Buat Kamu yang ingin Belajar Design Grafis, Wajib Ikutin Tips ini!

“Eh, Ajarin aku design grafis dong”, Ya, itu pertanyaan yang sering kita dengar atau ucapkan jika melihat design grafis yang bagus dan merasa tertarik untuk mempelajari design grafis. Kebanyakan orang yang diberi pertanyaan seperti ini akan bingung harus memulai dari mana jika ingin membagi ilmu mereka dengan teman-temannya yang ingin belajar design grafis. Disisi lain, orang yang ingin belajar design grafis akan bingung harus mulai dari mana untuk mempelajari design grafis.

Dunia design grafis dari dulu sampai sekarang masih menjadi dunia yang perkembanganya selalu cepat dan memiliki banyak peminat. Bahkan tidak sedikit orang yang berhasil bekerja atau membuka lapangan kerja dengan memanfaatkan ilmu design grafis mereka. Dunia design grafis juga menjadi salah satu media promosi yang efektif bagi penggelut dunia usaha dalam mempromosikan produk atau jasa mereka.

Mari kita jelaskan dulu apa itu design grafis. Menurut penulis, design grafis tidak semata-mata adalah hasil gambar atau objek yang dihasilkan dari computer atau perangkat teknologi lain. Seni lukis atau gambar juga termasuk design grafis. Karena itu dihasilkan dari kreatifitas visual yang disalurkan dengan menggunakan media tertentu. Jadi menurut penulis definisi design grafis adalah bentuk penyaluran kreatifitas visual yang dituangkan dalam berbagai macam media yang ada.

Kali ini penulis akan bagikan tips bagaimana memulai belajar design grafis untuk kamu yang ingin belajar. Tips ini dikumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi penulis sendiri. Semoga bermanfaat 

1. Kenali Bentuk-bentuk Design Grafis

Seperti yang dibahas diatas, design grafis merupakan ilmu yang luas. Tidak semata-mata terpaku pada satu bentuk saja. Contohnya beberapa contoh design yang popular sekarang adalah typhography, vector, vexel, poster dan karikatur. Kamu bisa mencari tahu bentuk design yang kamu minati terlebih dahulu. Mulai dari namanya, cara membuatnya, dan tingkat kesulitanya.


2. Kenali Alat dan Bahan yang Diperlukan

Setelah kamu tahu bentuk design grafis yang kamu ingin pelajari, kamu bisa lanjut dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan dalam membuat design yang kamu mau. Kamu bisa cari tahu aplikasi apa yang digunakan jika yang kamu ingin pelajari adalah design yang menggunakan teknologi seperti editing foto atau design poster. Atau kamu bisa cari tahu jenis jenis pena dan pensil yang digunakan jika yang kamu pelajari adalah design typhography.


3. Mulailah dengan Mengikuti Tutorial 

Kamu sudah tahu nama jenis design yang ingin pelajari, alat dan bahan juga sudah kamu pelajari. Sekarang mulailah dengan tutorial. Sekarang banyak tutorial yang tersedia di internet, kamu bisa mulai dengan tutorial yang kamu anggap mudah dulu. Dengan ini kamu bisa memperdalam pengetahuan kamu tentang kegunaan masing masing alat yang kamu gunakan atau tool yang digunakan didalam aplikasi yang kamu gunakan.
Khusus dibagian ini ada ada tips tambahan dari penulis. Umumnya jika yang baru belajar mengikuti tutorial hasilnya tidak akan sama atau malah menurut kamu design kamu nampak jelek. Pada tahap ini jangan cepat putus asa. Seorang pesepakbola professional seperti Christiano Ronaldo atau David De Gea  juga mulai sebagai pemula dan permainan mereka tidaklah sebagus sekarang. Begitu juga kamu, hasil design kamu tidak akan langsung menjadi bagus. Simpanlah design awal kamu belajar sebagai motivasi agar terus belajar dari ketidakpuasan pribadi kamu. Hal ini akan menimbulkan motivasi agar kamu terus memperdalam skill dan pengalaman kamu.

4. Jangan Malu untuk "Show Off"

Show off disini maksudnya bukanlah untuk menyombongkan hasil karya kamu. Maksudnya disini adalah jangan malu untuk membagikan hasil karya kamu kepada orang lain. Bisa dengan menambahkan karya kamu ke social media yang kamu punya atau sekedar minta pendapat ke orang-orang terdekat kamu. Percaya atau tidak cara ini memiliki efek positif tertentu. Dari jumlah like atau komentar yang kamu dapat di social media kamu, kamu bisa mendapatkan motivasi untuk menjadi lebih baik. Jika kamu mendapat komentar negatif, jangan patah semangat. Teruslah berkarya. Buktikan kalau kamu bisa.

5. Terus Berlatih

Latihan teratur akan membuat kamu semakin baik. Teruslah latih kemampuan kamu dengan teratur, dengan begitu kamu akan menemukan hal hal baru yang akan menimbulkan semangat kamu untuk terus berkarya. 

6. Rajinlah Membaca 

Design grafis adalah ilmu yang terus berkembang. Oleh karena itu kamu juga harus rajin membaca artikel artikel yang berhubungan dengan design grafis. Baik itu tutorial atau yang bersifat konsep. Dengan ini kamu akan semakin matang.

7. Bergabunglah dengan Forum atau Komunitas 

Tidak selamanya belajar dengan membaca akan efektif. Ada beberapa kondisi kamu akan terbentur pada hal yang kamu tidak pahami. Bergabung dengan komunitas atau forum adalah salah satu solusinya. Disana kamu bisa bertanya langsung kepada rekan-rekan yang sudah ahli atau bahkan kamu bisa mendapatkan ilmu ilmu baru

Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar design grafis. Dunia design grafis adalah dunia yang luas, jadi teruslah belajar, teruslah berkarya. (Ivan)


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top