Ini Resep Awal Jadi Pengusaha, Sebuah Resensi Buku Jhony Rusly

Chelsea merupakan salah seorang karyawati cantik yang ingin menjadi pengusaha. Hari ke hari dia semakin bertekad memutuskan diri untuk menjadi pengusaha. Dimulai dari mengumpulkan artikel dan mengunduh informasi  di dunia maya tentang pengusaha. Akan tetapi, di dalam tekadnya, untuk mewujudkan semuanya ada sedikit keraguan sekitar 1% untuk menjalankannya.

Namun ketika terbangun di pagi hari dia merasakan hal yang berbeda dari biasanya. Dia teringat salah seorang dosennya di waktu kuliah dulu. Dosen yang pernah menjadi dosen favoritnya dulu itu, menjadi langkah awalnya untuk berguru dalam dunia pengusaha. Dosen yang disapanya coach tersebut pertama kali memberikan pengarahan akan keyakinan Chelsea dalam menjalani bisnis usahanya. Kemudian menanyakan kepada Chelsea  apa yang telah diketahuinya tentang dunia pengusaha.

Semua yang diketahui oleh  Chelsea sebelumnya mengenai dunia usaha adalah sesuatu hal yang indah atau bagian yang menyenangkannya saja. Kemudian coach tersebut meluruskan pandangan Chelsea terhadap dunia usaha bahwa tidak semuanya menyenangkan dalam menjalankan sebuah usaha. Banyak rintangan dan tantangan yang harus dilewati. Kesabaran dan ketekunan menjadi senjata yang harus dilakukan. Coacnya memberi penjelasan  tentang dua jenis pengusaha. Pengusaha mapan dan start up.

Dunia pengusaha mapan, yaitu dunia milik pengusaha yang telah berhasil  seperti yang menjadi bayangan Chelsea. Sedangkan dunia pengusaha start up, yaitu dunia usaha pemula. Dunia pengusaha start up akan dilalui sekitar dua sampai lima tahun. Pada dunia ini, mentalitas kita teruji cukup besar dengan masalah yang menghadang.

Selain itu ada tujuh harga menjadi pengusaha sukses, yaitu hidup hemat, waktu senggang, menuda kesenangan, stress, hubungan dengan keluarga, kehilangan teman-teman, dan hilangnya percaya diri. Setelah itu, ditampilkan motif kuat menjadi pengusaha sukses di antaranya  ingin menjadi bos dalam mengambil keputusan sendiri, kecocokan dengan gaya hidup pengusaha, menjadi kaya atau bebas secara financial, mewujudkan ide, terpaksa, dan lain-lain.

Kemudian kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam memulai dunia usaha, yaitu menjadi pengusaha karena tempat pelarian, ingin cepat kaya, tidak ingin memiliki atasan, ikut-ikutan orang lain, dan sarana coba-coba. Setelah itu, hadiah yang didapat menjadi pengusaha mapan, yaitu kaya, menjadi bos, kepuasan diri, menciptakan lapangan pekerjaan, kesempatan yang hampir tidak terbatas, penghormatan lingkungan, kebebasan mengekspresikan diri, banyak waktu, dan memiliki banyak uang untuk liburan keliling dunia. Dan hal lain yang berhubungan dengan pengusaha.

Buku ini tersaji dalam bentuk setengah fiksi, yaitu berupa cerita tentang chelsea, seorang karyawati cantik yang ingin menjadi pengusaha dan meminta masukan dari salah seorang mantan dosennya. Kemudian si dosen menanyakan keyakinan chelsea tentang keinginannya. Sehingga buku ini memberikan kesan enjoy, santai, dan tenang dalam memahaminya.



Judul : Jadi… Anda Ingin Menjadi Pengusaha?
Penulis  : Johny Rusly
Penerbit   : PT. Elex Media Komputindo
Tebal       : 250 Halaman
Peresensi : Yulistya Sulivani Gultom













Meskipun buku ini awalnya menyajikan hal-hal yang negatif dalam langkah awal menjadi pengusaha, namun setelah itu barulah digambarkan keuntungan dari pengusaha itu sendiri beserta motivasi-motivasi lainnya. Buat calon pengusaha pemula buku ini sangat cocok untuk di konsumsi. Rasa takut dan rasa ragu bakal terjamin hilang dan berubah menjadi semangat untuk menjadi pengusaha. (Yulistya)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top