuku, dan berhias menyerupai kaum laki-laki.

Jadi, muslimah itu tentu saja boleh mempercantik diri dengan syarat tidak keluar dari rel dan koridor yang telah ditetapkan oleh syari’at Islam. Jangan sampai kehadiran kita dalam lingkungan social jadi gak bener lantaran ada yang salah dari kebersihan diri, ada yang salah dari perawatan diri. Nah.. sekarang sudah saatnya muslimah move on, jangan jadi muslimah “jelangkung” (datang gak dijemput, pulang gak diantar, hihii..), tentu saja karena memiliki masalah dalam perawatan diri. 
Nah, lantas bagaimana cara muslimah mempercantik dirinya dari dalam (Inner beauty) menurut syari’at Islam?? Berikut tipsnya:
  1. Air Wudhu’. Nah percaya atau nggak, air wudhu’ adalah air yang sangat sakral nan ajaib bagi kaum Muslim. Air wudhu’ yang biasanya kita gunakan sebelum melaksanakan sholat memiliki filosofi yang sangat dalam, tidak hanya dari segi spiritual, kesehatan dan kecantikan. Lakukan sedikit massage (pijitan) pada wajah ketika kita sedang berwudhu’, wajah akan lebih bercahaya baik di dunia dan di akhirat, InsyaAllah..
  2. Berakhlak mulia. Sebagian dari kita mungkin bertanya, apa hubungannya antara prilaku/sikap dan kecantikan?? Muslimah.. yakinlah bahwa jika kita telah memiliki akhlak yang mulia/baik, maka InsyaAllah kecantikan hati yang kita miliki akan terpancar dari luar. Kita akan sadar bahwa Allah adalah Maha Pencipta yang telah Menciptakan manusia sebaik-baik rupa, maka hanya orang-orang yang berakhlakul karimahlah yang dapat memancarkan pesona kecantikannya karena memiliki hati yang tenang dan selalu berprasangka baik kepada Pencipta-Nya.

Nah, itulah beberapa tips cara muslimah mempercantik diri menurut syari’at Islam. Sebagai muslimah tentu saja kita harus sadar bahwa hal yang harus kita percantik hanyalah “amal” kita kepada Allah. Jangan terlalu sibuk “tampil cantik” di dunia dan justru melupakan untuk “tampil cantik” dihadapan Allah (akhirat). Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang Islam. Wallahu’alam. (Nila)



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top