Inilah Manfaat Kinesio Tape Bagi Pemain Bola

Kemajuan teknologi sekarang sudah merambah ke berbagai bidang. Mulai dari bidang industri, pendidikan, pemerintahan, olah raga dan lain-lain. Hampir semua bidang sudah menerapkan teknologi sebagai pendukung pekerjaanya. Bisa kita ambil beberapa contoh yang ada seperti dunia Industri. Pada era awal dunia industri mulai berkembang, beberapa pekerjaan masih menggunakan tenaga manusia. Tapi dengan adanya perkembangan teknologi banyak pekerjaan sudah bisa dilakukan dengan mesin. Dan ini sangat memudahkan manusia khususnya pelaku dunia industri dalam melakukan pekerjaan sehari-hari mereka.

Dunia olahraga juga tidak lepas dari perkembangan teknologi ini.  Dahulu para olahragawan masih menggunakan perlengkapan yang seadanya. Sebagai contoh dunia sepak bola. Dahulu para pemain sepak bola masih menggunakan sepatu yang terbuat dari kulit yang bisa dikatakan cukup berat, apalagi jika harus bermain dalam kondisi hujan. Tapi dengan adanya perkembangan teknologi sekarang. Sepatu sepakbola sudah terbuat dari kulit sintetis yang secara teknis lebih kuat, ringan dan nyaman digunakan.

Bicara tentang olahraga kita juga bicara tentang permainan yang terkadang keras sehingga kerap kali mencederai pemain. Hal ini membuat dunia olahraga terus mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi cedera, mempercepat proses pemulihan cedera atau mengoptimalkan kondisi fisik pemain.

Salah satunya yang popular dan cukup umum digunakan sekarang adalah kinesio tape. Kinesio tape berbentuk seperti lembaran-lembaran yang ditempelkan di bagian tubuh tertentu dengan tujuan untuk mempercepat proses penyembuhan cedera, mengurangi rasa sakit atau mengoptimalkan kinerja otot tempat kinesio tape ditempel kan.
Kinesio Tape
Kinesio tape ini ditemukan pertama kalinya sekitar 30 tahun yang lalu oleh seorang pakar kesehatan olahraga bernama dr. Kenzo Kaze. Walaupun kinesio tape sudah ditemukan cukup lama,tapi penggunaanya belum sepopuler sekarang. Karena pada masa itu masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa alat ini masih diragukan manfaat dan kegunaanya. Tetapi seiring dengan berjalanya waktu, kinesio tape makin popular dan sering digunakan oleh atlit professional ataupun amatir karena kegunaanya sudah terbukti dan dirasakan.

Pertama kalinya kinesio tape digunakan di olimpiade tahun 2008. Kinesio tape muncul ke publik saat seorang pemain voly asal amerika serikat menggunakanya di bahu pada olimpiade 2008 yang saat ini dilaksanakan di Beijing. Dan sejak saat itu orang orang-orang mulai menaruh perhatian pada kinesio tape. Salah satu bukti keajaiban kinesio tape ini adalah saat seorang pelari pada olimpiadi Beijing 2008 tetap dapat menyelesaikan lintasanya padahal pada saat itu ia sedang mengalami cedera pinggul.

Secara teknis kinesio tape bisa dikatakan bekerja dengan cukup sederhana. Kinesio tape memiliki beberapa keunggulan, yang utamanya adalah kinesio tape memiliki sifat yang elastis dan tidak panas seperti koyo sehingga akan nyaman dipakai. Kinesio tape bekerja dengan cara mikroskopis mengangkat lapisan kulit sehingga aliran darah akan menjadi lancar. Hal ini akan berefek pada percepatan pemulihan cedera dan mengoptimalkan kinerja otot.

Kinesio Tape pada pemain bola
Keunggulan lain dari kinesio tape ini adalah kemampuanya merekat dengan baik walaupun dalam kondisi basah karena keringat atau olahraga air. Sehingga kinesio tape bisa digunakan pada banyak cabang olah raga. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, kinesio tape dijual dengan harga yang terjangkau dan dapat ditemukan di banyak toko olahraga. Dan untuk anda yang ingin mencoba menggunakan kinesio tape ada baiknya bertanya kepada orang yang lebih paham tentang kinesio tape agar tidak salah dalam penggunaanya. (Ivan)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top